FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DALAM RANGKA LINKS & MATCH SEKOLAH DENGAN DUDI SMK PK

Authors

  • Sastya Hendri Wibowo Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Onsardi UM Bengkulu
  • Rozali Toyib UM Bengkulu
  • Muntahanah UM Bengkulu
  • Yulia Darnita UM Bengkulu
  • Harry Witryono UM Bengkulu
  • Yulia Darmi UM Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5132

Keywords:

tenaga kerja, dunia usaha/industri, focus forum discussion

Abstract

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh pemerintah dalam upaya menciptakan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja, dalam hal ini adalah dunia usaha/industri (DUDI) terlihat banyaknya pengangguran yang terjadi dikarenakan oleh manajemen Pendidikan yang kurang baik sehingga lulusannya tidak terserap oleh dunia kerja dikarena  tidak memilkik komptensi yang dibutuhkan. Tujuan dari Focus Forum Discussion (FGD) adalah menjembatani sekolah dengan dunia usaha dan industri sesuai dengan jurusan sekolah yang mendapat bantuan dari dirjen Vokasi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-ristek Dikti sehingga terjalin hubungan kerjasama antara sekolah dan DUDI. Hasil pengabdian masyarakat: para peserta berjalan dengan lancar dan materi dapat diterima dan dipahami dengan baik oleh para peserta, materi yang disampaikan oleh instruktur juga sesuai denan tema pelatihan yaitu Focus Group Discussion (FGD) Rangka Links dan Match Sekolah dengan DUDI, Gangguan pada perangkat pendukung seperti laptop maupun gadget lainnya dan Perangkat elektronik dan Akses internet yang kurang stabil dan mati lampu yang terjadi di SMK yang ada di kabupaten juga merupakan penghambat dalam proses Kegiatan.

References

ANDAYANI, F. (2021). Implementasi Link & Match Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Bersama Pt. Pesona Khatulistiwa Nusantara Di Smk Negeri 1 Tanjung Palas. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 89–97. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.485

Aryati, S. (2019). Tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarno. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 4(1), 23–26. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/ptn/article/view/12143

Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri Dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17

Husein, M. T. (2019). Link and Match Pendidikan Sekolah Kejuruan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 39–47. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.2037

Made Indra, & Novika, F. (2022). Implementasi Visi Misi Dan Evaluasi Kegiatan Yang Efektif Efisien Mencapai Smk Pusat Keunggulan ( Smk Pk ). Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 2(1), 149–156. http://ijecsed.esc-id.org/index.php/home/article/view/53

Martawijaya, D. H. (2011). Model Pembelajaran Teaching Factory Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mata Pelajaran Produktif. 229.

Maulina, M., & Yoenanto, H. N. (2022). Optimalisasi Link and Match sebagai Upaya Relevansi SMK dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 28–37. https://journal.uny.ac.id/index.php/jamp/article/view/48008

Mukhlasin, A., Era, D. I., & Industri, R. (2019). Kepemimpinan Pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tawadhu, 3(1), 674–692.

Nehe, B. M. (2021). Analisis Konsep Implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0 di Masa Pendemik di STKIP Setia Budhi Rangkasbitung 2021. Prosiding Seminar Nasional Setiabudhi, 1(1), 13–19.

Notonegoro, A. Y. (2017). Model Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK ) berbasis Kompetensi Dunia Usaha dan Dunia Industri ( DUDI ). Kemdikbud, 1–19.

Pendidikan, U., Sorong, M., Studi, P., Pendidikan, U., Sorong, M., & Keunggulan, P. (2022). Pendampingan SMK Pusat Keunggulan Ekonomi Kreatif SMKS YAPIS Timika Papua Program Unggulan Teknik Komputer Jaringan. 4(1).

Perdana, N. S. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Model Teaching Factory Dalam Upaya Peningkatan Mutu Lulusan. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 7(1), 43–57. https://doi.org/10.37755/jsap.v7i1.116

Pudyastuti, E., Ginting, R. S., & Ginting, M. (2022). Sosialisasi Program SMK Pusat Keunggulan pada SMK Immanuel. PUBARAMA: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 35–38.

Rachman, T. (2018). Peran Bursa Kerja Khusus Sebagai Upaya Penempatan Lulusan Smk Dalam Rangka Terwujudnya Link And Match Antara Sekolah Dengan Dunia Industri. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Reflianto, & Syamsuar. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2).

Risdianto, E. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.

Sajidan, Martono, T., Suharno, Widyo, P., & Isnantyo, F. D. (2017). Konseptual Model Pengembangan Kompetensi Guru Produktif SMK Berbasis Industri. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. http://repositori.kemdikbud.go.id/5278/1/e48XPKftLUh1edUbRDfKLjuCyav4CCEhDbsceJQs.pdf

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Siswanto, I. (2011). Pelaksanaan Teaching Factory untuk Meningkatkan Kompetensi dan Jiwa Kewirausahaan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Seminar Nasional 2011 “Wonderful Indonesia.”

Zainal, Z. (2021). Konsep Kampus Merdeka Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 73–80. https://doi.org/10.26418/pipt.2021.20

Downloads

Published

12-06-2023

How to Cite

Wibowo, S. H., Onsardi, Toyib, R. ., Muntahanah, Darnita, Y. ., Witryono, H. ., & Darmi, Y. . (2023). FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DALAM RANGKA LINKS & MATCH SEKOLAH DENGAN DUDI SMK PK. Almaun: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.36085/almaun.v2i1.5132

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 232 times