PEMIKIRAN HASAN AL-BANNA TENTANG PENDIDIKAN ISLAM

Authors

  • Surohim Surohim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nurhadi Nurhadi Institut Agama Islam Negeri Fatmawati Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/eltadib.v1i1.1448

Abstract

Sejarah perkembangan pendidikan Islam di dunia tak luput dari usaha gigih para pemikiran Islam yang telah berusaha memunculkan corak pendidikan dan metode yang sesuai untuk masa itu, sehingga apa yang menjadi sesuai untuk umat masa itu, sehingga apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam itu tercapai. Sejarah menunjukkan bahwa pertumbuhan dan perkembangan ilmu pendidikan Islam yang merupakan salah satu bidang studi  atau kajian Islam agaknya terkesan terlambat dibandingkan dengan berbagai disiplin ilmu keislaman lainnya seperti ilmu tafsir, ilmu hadis dan ilmu kalam.

Lain halnya saat ini dirasakan adanya keprihatinan yang sangat mendalam tentang dikotomi ilmu agama dan ilmu umum, kita mengenal bahkan menyakini adanya sistem pendidikan agama dan pendidikan umum. Berangkat dari permasalahan tersebut, maka akan dibahasa sejarah dan pemikiran tokoh Islam tentang pendidikan Islam seperti Hasan Al-Banna.

References

Al-Banna, Hasan,Memoris of Hasan al-Banna Shaheed, Karachi: Internasional Islamic Publisher. 1981.

Al-Jundi, Anwar, Hasan al-Banna al-Da’iyah al-Mujadid al-Syahir. Beirut: Dar al Qalm. 1994.

Fadhil,Muktafi,Teologi Islam Modern. Surabaya: Gramedia Press. 1998.

http://hendramokondo.blogspot.com/2014/10/pemikiran hasan al-banna.

Mahmud, Ali Abdul Halim,Perangkat-Perangkat Tarbiyah Ikhwan al-Muslimin. Terjemahan Wahid Ahmadi. Solo : Intermedia.1999.

Syaifullah, Perkembangan Modern Dalam Islam, Tokoh dan Gerakan Pembaharuan Dalam Islam di Kawasan Timur Tengah.Padang : IAIN IB Press.1991.

Qardhawi, Yusuf, At-Tarbiyah al-Islamiyah wa Madrasah Hasan al-Banna. Kairo: Maktabah Wahbah. 1995.

------------------------,Farbiah Hasan Al-Banna : Dalam Jama’ah Ikhwan al-Muslimin. Jakarta : Rabbani Press. 2005.

Downloads

Published

2021-02-23
Abstract viewed = 513 times