PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 074 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i2.7691Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V semester satu (ganjil) di SDN 74 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 11 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 2 siswa (18,2%), sedangkan siswa yang belum tuntas 9 siswa (81,8 %) dengan nilai rata-rata 55,9%. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (54,5%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 5 siswa (45,5%) dengan nilai rata-rata 70,9. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 10 siswa (90,9 %), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (9,1 %) dengan nilai rata-rata 86,3. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 074 Bengkulu Utara.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, Pendidikan Agama Islam