Sikap dan Persepsi Masyarakat Terhadap Perkembangan Produk Unggulan Pupuk Kompos Kawasan di Desa Dataran Kempas

Authors

  • Pahantus Maruli Universitas Jambi
  • Ardinovra Ardinovra Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui sikap dan persepsi masyarakat terhadap produk unggulan kawasan pedesaan yakni pupuk kompos di Desa Dataran Kempas.2) untuk mengetahuipengaruh karakteristik sosial ekonomi masyarakat (umur, pendidikan, jenis kelamin, tingkat pendapatan dan pekerjaan) terhadap sikap masyarakat pada produk unggulan pupuk kompos. Penelitian ini dilaksanakan pada 20 Januari 2020 sampai 21Februari 2020 di DesaDataran Kempas Kecamatan Tebing Tinggi Tanjung Jabung Barat. Penelitian ini menggunakan metode survey.Teknik penarikan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Data kemudian diolah dengan skala likert dan regresi linear berganda. Sikap dan Persepsi Masyarakat Terhadap perkembangan produk unggulan pupuk kompos di Desa Dataran Kempas, Dilihat dari masyarakat sampel sebanyak 80, sudah mendapat kriteria baik/tinggi. Sikap masyarakat terhadap pada produk unggulan desa pupuk kompos di Kawasasn Desa Dataran kempas31,2% dipengaruhi oleh karakteristik sosial ekonomi (umur, lama pendidikan, jenis kelamin, tingkat pendapatan dan pekerjaan) sedangkan 68,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Persepsi Masyarakat, Sikap Masyarakat, Pupuk Kompos

References

Fadhilah, M. L., Eddy, B. T., Gayatri, S. 2017. Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Sikap dan Keterampilan Penerapan Sistem Agribisnis Terhadap Produksi Pada Petani Pai di Kecamatan Cimanggu Cilacap. Jurnal Agrisocionomics. 2(1).39-49.

Hamzah, N. 2015. Pendidikan agama dalam keluarga. Jurnal at-turats vol.9 no.2.

Irmayanti .2007. Perawatan Ibu Hamil (Asuhan Ibu Hamil) Yogyakarta: Fitrimaya.I, wadek.H & I, Gst Agung O,M. 2015. Persepsi Masyarakat Tehadap Pengembangan Kawasan Goa Peteng Sebagai Daya Tarik Wisata Di Desa Jimbaran Kuta Selatan Kabupaten Badung. Jurnal Destinasi Pariwisata. Vol 3 No 1.Kemendesa. 2019. Pengertian Prukades. www.Prukades.kemrndesa.go.id/lpage/

Linda, T., dan Aditya Y. P. 2017. Optimalisasi Waktu Pengomposan danKualitas Pupuk Kandang dari Kotoran Sapi dan Debu sabut Kelapa dengan Bioaktivator PROMI dan Orgadec. JSV 35(1) hal 136-144.

Muliadi. 2008. Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Sikap Ibu Hamil dalam Mengenal Tanda-tanda Bahaya Kehamilan di RSUD Arifin Nu’mang Rampang Kabupaten Sidrap. Media Kesehatan, 2008, 4:1.

Purwanto. 2005. Tujuan Pendidikan Hasil Belajar. Jurnal Teknodik Depdiknas. Jakarta.

Sri, S. M. R. dan B. Honorita. 2011. Perilaku Petani dalam usahatani dilahan Rawa Lebak. Prosiding Seminar Nasional Budidaya Pertanian : 115 – 128

Sugiyono, P. D. (2011) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung ; CV. Alfabeta.

Thoha. 2004. Faktor yang mempengaruhi perkembangan persepsi orang. http://repository.upi.edu. Diunduh tanggal 2 januari 2017.

Downloads

Published

2021-07-15
Abstract viewed = 135 times