ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN CABE MERAH DI PASAR TRADISIONAL KOTA BENGKULU

Authors

  • Edi Efrita
  • Elni Mutmainah
  • Evi Tri Nurhidayanti

Abstract

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis keputusan pembelian cabe merah di pasar tradisional Kota Bengkulu.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dimana informasi dikumpulkan dengan menggunakan quisioner. Data perimer dan skunder mengambil sampel dengan caraaccsidental sampling sebanyak 100 responden. Metode analisa menggunakan regresi logistik. Penguji variabel bebas secara bersama – sama menggunakan uji F, dan pengujian variabel bebas menggunakan uji t. Dari hasil penelitian secara simultan berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian cabe merah di pasar tradisional Kota Bengkulu. Secara persial keputusan pembelian cabe merah di pasar tradisional Kota Bengkulu seperti harga berpengaruh nyata dan menu masakan berpengaruh nyata, sedangkan pendapatan, jumlah anggota keluarga,dan asal daerah/suku tidak berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian cabe merah.

 

Kata Kunci : Keputusan, Pembelian, Cabe Merah

References

DAFTAR PUSTAKA

Arfani, A., M, Jufri., dan Salimah. 2013. Faktor-faktor yang mempengaruhi sikap konsumen dalam mengkonsumsi cabai merah (Studi Kasus : Pasar Brayan, Pasar Denai, Pasar Petisah, Pasar Marelan di Kota Medan). J. Sosial Ekonomi Pertanian dan Agribisnis. 2 (9):1-11.

Arif, 1993.Metode Penelitian Ekonomi Regresi logistik dependen dan independen.Universitas Indonesia. Jakarta. Halaman: 74.

Alek. 2011. Tanaman holtikultural. Indonesia. Halaman: 17.

Badan Pusat Statistik. 2018.Permintan cabe merah. BPS Kota Bengkulu, Bengkulu.

Badan Pusat Statistik. 2019. Produk Domestik Bruto. Jakarta. Halaman: 4.

Engel,J.,F.R.DE Blackwell, P.W. Miniard dan Fitria.1995.Perilaku Konsumen Edisi ke Enam >Jilid 1 dan 2 Binarupa Aksara. Jakarta Halaman: 4.

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi Kedua. Universitas Diponegoro. Semarang. Halaman: 53.

Hosmer dan Lemeshwo, 1990 dalam ardiawan, 2013 Regresi logistic.Bengkulu. Halaman: 9

Kotler dan Amstrong.1999. Fungsi Ekonomi, Jakarta. Halaman: 114.

Lemeshow, S., Hosmer, D.W., Klar, J., dan Lwanga, S.K. 1990.Adequacy of sampel Size in Health Studies.John Wiley & Sons. New York

Mulyandi, 2001.Sistem Informasi Akuntansi. Edisi Ke-empat. Jakarta: Salemba. Halaman: 299.

Nurfalach, D. R. 2010. Budidaya Tanaman Cabai Merah(Capsicum Annum L.) di UPTD Perbibitan Tanaman Hortikultura Desa Pakopen Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Halaman:6.

Pande PE Adiana dan Ni Luh Karmini, Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga, dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Gianyar, dalam Jurnal Zoostek, Vol. 34, No. 1, Januari, 2014, Halaman: 41.

Prasetia Tomy, 2019.Analisi Preferensi Konsumen Cabe Merah. Bogor. Vol. 8 No. 1 Halaman: 30.

Palar dkk, yetty 2016. Determinan Konsumsi Cabai Merah Keriting pada Rumah Tangga di Baturaja Kabupaten Oku, Vo. 19 Nomor 1, Februari 2019, Halaman: 110-113

Hartono, 2004.Metode penelitian sosial kuantitatif (Bandung: Refika Aditama,) Halaman:7.

Hanna, Wozniak, dan Fitria, 2001.Analisis Keputusan Dan Kepentingan Konsumen Terhadap Pembelian Sayur Di Pasar Ttradisional Pada Pasar Baru Bogor Edisi Maret 2014.Internasional Editing. Halaman: 4.

Peter, olson, dan Fitria. 2005. Consumer Behavior and Marketing Strategy, New York: Halaman: 4.

Realmaya, 2007.Perbedaan cabe merah keriting dan cabe merah besar. Bandung

Prajnanta, F. 2006. Agribisnis Cabai Hibrida.Penebar Swadaya, Jakarta. Halaman: 6.

Saodah, D.S. dan R. Malia. 2017. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian sayuran di Pasar Tradisional (Studi Kasus Pasar Muka Cianjur). J. Agroscience. 7 (1):178-193.

Sanny Hannya, 2016.Pengaruh keputusan pembeli cabe merah keragaman menu. Surabaya. Halaman: 9.

Sanjaya, 2017.Faktor – faktor yang mempengaruhi konsumen cabe merah. Semarang. Halaman: 21

Setiadi, Bison J. 2013. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana. Halaman: 215.

Sumarno, Joko. 2018. Analisi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian cabe rawit. Boyolali. Halaman: 4.

Sugiyono.S.Js 2015.Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.Halaman: 52.

Vasisht, 2000.Logit and Probit Analysis. New Delhi. Library Avenue.Halaman:74.

Zheya, Randi, 2016. Faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan alih fungsi lahan sawah ke sawit.Bengkulu. Halaman 23

Downloads

Published

2021-07-15
Abstract viewed = 356 times