Efektivitas Program Jemput Bola Terpadu sebagai Upaya Mempercepat Pelayanan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Padma Galuh Ascarya UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati UPN "Veteran" Jawa Timur

Keywords:

Efektivitas pelayanan, Jemput Bola Terpadu, Pelayanan publik

Abstract

Program Jemput bola Terpadu merupakan inovasi pelayanan publik yang dilakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo sebagai Upaya untuk dapat  mempercepat pelayanan yang dapat menjangkau seluruh masyarakat Kabupaten Sidoarjo mendapatkan pelayanan yang mudah dan cepat untuk mengurus kepemilikan dokumen kependudukan. Target dari program Jemput Bola Terpadu ini adalah seluruh desa yang berada di Kabupaten Sidoarjo, fokus utama dari program Jemput Bola Terpadu  ini adalah desa yang masih memiliki persentase rendah kepemilikan dokumen kependudukan. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menjelaskan objek sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan, Tipe penelitian ini menggunakan tipe deskriptif yang menunjukkan gambaran yang terjadi di lapangan berdasarkan fakta yang ada di lapangan.  Selain itu tujuan dari program Jemput Bola Terpadu yaitu untuk memberi pengetahuan tentang pentingnya mencatatkan peristiwa kependudukan. Dengan ini tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif program Jemput Bola Terpadu yang dianalisis menggunakan teori efektivitas milik Sutrisno yang meliputi a) Pemahaman program b) Tepat waktu c) Tepat sasaran d) Tercapainya tujuan e) Perubahan nyata.

References

Adlini, n. M., dinda, h. A., yulinda, s., chotimah, o., & merliyana, j. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. 6(1).

Andriani, r. (2018). Efektivitas program peningkatan produksi hasil peternakan di kecamatan pinggir kabupaten bengkalis. Jom fisip, vol 5.

Badan pusat statistik kabupaten sidoarjo. (2023). Luas wilayah kabupaten sidoarjo.

Bazarah, j., jubaidi, a., & hubaib, d. F. (2021). Konsep pelayanan publik di Indonesia (analisis literasi penyelenggaraan pelayanan publik di indonesia).

Darmi, Titi. ( 2016). Penerapan Prinsip Good Governance untuk Layanan public. Jurnal Administrasi Pembangunan. Volume 4, Nomor 2, Maret 2016. Pp. 87-156.

Irawani anis, j. U. , s. R. A. (2021). Efektivitas program pelayanan kolaborasi administrasi kependudukan di dinas kependudukan danpencatatan sipil kabupaten gowa.

Kusuma, mahendra. (2020). Implementasi undang–undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik di kelurahan sukabangun. Jurnal tri pantang.

Prasetijowati, t., kurniawan, a. B., & damayanti, n. A. (2024). Inovasi pelayanan akta kelahiran melalui website plavon dukcapil di dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten sidoarjo. Jipags (journal of indonesian public administration and governance studies), volume 8. Http://plavon.sidoarjokab.go.id/

Putra, s. Z., & martua, j. (2021). Tanggung jawab dinas kependudukan dan pencatatan sipil dalam pelaksanaan program e-ktp di kota tanjung bala. Jurnal tectum lppm , 1(3), 63–72. Https://doi.org/10.21787/jbp.05.2013.63-72

Rahayu, s. N., solihat, y., & priyanti, e. (2021). Efektivitas dinas tata ruang dan permukiman dalam program rehabilitasi rumah tidak layak huni kabupaten purwakarta (studi kasus rumah tidak layak huni di desa cibening kabupaten purwakarta). 8(1).

Shafiyah audy nazihah1, k. E. W. (2023). Program jemput bola terpadu dalam meningkatkan kualitas pelayanan pada dinas kependudukan kabupaten sidoarjo. Jurnal pengabdian masyarakat, 3(1), 4. Https://doi.org/10.52316/jap.v16i1.37

Sholich, k. (2023). Inovasi pelayananipublikimelalui aplikasiiipelayananiiviaionline (plavon dukcapil)oleh dinasikependudukan dan pencatatan sipil kabupatenisidoarjo. Jurnal publika, volume 11 nomor 3.

Suryantoro, b., & kusdyana, yan. (2020). Analisis kualitas pelayanan publik pada politeknik pelayaran surabaya. Jurnal baruna horizon, 3(2).

Susanto, j., & anggraini, z. (2019). Kualitas pelayanan publik pada kantor camat tabir ulu kabupaten merangin. Jurnal administrasi negara, 25(2).

Uu nomor 23 tahun 2006. (2006).

Wiranata, a. R., & kristhy, e. M. (2021). Undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik sebagai values of law atas pelayanan publik terhadap penyandang disabilitas. Https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/jkh

Downloads

Published

2024-09-01
Abstract viewed = 64 times