PENGUATAN KETAHANAN BELAJAR ANAK TUNAGRAHITA MELALUI PEMBERDAYAAN BERBASIS WILAYAH DAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8439Abstract
Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memperkuat ketahanan belajar anak tunagrahita melalui strategi pemberdayaan berbasis wilayah dan penerapan pembelajaran kooperatif di kelas inklusi. Ruang kelas adalah ruang belajar bagi siswa dengan berbagai latar belakang, baik secara sosial, kemampuan, keterampilan, dan lainnya. Sebagai seorang pendidik, Guru harus mampu mengatasi keragaman tersebut. Terlebih lagi saat mengatasi siswa dengan tingkat kemampuan berbeda, seperti siswa tunagrahita di sekolah inklusi, karena penting untuk mengakui keunkan dan kebutuhan setiap siswa. Metode pembelajaran kooperatif (berbasis kerja sama) bisa dijadikan salah satu solusi yang dapat diterapkan oleh guru di kelas sehingga siswa dapat bertahan dalam belajar melalui keterlibatan semua siswa.
References
Asrini, D. P., Nurhayati, S., & Oesman, A. M. (2025). Workshop Penulisan PTK Bagi Guru Bahasa Jepang di Semarang. ABDIMASKU, 8(2), 860–870.
Dalis, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Berbasis Web. Paradigma-Jurnal Komputer dan Informatika, 19(1), 1-8.
Degeng, Nyoman Sudana. (1990). Design Pembelajaran : Teori ke Terapan. Malang: PPs IKIP Malang.
Dweck, C. S. (2021). Mindset: The New Psychology of Success. Updated Edition. Random House.
Eniyati, S., & Santi, R. C. N. (2010). Perancangan sistem pendukung keputusan penilaian prestasi dosen berdasarkan penelitian dan pengabdian masyarakat. Dinamik, 15(2).
Hartati, M. S., Rosidin, R., & Saputra, R. (2021, August). Pelatihan Dasar Pengarsipan Digital Pada Fasilitator Sekolah Alam Langit Biru Kota Bengkulu. In Seminar Nasional ADPI Mengabdi Untuk Negeri (Vol. 3, No. 1, pp. 114-118).
Nugroho, H., Safitri, D., & Maulidiyah, L. (2023). Community-Based Support System untuk Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan Khusus dan Inklusi, 5(2), 123–135.
Rahmi, N. (2022). Ketahanan Belajar dalam Konteks Pendidikan Inklusif: Perspektif Psikologi Pendidikan. Jurnal Psikodidaktika, 7(1), 45-56.
Santosa, A., & Raharjo, S. (2024). Ecological Education for Inclusive Learning: Local Wisdom and Educational Collaboration. Journal of Inclusive Education and Practice, 9(1), 44–59.
Suprijono, Agus. (2015). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Warsono & Hariyanto. (2014). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lusiana Wulansari, Susiati, Siti Suedah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.