ANALISA LITERASI TIK APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PEMERINTAH KOTA BENGKULU

ANALISA LITERASI TIK APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PEMERINTAH KOTA BENGKULU

Authors

  • yutya maydila Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nanda Febriana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Adinda Trisista Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yulia Darnita Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v2i2.5931

Keywords:

Kata  kunci: PKL, ASN, Literasi, literasi TIK, Pemerintah Kota Bengkulu

Abstract

PKL mahasiswa merupakan upaya untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan kepada peserta didik, tentang lingkungan kerja yang sesungguhnya, keterampilan dan sosialisasi yang terdapat di tempat kerja. Pengetahuan atau literasi TIK menjadi salah satu prasyarat bagi kesiapan masyarakat mengoptimalkan pemanfaatan TIK bagi kehidupannya. Hanya saja, kesenjangan digital khususnya di negara-negara berkembang seperti Indonesia masih menjadi masalah yang harus dipecahkan. Salah satu faktor yang memengaruhi kesenjangan digital, termasuk literasi TIK, adalah faktor sosial ekonomi. Literasi TIK dapat diartikan penggunaan digital, peralatan komunikasi, dan/atau jaringan untuk mengakses, mengelola, integrasi, evaluasi, dan mebuat informasi dalam melaksanakan fungsi pada masyarakat berpengetahuan. Pada kenyataannya literasi TIK pada aparatur sipil Negara masih banyak dijumpai kelemahan. Dengan permasalahan diatas maka dilakukan penelitian dengan judul Analisa Literasi TIK Aparatur Sipil Negara Pemerintah Kota Bengkulu, hal tersebut perlu dilakukan untuk mendapatkan gambaran dan menganalisa kemampuan literasi TIK ASN pemerintah kota Manado. Data yang ditemukan dari hasil penelitian dapat digunakan untuk basis data primer yang akan menjadi acuan penentuan kebijakan terkait pengembangan SDM dari ASN pemerintah Kota Bengkulu guna mendukung terlaksananya e-Pemerintah dan peningkatan layanan publik di Kota Bengkulu. Oleh karena itu akan diberikan suatu saran perbaikan pada kekurangan yang ditemukan pada kemapuan literasi TIK.

 

 

References

Bijoli, Billie. E. (2017). Analisa Kesiapan Kota Cerdas (Studi Kasus : Pemerintah Kota Manado). Jurnal Teknik Informatika, 12(1),

Boar, B. H. (2001). The Art of Strategic Planning for Information Technology, 2nd Edition. USA: Wiley

Brown, James D. (2011). An Overview of California ICT Literacy Policy And A Plan For Implementation in A Digital Media Program.

Bambrough, J., (1998), Training Your Staff, Sterling Publishers, New Delhi.

Cordes, S. (2009). Broad Horizons: The Role of Multimodal Literacy in 21st Century Library Instruction. IFLA: World Library and Information Ridwan, R. M. (2018). Pengaruh Tata Ruang Kantor Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Kantor Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Selatan.

Ruth, D., Ngantung, A., Lumenta, A. S. M., Karouw, S. D. S., Elektro, T., Sam, U., Manado, R., & Manado, J. K. B. (2018). Analisa Literasi Tik Aparatur Sipil Negara (Asn) Pemerintah Kota Manado. Jurnal Teknik Informatika, 13(4), 1–8.

Downloads

Published

31-12-2023

How to Cite

maydila, yutya, Febriana, N. ., Trisista, A., & Darnita, Y. (2023). ANALISA LITERASI TIK APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PEMERINTAH KOTA BENGKULU: ANALISA LITERASI TIK APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PEMERINTAH KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 61–69. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i2.5931

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 81 times