PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM KELOMPOK WANITA TANI NUSA INDAH DI CILEMBU SUMEDANG

Authors

  • Agus Hermanto Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Ismah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Tria Patrianti Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Hiru Muhammad Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8665

Abstract

Masih banyak UMKM yang memiliki kendala dalam bertransformasi memanfaatkan teknologi digital secara umum, terlebih untuk pemasaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada pelaku UMKM Kelompok Wanita Tani Nusa Indah di Cilembu Sumedang. Tujuannya untuk memberikan pelatihan tentang pengetahuan dan keterampilan dasar pemasaran digital atau digital marketing. Metode service-learning yang digunakan dalam kegiatan ini dengan beberapa tahapan, yakni: persiapan, perencanaan, pelaksanaan dan penutup (monitoring dan evaluasi). Kegiatan pengabdian berlangsung satu hari dengan suasana kondusif dan respon peserta pelatihan yang positif. Pengabdian masyarakat ini berjalan sesuai dengan rencana dan dikatakan berhasil. Sebagian besar peserta pelatihan yang hadir merasakan manfaat bahwa pelatihan menambah pengetahuan tentang digital marketing. Juga meningkatkan pemahaman dengan memaksimalkan aplikasi yang selama ini sering digunakan sehari-hari seperti google map dan google search engine. Untuk mendukung penjualan produk lebih luas dengan pemakaian teknologi yang berbasis internet.

References

Arifin, B., Muzakki, A. & Kurniawan, Moh. (2019). Konsep Digital Marketing Berbasis Seo (Search Engine Optimization) Dalam Strategi Pemasaran. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuangan dan Bisnis, 4 (2), 1-7. DOI:10.24967/ekombis.v4i2.474.

Berliandaldo, M., Wijaya Holman Fasa, A., Kholiyah, S., Chodiq, A., & Hendrix, T. (2021). Digital Transformation and Business Development Strategy ff Adaptive and Sustainable MSME Post Covid-19 Pandemy. Jurnal Analis Kebijakan, 4(2), 54-73. https://doi.org/https://doi.org/10.37145/jak.v4i2.468

Deny, S. (2024). UMKM Bakal Tembus 83,3 Juta Pelaku di 2024. https://www.liputan6.com/bisnis/read/5502640/umkm-bakal-tembus-833-juta-pelaku-di-2024. Diakses 28 Mei 2024.

Kadindotid. (2024). UMKM Indonesia. https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/. Diakses 28 Mei2024.

Larasati, S., Pradana, Z., Praja, M. & Niamah, K. (2025). Peningkatan Visibilitas UKM dengan Pemanfaatan Google Map untuk Menjangkau Pelanggan Lebih Luas. RENATA Jurnal Pengabdian Masyarakat Kita Semua, 3 (1), 29-34. https://doi.org/10.61124/1.renata.107

Muslih, H. & Roslaeni, E. (2024). Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Linuhung: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 1 (1), 1-15. https://doi.org/10.52496/linuhung.v1i1.69

Muslina, M. (2017). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 2 SDN 133 Pekanbaru Melalui Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 92-99. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.60.

Oktaviani, R.T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan (Diklat). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5 (1), 91-94. https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/view/728

Pakaya, M. R., Musa, O., Karim, J., & Abdussamad, S. (2020). SIG Lokasi UMKM Berbasis Android. Jambura: Journal of Electrical and Electronics Engineering, 2(2), 52–59. https://doi.org/10.37905/jjeee. v2i2.6014

Rahman, A., Prasetyo, O., & Anis, M. (2024). People’s Education: Improving Understanding of The Healthy and Safe Internet for Students of Keupula Dua State Primary School. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Services), 8(4), 508–516. https://doi.org/10.20473/jlm.v8i4.2024.508-516.

Revo, M. (2024). UMKM Indonesia Jadi Raja di Dunia, 97% Serap Tenaga Kerja. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240307154500-128-520473/umkm-indonesia-jadi-raja-di-dunia-97-serap-tenaga-kerja. Diakses 28 Mei 2024.

Saputri, R., Nur Fajrillah, A., & Darmawan, I. (2019). Transformasi Digital bagi UMKM dengan Perancangan Enterprise Architecture Menggunakan TOGAF ADM. Jurnal Tiarsie, 16(1), 17-22. https://doi.org/10.32816/tiarsie.v16i1.40.

Septiani, P. & Kurniawan, H. (2020). Analisa Penggunaan Keyword Untuk Implementasi Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Teknologi Informasi, 15 (3), 83-91. DOI: https://doi.org/10.35842/jtir.v15i3.376.

Setyowati, E. & Permata, A. (2018). Service Learning: Mengintegrasikan Tujuan Akademik Dan Pendidikan Karakter Peserta Didik Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat. Bakti Budaya, 1(2),143-192. https://doi.org/10.22146/bb.41076.

Wardhana, A., (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UMK di Indonesia. [Prosiding]. Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis, IV, 327-337.

Zilfi, R. (2020). Implementasi Google Maps Api Untuk Lokasi UMKM di Kabupaten Sidoarjo Berbasis Android. Ubiquitous: Computers and Its Applications Journal, 3, 53-58. https://doi.org/10.51804/ucaiaj.v3i1.53-58

Downloads

Published

2025-07-11

How to Cite

Hermanto, A., Ismah, Tria Patrianti, & Hiru Muhammad. (2025). PELATIHAN DIGITAL MARKETING UNTUK UMKM KELOMPOK WANITA TANI NUSA INDAH DI CILEMBU SUMEDANG. Setawar Abdimas, 4(2), 123–132. https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8665

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times