PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI SISWA SDN 160 BENGKULU UTARA

Authors

  • Dwi Yulianingsih Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i2.7690

Abstract

Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran simulasi pada siswa SDN 160 Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran simulasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa SDN 160 Bengkulu Utara, 2). Bagaimana peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran simulasi pada siswa SDN 160 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus dan dua ulangan siklus dengan tiga kali pertemuan dan satu kali evaluasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari prasiklus sebanyak 15 siswa hanya 1 (7%) siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) secara klasikal tidak terpenuhi karena nilai KKM 75. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 (53%), serta pencapaian nilai pada siklus II sebanyak 13 (87%) siswa yang mencapai nilai KKM.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Simulasi, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 16 times