PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BENGKULU UTARA PADA PELAJARAN PAI
DOI:
https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i2.7692Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan media audio vidio dengan melibatkan tiga unsur yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII semester satu (ganjil) di SMP N 22 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada 20 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 2 siswa (10 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa (90%), dengan nilai rata-rata 47,5%. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (30%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 14 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 66 %. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 19 siswa (95%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (5%) dengan nilai rata-rata 77,8 %. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media audio vidio dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP N 22 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Video, Pendidikan Agama Islam