Analisis Pendapatan Petani Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Sawah Irigasi Di Desa Sumberejo Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi Rawas

Authors

  • May Shiska Puspitasari Universitas Musi Rawas

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghitung pendapatan usahatani padi sawah irigasi dan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi produksi usahatani padi sawah irigasi di Desa Sumberejo Kecamatan Megang Sakti Kabupaten Musi  Rawas. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sumberejo Kecamatan Megang Sakti pada bulan September-Oktober 2018 dengan pertimbangan bahwa desa tersebut merupakan desa yang paling luas lahan sawahnya, serta produksi dan produktivitas tertinggi di Kecamatan Megang Sakti. Metode penelitian yang digunakan dengan metode survey dan penentuan tempat secara purposive. Jenis data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan melakukan survei terhadap 41 KK yang di jadikan sampel dari total populasi sebesar 408 KK dimana diambil secara proporsionate random sampling sebesar 10 % dari total populasi yang dianggap sudah mewakili dari keseluruhan responden. Hasil penelitian diperoleh diketahui bahwa produksi rata-rata sebesar 2.297 Kg/Ha, dengan rata-rata penerimaan petani Rp. 19.252.207/Th dan pendapatan rata-rata sebesar Rp  14.710.552/Th. sedangkan faktor yang mempengaruhi produksi padi sawah irigasi, siginifikan pada taraf α 10% yaitu variabel luas lahan dan benih, sedangkan variabel pestisida signifikan pada taraf α 15 % dan ada 2 variabel yang tidak signifikan yaitu variabel pupuk dan tenaga kerja dengan nilai R square sebesar 90 yang berarti bahwa terdapat 10 % dipengaruhi oleh variabel diluar model.

 

Kata Kunci : Biaya Produksi, Produksi, Pendapatan

Author Biography

May Shiska Puspitasari, Universitas Musi Rawas

Program studi agribisnis Fakultas Pertanian

References

Daftar Pustaka

Badan Pusat Statistik. 2018. Kabupaten Musi Rawas dalam Angka. Kabupaten Musi Rawas.

Badan Pusat Statistik 2018. Kecamatan Megang Sakti dalam Angka. Kabupaten Musi Rawas

Dinar. 2018. Pengaruh Sistem Irigasi Terhadap Pendapatan Usahatani Padi Sawah (Oryza sativa L.) Jurnal Ilmu Pertanian dan Peternakan Volume 6 Nomor 2 Desemeber 2018.

Damanik, Joni Arman. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi Di Kecamatan Masaran, Kabupaten Sragen. Economics Development Analysis Journal 3 (1) (2014).

Ivans, Eny, Wan Abbas Zakaria, Helvi Yenfika. 2013. Analisis Usahatani Padi Sawah Pada Irigasi Desa Di Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur. Jurnal JIIA, Volume 1 No. 3, Juli 2013.

Komarudin, Roni. 2010. Peningkatan Kinerja Jaringan Irigasi Melalui Penerapan Manajemen yang Tepat dan Konsisten pada Daerah Irigasi Ciramajaya. Jurnal Teoretis dan Terapan Bidang Rekayasa Sipil Vol. 17 No. 2 Agustus 2010

Mankiw, N.Gregory. 2006. Teori Makroekonomi. Erlangga. Jakarta

Mahananto, Salyo Sutrisno dan Candra F Ananda. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Padi Studi Kasus Di Kecamatan Nogosari, Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal WACANA Vol. 12 No.1 Januari 2009.

Muzdalifah. 2014. Pengaruh Irigasi Terhadap Produksi Usahatani Padi Sawah Di Desa Siderakecamatan Sigibiromaru. Jurnal E-J.Agrotekbis 2 (1) : 76-84, Edisi Februari 2014.

Neonbotaa, Serafina Laka, Simon Juan Kune. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Usahatani Padi Sawah Di Desa Haekto Kecamatan Noemuti Timur. Jurnal Agribisnis Lahan Kering Agrimor 1 (3) 32-35.

Supradjo, P dan Sahid, S. 1993. Prespektif Dari Pengembangan Manajemen Sumber Air dan Irigasi Untuk Pengembangan Pertanian.Leberty. Yogyakarta.

Yanita Mirawati, SuryantyMelli, FaridaAulia, 2011. Kajian Efisiensi Ekonomi Usahatani Padi Sawah Di Kecamatan Air Hangat Kabupaten Kerinci. Fakultas Pertanian, Universitas Jambi.

Downloads

Published

2021-01-07
Abstract viewed = 541 times