SOSIALISASI PENERAPAN NORMA-NORMA KESOPANAN DAN ETIKA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMPN 25 BENGKULU UTARA

Authors

  • Linda Pratiwi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ahmad Dasan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mikho Ardinata Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7187

Abstract

Artikel ini membahas penerapan norma-norma kesopanan dan etika di lingkungan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 25 Bengkulu Utara. Tujuan kegiatan sosialisasi Penerapan Norma-Norma Kesopanan dan Etika di Lingkungan Sekolah SMP negeri 25 Bengkulu Utara ialah untuk meningkatkan kesadaran siswa dan seluruh pihak lingkungan sekolah tentang pentingnya norma-norma kesopanan dan Etika dalam interaksi sehari hari, membantu membentuk karakter  siswa menjadi lebih baik melalui penerapan nilai-nilai kesopanan dan Etika yang positif, dan menciptakan lingkungan yang harmonis. Dalam kegiatan sosialisasi ini menggunakan metode pendekatan partisipatif,dimana para siswa tidak hanya menerima materi,tetapi juga dilibatkan dalam diskusi dan tanya jawab. Kegiatan ini dilaksanakan  pada tanggal 14 Agustus 2024 di SMPN 25 Bengkulu Utara,Desa Padang Jaya. Hasil dari kegiatan sosialisasi ini adalah menunjukkan peningkatan kesadaran siswa tentang pentingnya bersikap sopan,baik terhadap teman sebaya maupun guru,dan banyak siswa yang mulai menunjukkan perubahan perilaku,seperti lebih menghargai pendapat orang lain,tidak berbicara kasar,dan lebih disiplin dalam mengikuti aturan sekolah.

References

Angelina, D. Y. (2013). Pola asuh otoriter, kontrol diri dan perilaku seks bebas remaja SMK. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2).

Juliandri Budi. (2017). ilmu sosial dan budaya (2nd ed.). Alfabeta.

Lickona, T. (2012). Menanamkan Karakter. Bumi Literasi

Machmudin,Dudu Duswara. (2003). Pengantar Ilmu Hukum. Refika Aditama.Net

Paramata Inrawati. (2015). Di Paud Muara Tenang Desa Posso Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara, Peran Pendidik Dalam Menanamkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Usia Dini Gorontalo: University of Gorontalo

Sihombing, Rizky Agassy, Jennie Febrina Hutagalung, and Pristi Suhendro Lukitoyo. "Analisis Pemahaman Dan Pembinaan Norma Sopan Santun Melalui Pkn Pada Anak Sekolah Gbi Sukma Medan." Pendidikan Kewarganegaraan 4.2 (2020).

Siti, S., Nihayatul, W. (2013). Filsafat, Etika, dan Kearifan Lokal. Geneva: Globethics.

Suriah dan Yustianti (2007). Dari perspektif perubahan, pendidikan moral dan budi pekerti: membangun platform pendidikan budi pekerti secara futuristik dan kontekstual. Bumi Aksara, Jakarta

Suryani, Novita, Purwanti Purwanti, and Yuline Yuline. "Implementasi Norma Kesopanan Pada Perilaku Peserta Didik Kelas X Ipa Sma Negeri 10 Pontianak." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 11.3.

Yolanda, Ardilla. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Norma Kesopanan Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 10 Kota Jambi. Diss. UNIVERSITAS JAMBI, 2023.

Downloads

Published

09-07-2025 — Updated on 09-07-2025

Versions

How to Cite

Pratiwi, L., Ahmad Dasan, & Mikho Ardinata. (2025). SOSIALISASI PENERAPAN NORMA-NORMA KESOPANAN DAN ETIKA DI LINGKUNGAN SEKOLAH SMPN 25 BENGKULU UTARA. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 449–457. https://doi.org/10.36085/almaun.v5i1.7187

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times