SOSIALISASI TERKAIT MODAL USAHA DI MASYARAKAT DESA KAMPUNG JERUK KECAMATAN BINDURIANG

Authors

  • Melati Puspa Sari Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Juita Helfiliani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hilyati Milla Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.6997

Keywords:

Mengatur,Modal Usaha,Kepala Curup

Abstract

Pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Oleh karena itu kami selaku mahasiswi dan mempunyai kewajiban dalam mengabadikan diri pada masyarakat untuk meng-sosialisasi terkait modal usaha. Salah satu tantangan utama yang sering dihadapi oleh pelaku UMKM adalah akses dan pengelolaan modal usaha. Modal usaha yang memadai tidak hanya diperlukan untuk memulai usaha tetapi juga untuk mengembangkan dan mempertahankan keberlanjutannya di pasar yang kompetitif. Sosialisasi yang efektif dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang berbagai sumber dan mekanisme pendanaan, serta strategi pengelolaan yang efisien.

 Kegiatan sosialiasi yang dilakukan oleh kami dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang modal usaha. Fokus utama dari program ini adalah untuk mengedukasi pelaku UMKM mengenai berbagai sumber modal yang tersedia, cara mengaksesnya, dan cara mengelola modal dengan baik. Dengan pendekatan ini, diharapkan masyarakat tidak hanya memperoleh informasi yang diperlukan tetapi juga mampu mengimplementasikan pengetahuan tersebut dalam praktik usaha mereka. Melalui pendampingan, pelatihan, dan seminar, program ini bertujuan untuk memperkuat kapabilitas ekonomi lokal dan mendukung pertumbuhan UMKM secara berkelanjutan.

 

Kata kunci :Mengatur,Modal Usaha,Kepala Curup

References

Azmi, M., & Kharisma, D. B. (2019). Peran Bei Dalam Melindungi Investor PasarModal Terhadap Kepailitan Perusahaan Terbuka. Jurnal Privat Law, 7(2), 235. https://doi.org/10.20961/privat.v7i2.3 9329

Kasmir. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Jakarta : Kencana PrenadaMedia Group.

Kasmir, 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Edisi Revisi. Jakarta : Rajawali Pers.

Kasmir, 2004. Bank dan lembaga keuangan lainya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Mardiyatmo. 2008. Kewirausahaan. Jakarta : Yudhistira.

Purwanti, Endang. 2012. Pengaruh Karakteristik Wirausaha, Modal Usaha, Strategi Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Di Desa Dayaan Dan Kalilondo Salatiga. Among Makarti. Vol.5 No.9.

Riyanto, Bambang. 2010. Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, ed. 4.Yogyakarta: BPFE.

Ambadar, Jackie. 2010. Membentuk karakter pengusaha. Bandung : Kaifa.

Handoko, Hani T. 1987. Manajemen, Yogyakarta: BPFE.

, Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : BPFE Yogyakarta.

Hubeis, Musa. 2009. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis. Bogor: Ghalia Indonesia.

Setiawan, Toni. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja, Motivasi, Kepuasan Kerja dan Produktivitas. Jakarta: Platinum.

Tambunan, Tulus. 2009. UMKM di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Winardi. 2002. Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

18-12-2024

How to Cite

Melati Puspa Sari, Juita Helfiliani, & Hilyati Milla. (2024). SOSIALISASI TERKAIT MODAL USAHA DI MASYARAKAT DESA KAMPUNG JERUK KECAMATAN BINDURIANG. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 281–288. https://doi.org/10.36085/almaun.v4i2.6997
Abstract viewed = 6 times