PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Authors

  • Syubli Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Indiyani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v3i2.6204

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran PAI di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui Mengapa Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terjadi di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif data yang dikumpulkan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan teknis analisis data dengan menggunakan reduksi data (data reduction),  penyajian data (display),  dan melakukan penarikan kesimpulan (conlusi data). Sumber data dari penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas X TBSM SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa permasalahan yang terjadi ialah: 1) Guru kurang menguasai kelas, sehingga sebagian siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan. 2) Kurangnya sumber, karena pihak sekolah tidak menyediakan fasilitas lain seperti internet dan semacamnya. 3) Metode pembelajaran kurang bervariasi hal ini mengakibatkan kejenuhan pada siswa. 4) Kurangnya waktu jam pelajaran (Alokasi waktu) dikarenakan kendala pada saat persiapan pembelajaran seperti bangku kurang, dll. 5) Siswa masih banyak yang belum bisa membaca al-Qur’an dengan baik dan benar sehingga guru kesulitan dalam menyampaikan materi.

 

Kata Kunci: Pembelajaran terpadu, pendidikan agama islam,

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 7 times