PENGENALAN KARAKTER DENGAN MENONTON KISAH-KISAH NABI DI TPQ CINTA AL-QUR’AN KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8656Abstract
Pengembangan karakter merupakan aspek kunci dalam pendidikan, terutama pada tahun-tahun awal. Tahun-tahun awal kehidupan merupakan fase yang sangat penting untuk membangun karakter seseorang. Pada masa ini, anak-anak mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam dimensi fisik, kognitif, dan emosional. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengkaji efektivitas penggunaan video animasi kisah para Nabi dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada anak usia dini. Kegiatan ini menggunakan metode kualitatif untuk menyelidiki dan memahami dampak pengembangan karakter melalui narasi tentang para nabi. Metode kualitatif dipilih karena memungkinkan memahami secara mendalam pengalaman, proses, dan pelajaran yang terkait dengan para nabi. Dengan menggunakan teknik bercerita atau video animasi, kisah-kisah para nabi menjadi lebih menarik bagi anak-anak. Pendekatan ini membantu anak-anak memahami pelajaran moral tanpa merasa diceramahi atau diberi mandat. Kegiatan yang dilakukan di TPQ Cinta Al-Quran, Sukamerindu, Kota Bengkulu menunjukkan bahwa penggunakan animasi sebagai alat pendidikan telah menunjukkan keefektifan dalam menarik perhatian pelajar muda (setingkat SD/TK) dan meningkatkan pemahaman materi mereka. Perpaduan komponen visual dan pendengaran dalam animasi memperkuat pemahaman, meringankan beban kognitif, dan meningkatkan retensi memori. Anak-anak menunjukkan antusiasme yang besar dan lebih mudah mengingat narasi yang disajikan melalui animasi daripada strategi instruksional tradisional.
References
Andrasari, A., N., Haryanti, Y., D., Yanto, A. (2022). Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinmaster Bagi Guru SD. Seminar Nasional Pendidikan, FKIP UNMA ,76-83.
Arif, N. F., & Setiawan, D. (2023). Efektivitas Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Film Nussa dan Rarra Terhadap Anak Usia Sekolah Dasar Di Desa Sanggatta Utara. Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan, 11(1), 9–17.
Cholik, M., Umaroh, S., T. (2023). Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika) 8 (2): 704 – 709
Herawati, I., Rahmansyah, S. (2023). Penerapan Media Visual Untuk Mempermudah Pembelajaran AnakUsia Dini. Pernik: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6 (2): 83-87.
Imroatun, I., Widat, F., Fauziddin, M., Farida, SPernik., Maryam, S., & Zulaiha. (2021). Youtube as a Media for Strengthining Character Education in Early Childhood. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012064.
Kartini, K., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2022). Metode mendongeng kisah nabi dalam penanaman moral anak usia dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 13–28.
Kusumawati, I. (2016). Pengembangan Karakter Siswa Raudlatul Athfal Berbasis Pendidikan Agama Islam. aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 139–148.
Melati, E., Fayola, A., D., Hita, I., P., A., D., Saputra, A., M., A., Zamzami, Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education 6, (1): 732-741.
Natsir, N. (2024). Penerapan Media Visual dan Audiovisual Terhadap Pembelajaran Anak Usia Dini Era Revolusi Industri 4.0 Di Sulawesi Barat. INTEC Journal: Information Technology Education Journal, 3(2): 110-115.
Novalita, R. (2014). Dampak perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (studi penelitian yang melibatkan mahasiswa pendidikan geografi FKIP Universitas Almuslim). Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 147059.
Oktaviani, A., T., Nisa, Z., Mundiyah, S., Nahda, K., N. (2021). Metode Pembelajaran yang Tepat Diterapkan Pada Siswa dengan Gaya Belajar Visual. Prosiding SEMAI: Semianar Nasional PGMI, 731-741.
Sri Rezki, S. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Film Animasi Terhadap Perkembangan Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun Di RA At-Taqwa 1 Muara Jaya Kota Sungai Penuh. (Doctoral dissertation). Universitas Jambi
Sumariati, W., Syarifan Nurjan, & Muhammad ‘Azam Muttaqin. (2024). Penanaman Moral Keagamaan Anak Berbasis Animasi Kisah Nabi Muhammad SAW. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 16–33.
Supriyadi. (2021). Pemanfaatan Film Animasi Sebagai Media Pembelajaran Anak Berbasis Flashmx. Journal Komunikasi, 12 (2): 144 – 151.
Wahidin. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Untuk Meningkatkan Pemahaman Kosep Siswa. Jurnal Ilmiah edukatif, 11 (01): 285-295.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Mega Sari Apriniarti, Nur Laili Tri Supatmi, Siti Darwa Suryani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.