WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK GURU MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Khathibul Umam Zaid Nugroho Universitas PGRI Silampari, Lubuklinggau
  • Abdurrobbil Falaq Dwi Anggoro Program Doktor Pendidikan Matmatika, Universitas Negeri Semarang
  • Wahyu Widada Program Pendidikan Matematika, Universitas Bengkulu
  • Shadaqnas Dewarif Tri Anggoro Program Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7312

Abstract

Penggunaan media pembelajaran daring liveworksheet telah menjadi kebutuhan penting dalam era digital saat ini. Namun, guru matematika Madrasah Ibtidaiyah (MI) masih kurangn mampu dalam mengolah materi pelajaran matematika menjadi format digital yang interaktif. Tujuan workshop ini adalah meningkatkan kompetensi digital guru matematika MI dalam menggunakan teknologi pembelajaran daring, khususnya platform liveworksheet. Workshop media pembelajaran daring berbantuan liveworksheet untuk guru matematika MI dilaksanakan dengan metode yang komprehensif dan interaktif. Kegiatan ini menggabungkan berbagai pendekatan untuk memastikan pemahaman dan penguasaan materi oleh peserta. Kegiatan pengabdian berupa workshop media pembelajaran daring berbantuan liveworksheet untuk guru matematika MI telah menghasilkan berbagai dampak positif. Para peserta menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan penggunaan teknologi pembelajaran daring, khususnya platform liveworksheet. Ada peningkatan rata-rata 75% dalam pemahaman dan kemampuan menggunakan liveworksheet untuk pembelajaran matematika daring.

References

Fitriyah, I. J. (2024). The effectiveness of E-LKPD with a scientific approach using liveworksheets in improving learning outcomes on the interaction of living things with the environment. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3106, Issue 1). https://doi.org/10.1063/5.0215207

Jamshid, Bakhtiyarovich, E., Matluba, Burkhanovna, E., & Gulmira, Bakhtiyorovna, S. (2021). Application of Information and Communication Technologies in Solving Geometric Problems.

Maria, Mion, P., & Mihaela, G. (2015). Learning geometry through mimesis and digital construct. Practical Application of Science. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf

Olive, J. (2001). Learning geometry intuitively with the aid of a new computer tool: the geometer’s sketchpad. The Mathematics Educator, summer 199, 26–29.

Ramírez, K. L., Rodríguez, D. S. M., & Mateus, C. H. (2023). Problem-based Learning Activities as a Promotion of Local Cultural Awareness in A1 English Students. Mextesol Journal, 47(4), 1–10. https://doi.org/10.61871/mj.v47n4-10

Subekti, A. R. (2024). Developing the flipped classroom learning tools assisted by liveworksheet on the topic of data presentation. In AIP Conference Proceedings (Vol. 3049, Issue 1). https://doi.org/10.1063/5.0194449

Tagaeva, D., Talipov, A., & Saipbekova, S. (2024). Formation of Schoolchildren Competencies when Teaching Geometry using Geometric Tasks with Life Content. Bulletin of Science and Practice, 10(6), 670–674. https://doi.org/10.33619/2414-2948/103/79

Widyastuti, B. W., & Retnowati, E. (2021). Effects of Worked Example on Experts’ Procedural Skills in Solving Geometry Problems. Proceedings of the 7th International Conference on Research, Implementation, and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2020), 528(Icriems 2020), 338–343. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210305.049

Yang, K.-L., & Lin, F.-L. (2009). Designing Innovative Worksheets for Improving Reading Comprehension and Geometry Proof. Proceedings of the 33rd Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 1, 1–1.

Downloads

Published

2025-01-10

How to Cite

Nugroho, K. U. Z., Anggoro, A. F. D., Widada, W., & Anggoro, S. D. T. (2025). WORKSHOP PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DARING BERBANTUAN LIVEWORKSHEET UNTUK GURU MATEMATIKA MADRASAH IBTIDAIYAH. Setawar Abdimas, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7312

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 28 times