EDUKASI BAHAYA BULLYING DI KALANGAN ANAK-ANAK DARI ASPEK HUKUM DI SEKOLAH DASAR 90 REJANG LEBONG

Authors

  • Desfitasari Sari UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Feni Adevio UNIVERSITAS MUHAMMADYIAH BENGKULU
  • Duharman Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7123

Keywords:

sosialisasi, Bullying, Anak-anak.

Abstract

Bullying di kalangan anak-anak merupakan masalah serius yang dapat berdampak negatif pada perkembangan psikologis dan sosial anak. sosialisasi ini bertujuan untuk mengeksplorasi bahaya bullying di sekolah dasar di 90 Rejang Lebong dari aspek hukum. Metode penelitian ini adalah sosialisasi dan edukasi melalui materi dan penjelasan defines bullying, bentuk-bentuk bullying, bahaya bullying, hukuman bullying dan undang-undang, bagaimana cara mengatasi bullying. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman para siswa mengenai bentuk-bentuk bullying dan tindakan yang harus diambil jika mereka terlibat atau menyaksikan bullying. Kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa program sosialisasi edukasi bahaya bullying di lingkungan sekolah itu sangat penting agar meminimalisir terjadinya kasus bullying di jenjang sekolah dasar.

Author Biography

Feni Adevio, UNIVERSITAS MUHAMMADYIAH BENGKULU

teman collab

References

AMARIA, R. F. (2021). Penanganan Perubahan Perilaku Korban Pembullyan Di Smpn Kedungbanteng. IAIN Purwokerto.

Amini, T. Y. S. J. (2008). Bullying: mengatasi kekerasan di sekolah dan lingkungan sekitar anak.Grasindo.

Analiya, T. R., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Hukum Bagi Anak Dalam Kasus Bullying Menurut

Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak Di Indonesia. Journal ofGender and Social Inclusion in Muslim Societies, 3(1), 36–54.

Arifin, A., Wardokhi, W., & Yusuf, Y. (2022). MEMBANGUN KESADARAN KEMANDIRIANDENGAN INOVASI DAN KREATIFITAS USAHA PADA PEMUDA KARANG TARUNA RW.07 KELURAHAN REMPOA. Jurnal Abdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 62–65.

Azis, A., & Suri, F. (2019). Studi Identifikasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Remaja Melakukan

Pernikahan Dini di Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Universitas Medan Area.

Dianovinina, K. (2018). Depresi pada remaja: gejala dan permasalahannya. Jurnal Psikogenesis, 6(1),69–78.

Ismanto, B., Yusuf, Y., & Suherman, A. (2022). Membangun Kesadaran Moral Dan Etika Dalam Berinteraksi Di Era Digital Pada Remaja Karang Taruna Rw 07 Rempoa, Ciputat Timur. JurnalAbdi Masyarakat Multidisiplin, 1(1), 43–48.

Kusumayanti, N., Swedarma, K. E., & Nurhesti, P. O. Y. (2020). Hubungan faktor psikologis dengan risiko bunuh diri pada remaja SMA dan SMK di Bangli dan Klungkung. Coping: Community ofPublishing in Nursing, 8(2), 124.

Laraswati, O. B. (2019). Hubungan Kecenderungan Pola Asuh Otoriter Dengan Kecenderungan

Perilaku Bullying Pada Remaja Desa Ranggeh Kabupaten Pasuruan. Universitas 17 Agustus 1945Surabaya.Linawati, L., & Putra, R. E. (2023). YOUNG GENERATION TAX COMPLIANCE ASCANDIDATES POTENTIAL TAXPAYERS. Jurnal Scientia, 12(04), 1068–1075.

Pramudita, Y. (2016). Hubungan antara Dorongan Mencari Sensasi (Sensation Seeking) dengan Perilaku Bullying pada Remaja Perempuan.

Prasasti, S. (2017). Kenakalan remaja dan faktor penyebabnya. Prosiding Seminar NasionalBimbingan Dan Konseling, 1(1), 28–45.

Saputri, A. I., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Korban dalam Penanganan Post Traumatic Stress

Disorder pada Tindak Kejahatan Bullying pada Remaja di Indonesia. Jurnal Aktual Justice, 7(1), 1–29.

Schneider, S. K., O’donnell, L., Stueve, A., & Coulter, R. W. S. (2012). Cyberbullying, schoolbullying, and psychological distress: A regional census of high school students. American Journalof Public Health, 102(1), 171–177.

Sulistyorini, H. (2016). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dengan PerilakuBullying Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suntoro, F., Arridho, N., & Azzahro, S. N. (2023). Pengaruh Pendampingan Psikologis Menurut Islam

Terhadap Pelaku dan Korban Bullying di Lingkungan Sekolah. Islamic Education, 1(3), 797–810.Trimardhani, V., Rachmawati, D., & Yulma, Y. (2021). Strategi Komunikasi Persuasi untuk

Pencegahan Aksi Bullying di SMP Negeri 85 Jakarta. Warta Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia,4(1), 60–71.

Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Calyptra, 3(1), 1–17.

Wibowo, H., Fijriani, F., & Krisnanda, V. D. (2021). Fenomena perilaku bullying di sekolah. Orien:Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 157–166.

Yusuf, M. (2021). Kejadian Bullying dan Dampaknya pada Remaja di Pondok Pesantren.UNIVERSITAS dr. SOEBANDI.

Yusuf, Y., Sofi’i, I., & Herlambang, H. (2023). Sosialisasi Membangun Kesadaran Pajak Sejak Dini di SMP Terbuka Al-Munasharah. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(3).

Downloads

Published

18-12-2024

How to Cite

Sari, D., Feni Adevio, & Duharman. (2024). EDUKASI BAHAYA BULLYING DI KALANGAN ANAK-ANAK DARI ASPEK HUKUM DI SEKOLAH DASAR 90 REJANG LEBONG. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 152–159. https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.7123
Abstract viewed = 12 times