PENDAMPINGAN PENGELOLAN RUANGAN PERPUSTAKAAN OLEH MAHASISWA PLP 2 DI SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA BENGKULU

Authors

  • Eli Rustinar UM Bengkulu
  • Sakroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Candika UM Bengkulu
  • Elintia Hanifah UM Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5282

Abstract

Tujuan pendampingan pengabdian kepada masyarakat adalah mahasiswa PLP 2 memiliki kemampuan untuk menyusun ruang perpustakaan dan sekolah memiliki ruang perpustakaan dengan lokasi pendampingan pengabdian di SD Muhammadiyah 1 Kota Bengkulu. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil evaluasi pada observasi awal mahasiswa PLP 2 bahwa sekolah belum memiliki ruangan perpustakaan. Metode pelaksanaan yaitu kerja lapangan dengan melakukan kerja bakti serta pendampingan pada guru dan siswa mengenai ruangan perpustakaan dan tujuan adanya ruang perpustakaan. Hasil kegiatan adalah telah dimilikinya ruangan perpustakaan sesuai kondisi sekolah. Manfaat yang bisa diperoleh melalui kegiatan ini yaitu terjadi penguatan gerakan literasi sekolah

References

Aryani, Fitry dan Armiati. 2021. Analisis Tata Ruang Perpustakaan Sekolah. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index. Vol. 4. No 2. 2021. Page 259 - 269.

Gerakan Literasi Sekolah. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat. Vol 2, No. 3, 164 —169

Kusumaningrum, Desi Eri, Imam Gunawan, Raden Bambang Sumarsono. Teguh Triwiyanto. 2019 Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan Untuk Mendukung

Permenristekdikti Nomor 55 Tahun 2017 tentang Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP)

Undang-undang No. 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Rustinar, E., Sakroni, Candika, & Hanifah, E. . (2023). PENDAMPINGAN PENGELOLAN RUANGAN PERPUSTAKAAN OLEH MAHASISWA PLP 2 DI SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA BENGKULU. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 49–52. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5282

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 93 times