PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM MENINGKATKAN PRESTASI MEMBACA AL-QUR’AN SISWA SD MUHAMMADIYAH 1 KOTA BENGKULU

Authors

  • Surohim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amelia Cantika Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i1.6968

Abstract

Pembelajaran Al-Qur’an sangat penting diajarkan di sekolah agar dapat membina manusia secara pribadi dan kelompok sehingga mampu menjalankan fungsinya sebagai hamba Allah SWT dan khalifah-Nya, guna membangun dunia ini sesuai dengan konsep yang ditetapkan Allah SWT. Pelaksanaan pengajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu memerlukan suatu metode yang lebih efektif dan efisien, sehingga apa yang diharapkan tercapai. Metode drill dan konvensional merupakan dua metode yang telah diberlakukan dalam mengajarkan baca AlQur’an di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui perbandingan penggunaan metode drill siswa kelas IV-V dengan metode konvensional siswa kelas II-III dalam meningkatkan prestasi belajar membaca Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan dalam pengumpulan data digunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian 30 sampel metode drill dengan 20 soal penilaian mendapatkan nilai 2620, dengan rata-rata pengukuran kelompok 87,3 dan nilai varians 111,6. Sedangkan hasil pengujian metode konvensional dengan 20 sampel mendapatkan nilai 2320, dengan nilai rata-rata pengukuran kelompok 77,3 dan nilai varians 92,64. Melihat nilai rata-rata pengukuran kedua kelompok tersebut, terdapat perbedaan prestasi belajar membaca Al-Qur’an siswa dengan mengguakan metode drill dan metode konvensional.

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Drill, Konvensional

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 4 times