Preferensi Konsumen terhadap Minyak Goreng Kemasan (Studi Kasus di Giant Ekspres Kota Bengkulu)

Authors

  • Elni Mutmainnah Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Edy Marwan Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eka Lisa Putri Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/agribis.v15i1.3013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui atribut yang dipertimbangkan konsumen dalam membeli minyak goreng, Penelitian dilakukan di Giant Mega Mall Kota Bengkulu, dengan mengambil sampel secara insidental sebanyak 70 orang responden.

Metode yang digunakan untuk mengetahui preferensi konsumen terhadap minyak goreng kemasan digunakan analisis statistik nonparametrik yaitu Chi-Square. Teknik tes chi-square digunakan dengan menguji apakah terdapat perbedaan yang signifikan atau tidak antara banyaknya hasil jawaban observasi dari objek atau jawaban yang diharapkan berdasarkan hipotesis nol. Sedangkan untuk mengetahui urutan atribut minyak goreng kemasan yang paling penting dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan pembelian konsumen digunakan Analisis Multiatribut Fishbein.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa Minyak goreng kemasan yang menjadi preferensi konsumen di Giant Ekspres Kota Bengkulu adalah sebagai berikut: Warna Kuning Keemasan, Kejernihan Bening, Promosi Dari Keluarga, Harga Kisaran Rp.20.000 –Rp.30.000, Merek Tropikal, Serta Kemasan Berbentuk Refiil/Plastik.Sedangkan Atribut yang dipertimbangan konsumen dalam keputusan pembelian minyak goreng kemasan di Giant Ekspres Kota Bengkulu berturut- turut adalah Warna, Kejernihan, Promosi, Harga, Ukuran, Merek, Desain Kemasan.

 

Key word :Minyak Goreng, Prefenrensi, Atribut

References

Anonimus. 2014. Komoditi Kelapa Sawit. Online.http//www.members.bumn.g i.id.diakses tanggal 20 Oktober 2016.

Hariyani, Ana Lusi. 2005. Analisis Preferensi Konsumen Terhadap SayuranBebas Residu Pestisida (Studi Kasus Di PT. Hero Supermarket, Surakarta).Online.file:///C:/Users/ ACER/Downloads/Ana%20Lusi%2 0Hariyani%20(2).pdf. 22 oktober

Nugroho, Amat.2011. Sembilan Bahan Pokok (Sembako).https://id.wikiped ia.org/wiki/Sembilan_bahan_pokok

. Diakses tanggal 29 oktober 2016.

Ratama I.G.W, I W. Sukanata. 2015. E- Journal Peternakan Tropika. AnalisisPrefrensi Konsumen Dalam Membeli Daging Ayam Broiler Di Pasar Tradisional Kota Denpasar.Edisi 10.Vol. 3.No. 3.Online.Http://Ojs.Unud.Ac.Id/Ind

ex.Php/Tropika/Article/View/186 18.

Oktober 2016.4-5.

Riduwan dan Akdon.2010. Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistika.Alfabeta.Bandung.

Riska, Isni Yuniar. 2012. Analisis Preferensi Konsumen Pasar TradisionalTerhadap Buah Jeruk Lokal Dan Buah Jeruk Impor Di Kabupaten Kudus. Jurnal Agrista- ISSN 2302-1713. Vol.1 No.2.

Online. Http//agribisnis.fp.uns.ac.id. 8 april 2017:3

Sarumaha, 2015, Analisis Conjoint Terhadap Preferensi

Konsumen Produk Minyak Goreng Kelapa Sawit Di Kota Medan. Journal On Social Economic Of Agriculture And Agribusiness. Vol 4. No 5 Online.http://repository.usu.ac.id/ bitstream/123456789/49226/7/Co ver.pdf. 22 Oktober 2016: 2-3.

Setiadi, Nugroho J. 2013. Perilaku Konsumen. Cetakan Kedua. Prenada Media.Jakarta.

Sugiyono.2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alvabeta cv.Bandung.

Downloads

Published

2022-01-24
Abstract viewed = 516 times