https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/issue/feedJurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)2024-09-01T00:00:00+00:00Titi Darmititidarmi@umb.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik (<a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1597842187" target="_blank" rel="noopener">e-ISSN: 2745-8660</a>, <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1563354961" target="_blank" rel="noopener">p-ISSN: 2685-7499</a>), diterbitkan oleh program studi Administrasi Publik , sebagai wadah forum antara para akademisi, peneliti /praktisi, bidang kebijakan publik, manajemen tata kelola pemerintahan (sector publik). Untuk, menyampaikan gagasan dan menumbuhkan keunggulan dan berbagi pengalaman dan membuat strategi dalam mengatasi permasalahan penelitian dalam bidang administrasi, kebijakan publik, manajemen dan tata kelola pemerintahan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun (Maret dan September). </p> <p style="text-align: justify;">JMPKP: Jurnal Manajemen Publik & Kebijakan Publik telah terakreditasi peringkat 6 (SINTA 6) berdasarkan Sertifikat dan <a href="https://arjuna.kemdikbud.go.id/files/info/Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_I_Tahun_2022.pdf" target="_blank" rel="noopener">SK Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 105 /E/KPT/2022 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode I Tahun 2022</a>. Akreditasi berlaku selama 5 (tiga) tahun, mulai dari Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020 sampai dengan Volume 6 Nomor 2 Tahun 2024.</p>https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6001Inovasi Program Goes To School pada SMK Trisakti Tulangan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo2024-02-17T15:59:01+00:00Nanda Guritno Nurhalizaguritnohaliza@gmail.comDiana Hertatidiana.adne2023@gmail.com<p>Inovasi program <em>Goes To School</em> (GTS) merupakan sebuah inovasi layanan administrasi kependudukan yang dibentuk oleh Dispendukcapil Kabupaten sidoarjo sebagai upaya percepatan pelayanan yang memprioritaskan masyarakat wajib KTP pemula berusia 16-17 tahun yang belum melakukan perekaman E-KTP. <em>Inovasi Goes To School</em> menargetkan sekolah pada tingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta demi memberikan pelayanan yang adil dan merata untuk seluruh sekolah yang berada dalam Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi tempat pelaksanaan penelitian adalah SMK Trisakti Tulangan, Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan sumber data primer yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan sumber data sekunder meliputi buku dan jurnal terkait. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi <em>Goes To School</em> SMK Trisakti Tulangan dapat berpengaruh dalam memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan yang optimal yang dihungkan dengan teori faktor kesuksesan sebuah inovasi oleh Bugge dkk., yang terdiri dari 6 (enam) indikator yaitu: tata kelola dan inovasi, sumber ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat, tujuan, hasil, pendorong dan hambatan</p>2014-09-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/5111Upaya Kepala Desa dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik di Desa Tambak Rejo, Kabupaten Bengkulu Utara2024-04-08T07:17:49+00:00Nadhilla Wirasantifahmywahyu023@gmail.comTiti Darmititidarmi@umb.ac.id<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kepala desa untu mewujudkan tata kelola pemerintahan desa di Desa Tambak Rejo Kabupaten Bengkulu Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator yang dijadikan tolak ukur dalam penelitian ini adalah: Akuntabilitas, Transparansi, Partisipasi dan Supremasi Hukum. Untuk melihat keempat indikator tersebut digunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan beberapa alat pendukung seperti pedoman wawancara dan handphone. Hasil analisis data menunjukkan bahwa upaya kepala desa dalam mewujudkan pemerintahan desa di Kabupaten Bengkulu Utara menunjukkan bahwa pemerintahan di perangkat desa sudah baik, hal ini terlihat dari indikator Akuntabilitas, Partisipasi, dan Supremasi Hukum yang telah dilaksanakan. dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya kepala desa dalam mewujudkan good governance di Desa Tambak Rejo sudah dilaksanakan dengan cukup baik </p>2024-09-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6003Efektivitas Program Jemput Bola Terpadu sebagai Upaya Mempercepat Pelayanan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo2024-02-17T16:00:17+00:00Padma Galuh Ascaryapadmaascarya@gmail.comDiana Hertatidiana.adne2023@gmail.com<p>Program Jemput bola Terpadu merupakan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo sebagai Upaya untuk dapat mempercepat pelayanan yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Sidoarjo mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat untuk mengurus kepemilikan dokumen kependudukan. Target dari program Jemput Bola Terpadu ini adalah seluruh desa yang berada di Kabupaten Sidoarjo, fokus utama dari program Jemput Bola Terpadu ini adalah desa yang masih memiliki persentase rendah kepemilikan dokumen kependudukan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjelaskan objek sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan, Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif yang menunjukkan gambaran yang terjadi di lapangan berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Selain itu tujuan dari program Jemput Bola Terpadu yaitu untuk memberi pengetahuan tentang pentingnya mencatatkan peristiwa kependudukan. Dengan ini tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif program Jemput Bola Terpadu yang dianalisis menggunakan teori efektivitas milik Sutrisno yang meliputi a) Pemahaman program b) Tepat waktu c) Tepat sasaran d) Tercapainya tujuan e) Perubahan nyata.</p>2024-09-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6163Politik Uang, Korupsi dan Budaya OTT menjadi sebuah Tradisi di Indonesia2024-02-24T10:44:57+00:00indra kristiantechnician2007@gmail.com<p><strong><em>This paper addresses issues related to direct Regional Election (Pilkada) that have not been maximized, even triggers, including: money politics, rampant corruption and the phenomenon of OTT (capture operations) that occur in various sectors of the sector. Community questions arise, including: (1) how to eradicate money politics, (2) in what ways can a culture of corruption be eradicated (3) whether the hopes and rights of the people are represented (4) whether with direct elections can give birth to leaders with integrity ( 5) how to erase the paradigm of society that elected leaders have the opportunity to find a coffers to replace political costs and how to erase the logic of thinking about the dowry of political power. Oddities that occur in Indonesia, election participants understand the rules but still violate the rules in force. Thisresearch is a qualitative research according to the object of writing study using library research (library research). The direct election regulation in fact has not been able to minimize money politics in the elections. The hope, along with the drafting of the election law is able to provide a different color so that it becomes better in accordance with democratic election rules</em></strong></p>2024-09-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/5813Strategi Penguatan Produk Lokal Tanjak dalam Meningkatkan City Branding di Kota Palembang2024-04-01T14:35:12+00:00Nadelia Grasopanadeliagrasopa26@gmail.comNovia Kencananoviakencana@gmail.comIsabellaisabella@gmail.com<p><em>The aim of this research is to determine the strategy for strengthening local Tanjak products as well as the obstacles or obstacles to the strategy of strengthening local Tanjak products in improving city branding in Palembang City. The method used in this research is a qualitative method with a case study approach. The unit of analysis in this research is the Palembang City Tourism Office with a total of seven research informants. The qualitative data analysis used is Creswell qualitative analysis. The results of this research indicate that the strategy of strengthening local Tanjak products carried out by the Regional Government in order to improve the city branding of the City of Palembang has gone well, as can be seen from the indicators of the city branding development strategy which has supported this strategy well. These indicators are internal factors, consideration of external conditions and communication strategies used to strengthen local products. The obstacle or obstacle faced in the process of strengthening local Tanjak products is that the use of digital media, especially in the era of society 5.0, has not been used optimally by local governments to introduce and promote Tanjak to the public. Apart from that, the regional government budget for building Tanjak ornaments on agency buildings in South Sumatra is still inadequate and ASN's consistency in using Tanjak during working hours determined by the Palembang City government is still not running well.</em></p>2024-09-01T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6124Strategi PT. Pratama Jatim Lestari dalam Mengelola Pusat Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 sebagai Upaya Menuju Jawa Timur Net Zero Waste2024-05-16T23:44:25+00:00Ayu Nevilia Anantaneviananta1612@gmail.comSri Wibawani sri_adneg@upnjatim.ac.id<p>Provinsi Jawa Timur menghadapi tekanan signifikan dalam hal pembangunan dan konsumsi, yang menyebabkan peningkatan volume limbah, termasuk limbah B3 yang berbahaya dan dapat merusak lingkungan. Pengelolaan limbah B3 secara efisien sangat penting dalam upaya mencapai tujuan <em>zero waste</em>. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi PT. Pratama Jatim Lestari dalam mengelola limbah B3 menuju program <em>net zero waste</em>. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, berfokus pada penerapan strategi yang mempengaruhi keberhasilan program <em>net zero waste</em> berdasarkan teori Kooten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi organisasi yang diterapkan relevan dengan visi, misi, program, dan kegiatan perusahaan, meskipun belum optimal karena masih dalam tahap pembangunan. Strategi program dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan sasaran, serta menghasilkan profit. Selain itu, strategi pendukung sumber daya dan strategi kelembagaan juga terlaksana dengan baik, dengan adanya sinkronisasi dan sinergi antara pemilik dan pelaksana program. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan pentingnya sinergi dan kesinambungan antara berbagai strategi dalam upaya mencapai <em>net zero waste</em> di Jawa Timur</p>2024-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6002Efektivitas Pelayanan Via Online (Plavon) Surat Pindah Datang oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo2024-02-24T12:01:28+00:00Dhae Pramestya Ningrumdheapramestya27@gmail.comDiana Hertatidiana.adne2023@gmail.com<p>Plavon merupakan website yang membantu pengurusan administrasi kependudukan secara online. Tujuan adanya program ini yaitu untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus identitas kependudukan di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis efektivitas program pelayanan Surat Pindah Datang secara online menggunakan website Plavon Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada teori efektivitas yang terdiri dari 4 (empat) indikator yakni ketepatan sasaran program, sosialisasi program, pencapaian tujuan program, serta pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Surat Pindah Datang secara online melalui website Plavon di Kabupaten Sidoarjo: 1) masyarakat antusias untuk mengajukan permohonan Surat Pindah Datang di Plavon. 2) Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo melalui sosial media dan juga di MPP Kabupaten Sidoarjo turut serta dalam menyebarkan informasi mengenai pelayanan Surat Pindah Datang secara Online melalui website Plavon. 3) masyarakat Kabupaten Sidoarjo dapat dengan mudah mengajukan Surat Pindah Datang secara online. 4) tim PIAK Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo telah melakukan pemantauan program Plavon Kabupaten Sidoarjo.</p>2024-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6252Kinerja Dinas Lingkungan Hidup dalam Mengelola Sampah di Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu2024-03-06T01:26:23+00:00Elsya Soniaelsyasonia873@gmail.comSiti Hazzah Nur Ritongasitihnur@gmail.com<p><em>This research aims and explains the performance of the Environmental Service in Managing Waste in Rantau Utara District, Labuhanbatu Regency. The research method used in this study is qualitative research with a descriptive nature, with data collection techniques of direct observation, in-depth interviews, and detailed document analysis. This research was conducted at the Labuhanbatu Regency Environmental Service. The research informants consisted of the Head of Department, Head of waste management, waste management staff, cleaning staff, the community and school children.</em></p> <p><em>The research results show that the performance of the Labuhanbatu Regency Environmental Service in providing services is quite good in managing waste accumulation in the area. In terms of indicator 1) Productivity in recycling waste management, organic and inorganic waste has economic value, but in terms of human resources there is still a shortage of staff. 2) The quality of service is quite good in waste pickup but still faces challenges related to inadequate facilities. 3) Responsiveness, the department has responded to </em><em>community</em><em> complaints and provided outreach to the community. 4) Responsibility in this case the department has carried out its duties and responsibilities in accordance with its main duties and functions. 5) The Accountability Service has implemented its policies and activities with procedures, they have monitored and controlled the waste management process on a regular basis. Efforts continue to be made to overcome this problem. </em></p>2024-09-21T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/6833Efektivitas Pembuatan Surat Perintah Tugas Melalui Aplikasi SIPENO di Biro Umum Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur2024-08-09T12:26:26+00:00Adevansyah Wika21041010094@student.upnjatim.ac.idBayu PriambodoBayu.p.adneg@upnjatim.ac.id<p>This research discusses the effectiveness of creating Task Assignment Letters through the SIPENO Application at the office of the Regional Secretariat of East Java Province. The aim of this study is to determine how successful the SIPENO application is in generating Task Assignment Letters. This research utilizes effectiveness theory as proposed by Budiani. There are four indicators used to measure effectiveness in this study: target accuracy, program socialization, program objectives, and program monitoring. The method employed in this research is descriptive qualitative. Data collection was conducted through direct observation, interviews with employees who use the SIPENO application, documentation on the use of the SIPENO application, and data compilation. The results of this study show that the four important indicators in using the SIPENO application for creating Task Assignment Letters target accuracy, program socialization, program objectives, and program monitoring can run quite effectively and are in line with the goals of implementing the SIPENO application. However, improvements to the SIPENO application are still needed to facilitate easier creation of Task Assignment Letters.</p>2024-09-22T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JMPKP/article/view/5143Pengembangan Kampung Nelayan di Kawasan Wisata Kecamatan Teluk Segara2024-08-11T23:57:50+00:00Trierose Yossy moelandhayossymoelandhat@gmail.comSri Indartisriindarti@umb.ac.idTiti Darmititidarmi@umb.ac.id<p>Pola pembangunan Kota Bengkulu diarahkan pada pengembangan sektor pariwisata, terutama pariwisata berbasis kelautan dan perikanan. Potensi wilayah pesisir Samudera Indonesia sangat besar untuk pengembangan tersebut. Salah satu kawasan yang sedang dikembangkan adalah Kelurahan Malabero, Kecamatan Teluk Segara. Pesisir pantai menjadi sektor strategis untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama melalui pelestarian kebudayaan kampung nelayan. Pemerintah Kota Bengkulu telah berupaya menyediakan infrastruktur, seperti pintu masuk, shelter, tempat parkir, dan fasilitas penunjang lainnya untuk wisata pantai. Selain itu, penggerakan masyarakat dalam menjual kuliner laut dan hasil olahan ikan, seperti ikan giling tenggiri, turut memperkuat perekonomian lokal. Wisata sejarah dan alam di sekitar Kelurahan Malabero, seperti Benteng Malborough dan pemandangan matahari terbenam, juga menjadi daya tarik utama. Pengembangan wisata pesisir ini tidak hanya berfokus pada alam dan sejarah, tetapi juga pada pelatihan budaya untuk wisatawan. Kerjasama antara pemerintah dan masyarakat diperlukan untuk menjaga kelestarian dan mencapai pengembangan kampung nelayan sebagai kawasan wisata yang berkelanjutan.</p>2024-09-24T00:00:00+00:00Copyright (c) 2024 Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik (JMPKP)