Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas V A SDN 069 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2024-2025
DOI:
https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i2.7689Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran yang ideal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa.
Penelitian tindakan kelas ini dimulai dengan prasiklus dan dibagi menjadi dua siklus. Perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi adalah bagian dari setiap siklus. Studi ini dilakukan pada siswa semester satu (ganjil) kelas V di SDN 069 Bengkulu Utara pada tahun akademik 2024/2025. Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada 19 murid, pada kegiatan pra siklus, ada 10 murid yang tuntas (10 %), 9 murid yang belum tuntas (9 %), dengan nilai rata-rata 70,4%. Pada kegiatan siklus I, ada 17 murid yang tuntas (80 %), sedangkan 2 murid yang belum tuntas (2 %), dengan nilai rata-rata 74,4 %.
Siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Murid yang sudah mencapai KKM berjumlah 18 (18 %) dan murid yang belum tuntas hanya 1 (1 %) dengan nilai rata-rata 81,42%. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas V SDN 069 Bengkulu Utara pada tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti