PENDIDIKAN KARAKTER POLA IMTAQ DI SMK NEGERI 1 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i1.6980Abstract
Tujuan Penelitian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pendidikan karakter pola IMTAQ di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi.Sumber data dari penelitian ini adalah guru dan siswa di SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Program pembinaan pendidikan karakter pola IMTAQ menjadi program unggulan setelah dilakukan launching sebagai model sekolah pengembangannya dalam kegiatan mentoring seperti : membaca alquran dan menfasirkan. Pada struktur berkarakter, sekolah mengintegrasikan dalam kegiatan mentor maupun kegiatan belajar ,misalnya siswa membaca al-quran dan berdoa sebelum maupun sesudah belajar serta membentuk akhlaq mulia yang tertuang dalam pengembangan diri siswa.Pelaksanaan pembinaan karakter pola IMTAQ di SMK Negeri 1 Bengkulu dilakukan melalui Kegiatan mentoring di setiap jumat pagi, pada pengembangan diri siswa (ekstrakurikuler), dan pada pembudayaan kultur sekolah.Adapun Evaluasi program karakter berbasis agama secara manajerial juga dilakukan secara bersamaan dengan keseluruhan program sekolah. Pada evaluasi akademik, monitoring siswa pada pengembangan agama dilakukan pada kegiatan pengembangan diri siswa. Aspek/indikator yang digunakan adalah sama yaitu mencakup kedisiplinan, kebersihan, kesehatan, tanggung jawab, sopan santun, percaya diri, kompetitif, hubungan sosial, kejujuran, maupun beribadah.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Pola IMTAQ