FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI PERKOTAAN DALAM BERUSAHATANI SAYURAN

Authors

  • Susi Handayani Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Ratu Samban
  • M. Zulkarnain Yuliarso 2) Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/agribis.v15i1.2902

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari faktor-faktor apa saja yang berhubungan dengan pengambilan keputusan petani perkotaan dalam berusahatani sayuran.  Penelitian ini dilakukan di  Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu dengan menggunakan metode survey. Sampel penelitian sebanyak 35 orang petani.  Analisis data menggunakan analisis deskripif dan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman berusahatani, persepsi terhadap kebutuhan masyarakat, pendapatan musim tanam terakhir, dan kekosmopolitan merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan terhadap jenis komoditi yang diusahakan, keterlibatan anggota keluarga dalam usahatani, penggunaan sarana produksi pertanian, dan pemasaran.

Kata Kunci: Pengambilan Keputusan, Petani Perkotaan, Usahatani Sayuran

References

Fitriyani, Y, Rita Feni dan Fithri Mufriantie, 2016. Pendapatan Usahatani Sayuran perkotaan serta kontribusinya Terhadap Pendapatan Rumah Tangga di Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu. Fakultas Pertanian Universitas Muhamadiyah Bengkulu. Diunduh dari http://umb.ac.id/faperta/?p=406

Khoirunnisa. A, Dwi Haryono, dan Adia Nugraha. 2013. Analisis Pendapatan dan Pengambilan Keputusan dalam Menentukan Tanaman sayuran Unggulan di KEcamatan Gisting Kabupaten Tenggamus. JIAA, Vol. 1 N0 2. 2013.

Mardikanto, Totok. 2009, Sistem Penyuluhan Pertanian Surakarta: LPP-UNS dan UNS Press.

Roger, E. M. 2003. Difussion of Innovation. The Free Express. New York

Sianturi, D. U, Diana Chalil dan Hasman Hasyim. 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan keputusan Petani dalam Melakukan Usahatani Sayuran Hidroponik di Kota Medan. Journal On Social Economics of Agricultur and Agribusiness. Vol 8 No. 5 2017

Smith, Jane. 1996. Planning & Decision Making. Alden Press. Great Britain

Suparmoko M. 1999. Metode Penelitian Praktis. BPFE-Yogyakarta.Yogyakarta

Supranto, 1998. Tehnik Pengambilan Keputusan. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Yuliarso, M.Z, 2006. Pengambilan Keputusan dalam Berusahatani Sayuran di Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang lebong. Jurnal Agrisep Vol 4 No. 1 Maret 2006.

Downloads

Published

2022-01-24
Abstract viewed = 187 times