DAMPAK STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DALAM PENDIDIKAN AGAMA ANAK DI DESA MENTIRING

Authors

  • Rifa'i Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yuliana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i1.6965

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status Sosial Ekonomi Masyarakat Mentiring, Mengetahui Pendidikan Agama Anak Di  Desa Mentiring. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Menggunakan sumber data  primer, skunder dan  tresier. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan, reduksi , penyajian, dan kesimpulan serta keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Status sosial ekonomi masyarakat mentiring berada antara sedang atau menengah. Kondisi tersebut dapat dilihat dari Pendidikan mayoritas lulusan SMP/SMA pekerjaan rata-rata sebagai nelayan, buruh harian serta wirasuasta dan sebagian kecil bekerja sebagai PNS, penghasilan masyarakat di bawah UMP. (2) Pendidikan Agama anak di desa mentiring memasuki tingkat sedang karena anak sudah mulai belajar mengaji di TPQ serta pengetahuan lainya tentang agama dan dirumah orang tua mengajarkan tentang sholat pengulangan baca Al-Quran serta diajarkan menghormati orang yang lebih tua. (3) Status sosial ekonomi terhadap pendidikan Agama anak bahwa keadaan ekonomi memiliki dampak terhadap Pendidikan Agama anak karena dari kesibukan orang tua bekerja masih memperhatikan Pendidikan Agama anak serta mengarahkan anak untuk belajar mengaji dan dari Pendidikan orang tua juga memiliki dampak untuk Pendidikan Agama anak karena orang tua yang memiliki pengetahuan dan pemahaman bisa mengajarkan anak bacaan sholat dirumah serta menyimak bacaan Al-Quran.

Kata Kunci : Status sosial, pendidikan islam, anak-anak

Downloads

Published

2024-04-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 4 times