Efektivitas Pelayanan Via Online (Plavon) Surat Pindah Datang oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Dhae Pramestya Ningrum UPN "Veteran" Jawa Timur
  • Diana Hertati UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v6i2.6002

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Pelayanan Publik, Surat Pindah Datang

Abstract

Plavon merupakan website yang membantu pengurusan administrasi kependudukan secara online. Tujuan adanya program ini yaitu untuk memudahkan masyarakat untuk mengurus identitas kependudukan di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis efektivitas program pelayanan Surat Pindah Datang secara online menggunakan website Plavon Disdukcapil Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penelitian ini mengacu pada teori efektivitas yang terdiri dari 4 (empat) indikator yakni ketepatan sasaran program, sosialisasi program, pencapaian tujuan program, serta pemantauan program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelayanan Surat Pindah Datang secara online melalui website Plavon di Kabupaten Sidoarjo: 1) masyarakat antusias untuk mengajukan permohonan Surat Pindah Datang di Plavon. 2) Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo melalui sosial media dan juga di MPP Kabupaten Sidoarjo turut serta dalam menyebarkan informasi mengenai pelayanan Surat Pindah Datang secara Online melalui website Plavon. 3) masyarakat Kabupaten Sidoarjo dapat dengan mudah mengajukan Surat Pindah Datang secara online. 4) tim PIAK Dispendukcapil Kabupaten Sidoarjo telah melakukan pemantauan program Plavon Kabupaten Sidoarjo.

References

Artaya, I. P., & Purworusmiardi, T. (2019). Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi. Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Narotama Surabaya, April, 1–10. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.10157.95206

BPS, J. T. (2020). Statistik Migrasi Provinsi awa Timur Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020. Revista Brasileira de Linguística Aplicada, 5(1), 1689–1699. https://revistas.ufrj.br/index.php/rce/article/download/1659/1508%0Ahttp://hipatiapress.com/hpjournals/index.php/qre/article/view/1348%5Cnhttp://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09500799708666915%5Cnhttps://mckinseyonsociety.com/downloads/reports/Educa

BPS, S. (2022). Penduduk Menurut Kecamatan dan Jenis Kelamin (Jiwa), 2020-2022. Sidoarjokab.Bps.Go.Id. https://sidoarjokab.bps.go.id/indicator/12/59/1/penduduk-menurut-kecamatan-dan-jenis-kelamin.html

B.Sou, R. D. C. (2023). Implementasi Kebijakan Administrasi Kependudukan Pada Penertiban Surat Keterangan Pindah Datang Di Kota Ternate. 1–9.

Darmi, T. (2016). Penerapan Prinsip Good Governance Untuk Layanan Publik. Jurnal Administrasi Pembangunan, Vol 4, No 2. Pp. 97-102

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. (2021). Laporan Kinerja Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo Tahun 2021. 34. https://disdukcapil.sidoarjokab.go.id/data-kinerja/lakip-tahun-2021

Dukcapil. (2021). Komit Menuju Zona Hijau Penilaian Kepatuhan Ombudsman. Disdukcapil.Sidoarjokab.Go.Id. https://www.disdukcapil.sidoarjokab.go.id/berita/komit-menuju-zona-hijau-penilaian-kepatuhan-ombudsman

Dull, E., & Reinhardt, S. P. (2014). An analytic approach for discovery. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92).

Farhani, A., & Adnan, M. F. (2021). Efektivitas Pelayanan Dokumen Kependudukan Melalui Sistem Paduko. JESS (Journal of Education on Social Science), 5(1), 66. https://doi.org/10.24036/jess.v5i1.300

Kbarek, H. J. (2022). Pelayanan Penerbitan Surat Pindah Datang Di Dinas Kependudukan Dan Catata Sipil Kota Jayapura. 1–12.

Nafiatul, F. S., & Hendra, S. (2023). Efektivitas Pelayanan Via Online (Plavon) Dukcapil. Presstime, 4(11), 19.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur Dan Komunikasi Birokrasi Dalam Pelayanan Publik). Journal Artikel, 20.

Nurul Najidah dan Hesti Lestari. (2019). Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 8(2), 69–87.

Pahleviannur, M. R., Grave, A. De, Sinthania, D., Hafrida, L., Bano, V. O., & Saputra, D. N. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Pradina Pustaka.

Permatasari, A. (2020). Pelaksanaan Pelayanan Publik Yang Berkualitas. DECISION: Jurnal Administrasi Publik, 2(1), 51–56. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/decision/article/view/2382

Rachman, T. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Migrasi Penduduk Jawa Akibat Pertumbuhan Penduduk Yang Tinggi. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 10–27.

Rahayu Rosi, Kusrin, & Purnamasari Hanny. (2021). Program Keluarga Harapan Dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan Di Kecamatan Cibuaya Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 8(1), 2614–2945. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/view/5018

Tarantika, H. V., & Megawati, S. (2022). Evaluasi Layanan Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang (Klampid) Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Surabaya. Publika, 10(Evaluasi Layanan Kawin, Lahir, Mati, Pindah, Datang), 1123–1136. file:///C:/Users/GRAHA/Downloads/document (2).pdf

Trapsila, R. (2023). Efektivitas Penerbitan Kartu Identitas Anak Melalui Program Pelayanan Via Online (Plavon) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatam Sipil Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur.

Undang-undang. (2014). Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Administrasi Kependudukan. Kementerian Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 1–104. sc.syekhnurjati.ac.id/esscamp/aturan/APARATUR_SIPIL_NEGARA_(ASN).pdf%5Cn

Downloads

Published

2024-09-21
Abstract viewed = 33 times