Sosialisasi Ekonomi Kreatif di bidang Kerajinan Tradisional di SDN 02 Seluma

Authors

  • suharmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ummi Kalsum Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bahrin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Keywords:

Ekonomi Kreatif, Kerajinan, Tradisional

Abstract

Ekonomi kreatif sebenarnya adalah wujud dari upaya mencari pembangunan yang berkelanjutan melalui kreatifitas. Pembangunan yang berkelanjutan adalah suatu iklim perekonomian yang berdaya saing dan memiliki cadangan sumberdaya. Anak-anak SDN 02 Seluma diajarkan cara untuk membuat bintang dari bambu. Hiasaan dinding dari bambu merupakan Kerajinan Tradisional yang dibentuk dalam karya, oleh sebab itu saya mengambil tema dalam bidang seni mengajarkan cara membuat hiasan dinding dari bambu, Untuk tanaman bambu di Kelurahan Pajar Bulan bambu masih mudah dicari. Anak-anak generasi saat ini banyak memanfaatkan bambu yang bisa menjadi hiasan yang indah. Kegiatan ini berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan antusias anak-anak sangat baik dalam kegiatan ini. Dalam kegiatan ini anak-anak tidak diperbolehkan mencari atau mengambil bambu sendiri, oleh karena itu mahasiswa yang mencari bambunya dan membelahnya untuk dijadikan hiasan dinding.

Kata Kunci: Ekonomi Kreatif, Kerajinan, Tradisional

References

Alwa, 2022. Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global, Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora, Vol. 1, Desember 2022. h. 20.

Deni Dwi “pemeringkatan Faktor Keberlangsungan Usaha Industri Kreatif Di Kota Surakarta”, Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4 (Desember, 2019).

Gusti Bagus Arjana, Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, (Jakarta: Rajawali Pers, 2016).

Mari Elka Pangestu, Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025, (Jakarta: Departemen Pedagangan RI, 2022).

Moelyono, Menggerakkan Ekonomi Kreatif Antara Tuntutan Dan Kebutuhan, (Jakarta: Rajawali Pers 2021.

Rochmat Aldy Purnomo, Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia, (Surakarta: Ziyad Visi Media, 2016).

Siti Czafrani, “Pengembangan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal Oleh Pemuda Dalam Rangka Menjawab Tantangan Ekonomi Global”, Jurnal UI Untuk Bangsa Seri Sosial dan Humaniora, 1 (Desember , 2019).

Suryana. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. )Jakarta: Salemba Empat, 2019.

Syahrul Efendi, “Ekonomi Kreatif: Permasalahan, Tantangan dan Prospeknya”, Jurnal Ekonomi, 2, (24 Oktoober 2020).

Teddy K Wirakusumah, 2022. Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Downloads

Published

01-07-2024

How to Cite

suharmi, Kalsum, U. ., & Bahrin. (2024). Sosialisasi Ekonomi Kreatif di bidang Kerajinan Tradisional di SDN 02 Seluma. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 116–120. Retrieved from https://jurnal.umb.ac.id/index.php/almaun/article/view/6568
Abstract viewed = 9 times