IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGEMBANGAN USAHA KUE LAPIS LEGIT RISQI SARI DI KOTA BENGKULU

Authors

Abstract

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor internal dan faktor eksternal yang berpengaruh terhadap pengembangan Usaha Kue Lapis Legit Risqi Sari serta menyusun alternatife strategi yang dapat dilakukan, Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2019 di UKM (Usaha Kecil Menengah) Lapis Legit Risqi Sari Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode survey dan observasi langsung kelapangan, menggunakan bantuan kuesioner, penentuan responden dilakukan dengan sengaja (purposive) pada usaha kue lapis legit Risqi Sari di Kota Bengkulu sebanyak 10 responden. Analisis data berupa analisis deskriptif dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari identifikasi analisis IFE dan EFE terdapat 8 faktor kunci pada faktor internal terdiri dari kekuatan dan kelemahan, Faktor kekuatan: 1) Harga produk yang terjangkau; 2) Produk yang dihasilkan bervariasi; 3) Lokasi usaha strategis; dan 4) Nomor perizinan dan sertifikat usaha. Faktor kelemahan yaitu: 1) Sistem pencatatan keuangan yang manual; 2) Metode promosi yang belum efisien; 3) Jumlah tenaga kerja terbatas; dan 4) Alat produksi pendukung masih terbatas. Faktor kunci pada faktor eksternal yang terdiri dari peluang-ancaman, pada faktor peluang yaitu ; 1) Hubungan yang dekat dengan pemasok bahan baku; 2) Loyalitas konsumen; 3) Sering dihidangkan pada acara besar; dan 4) Perubahan gaya hidup masyarakat. Pada faktor ancaman yaitu: 1) Munculnya pesaing dengan produk sejenis; 2) Munculnya pesaing dengan produk berbeda; 3) Kestabilan harga bahan baku; dan 4) Daya beli konsumen (tergantung waktu).

Kata Kunci: UKM, Strategi Pengembangan, Analisis SWOT, Bengkulu

References

Amirullah. 2015. Manajemen Strategi. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Dewi, N. P., N. Wrasiati., dan K. Satriawan. 2015. Strategi Pengembangan Usaha Produksi Roti Bali Kencana Bakery. Jurnal Rekayasa dan Manajemen Agroindustri. 3 (4) : 41-50.

Gitosudarmo, I. 2001. Manajemen Strategi. BPFE Yogyakarta. Yogyakarta.

Gabriel, A. A., I. Santoso., dan D. Morita Ikasari. 2013. Perencanaan Strategi Pengembangan Industri Rumah Tangga Gula Kelapa. Jurnal Industri Pertanian. 2 (2) : 1-11.

Kurniawan, M., N. Haryati. 2017. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 6 (2) : 97-102.

Lestari, A. I. 2018. Karakteristik Industri Kecil Lapis Legit di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Marimin. 2004. Pengambilan Keputusan Kriteria Majemuk. PT. Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta. 194 Halaman.

Rangkuti, F. 2018. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 246 Halaman.

Setyorini, H., M. Effendi., dan I. Santoso. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5 (1) : 46-53

Subaktilah, Y., N. Kuswardani., dan S. Yuwanti. 2018. Faktor Internal dan Eksternal Pada Pengembangan Usaha Gula Merah Tebu. Jurnal Agroteknologi. 12 (02).

Downloads

Published

2021-07-15
Abstract viewed = 376 times