PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU DAN SISWA SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU

Authors

  • umi fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elyusra Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Jelita Zakaria Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Pelatihan, Aplikasi Canva, Literasi Digital

Abstract

Dari hasil analisis situasi yang dilaksanakan terhadap pembuatan desain grafis dalam pembelajaran oleh guru dan siswa di SD Negeri 35 Kota Bengkulu diketahui  bahwa siswa dan guru belum mengenal dengan baik aplikasi desain grafis. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan untuk pengenalan dan penggunaan aplikasi Canva oleh guru dan siswa agar dapat membangkitkan kemampuan literasi digital siswa dan guru. Pelatihandisaingrafis ini juga ditujukan agar guru dan siswa dapat menuangkan ide secara kreatif. Kegiatan ini dilakukan dengan  metode pelatihan dengan tiga tahapan. Tiga tahapan dimaksud adalah tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi. Hasil kegiatan adalah siswa dan guru sudah mengetahui tentang aplikasi Canva. Guru dan siswa sudah mempunyai aplikasi Canva di perangkap komputer atau laptop. Sebagai hasil  pelatihan  siswa sudah dapat membuat poster dan guru sudah dapat membuat bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik dengan kreatif dan menarik.

References

Hendratri, B. G., Dianto, A. Y., Mas’ut, M., Zakariya, M., & Udin, M. F. (2023). Transformasi Positif: Analisis Sistem Jual Beli Online Di Anisa Online Shop Grosir Mlorah Rejoso Nganjuk Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal On Education, 5(4), 17801–17806.

Suci, I. P., Ramdhan, N. A., & Kunci, K. (2024). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Canva DiSdn. Banjarharja 07 Graphic Design Training Using Canva At Sdn 7 Banjarharjo (Vol. 1, Issue 1).

Alkadri, H., Santoso, Y., Widiawati, W., & Wildanah, F. (2024). Peningkatan Keterampilan Guru Dalam Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva Dalam Rangka Mewujudkan. Pembelajaran Abad 21 (Vol. 7, Issue 2).

Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian Usability Aplikasi Canva (Studi Kasus Pengguna Mahasiswa Desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(01), 165–178. https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292’

Mekariani, & Mudinillah, A. (2021). Penerapan Canva pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar Kelas 5 Rambatan Pada Era Revolusi Industry 4.0. Elementar (Elementary Of Tarbiyah): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 224–241. http://uinjkt.ac.id/index.php/elementar

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang Sma/Ma. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2).

Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru.

Junaedi, S. (2021). Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Kemampuan Kreatifitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah English For Information Communication And Technology.

Rohma, A., & Sholihah, U. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Materi Bangun Ruang Limas. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(3), 292–306. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i3.pp292-306

Hidayatullah, A., Artharina, F. P., Sumarno, S., & Rumiarci, E. (2023).

Penggunaan Aplikasi Canva. Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 943–947. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4823

Putri, R. J., & Mudinillah, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas Vi Di Sdn 02 Tarantang. In Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 4, Issue 2).

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar . Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Aprillia, D., & Zainil, M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Bangun Ruang Berbasis . Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V Sd (Vol. 8, Issue 8).

Nurhayati. (2022). Determinasi Manajemen Pendidikan Islam. Jmpis, 3(1), 451.

Tohawi, A., Iswanto, J., Subekan, S., Dianto, A. Y., & Hendratri, B. G. (2023).

Ritme Bisnis Digital: Dinamika Transaksi Online Jesika Shop Kebonagung Dalam Konteks Ekonomi Islam. Journal On Education, 6(1), 10490–10495.

Downloads

Published

01-07-2024

How to Cite

fitriani, umi, Elyusra, & Zakaria, J. . (2024). PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL GURU DAN SISWA SD NEGERI 35 KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 121–129. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/6583
Abstract viewed = 19 times