Inovasi Program Goes To School pada SMK Trisakti Tulangan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Nanda Guritno Nurhaliza UPN 'Veteran' Jawa Timur
  • Diana Hertati UPN 'Veteran' Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v6i2.6001

Keywords:

Administrasi Kependudukan, Goes To School

Abstract

Inovasi program Goes To School (GTS) merupakan sebuah inovasi layanan administrasi kependudukan yang dibentuk oleh Dispendukcapil Kabupaten sidoarjo sebagai upaya percepatan pelayanan yang memprioritaskan masyarakat wajib KTP pemula berusia 16-17 tahun yang belum melakukan perekaman E-KTP. Inovasi Goes To School menargetkan sekolah pada tingkat SMA/SMK baik negeri maupun swasta demi memberikan pelayanan yang adil dan merata untuk seluruh sekolah yang berada dalam Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi tempat pelaksanaan penelitian adalah SMK Trisakti Tulangan, Pengumpulan data yang digunakan adalah dengan sumber data primer yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan sumber data sekunder meliputi buku dan jurnal terkait. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah inovasi Goes To School SMK Trisakti Tulangan dapat berpengaruh dalam memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan yang optimal yang dihungkan dengan teori faktor kesuksesan sebuah inovasi oleh Bugge dkk., yang terdiri dari 6 (enam) indikator yaitu: tata kelola dan inovasi, sumber ide untuk inovasi, budaya inovasi, kemampuan dan alat, tujuan, hasil, pendorong dan hambatan

References

Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo. (2023). Kabupaten Sidoarjo Dalam Angka 2023.

Darmi, Titi., & Iprianto. (2013). Budaya Organisasi, Kinerja Organisasi, dan Kinerja Aparatur. Jurnal Administrasi Pembangunan, Volume 2, Nomor 1. Pp. 7-11.

Darmi, T., (2018). Layanan Pembuatan IMB Berbasis Implementasi Kebijakan Dan Budaya Organisasi. Jurnal Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, Vol 6 (1). Pp. 1-14.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2021). Laporan Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tahun 2021.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (2022). Keputusan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. (2021). Review Rencana Strategis (RENSTRA).

Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. (2023). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Mal Pelayananan Publik Kabupaten Sidoarjo Melayani Seluruh Kecamatan di Sidoarjo.

Irianto, H., Ratnawati, S., & Hartin, J. (2022). Inovasi Layanan Kependudukan Dispendukcapil melalui Program Jemput Bola Terpadu di Kabupaten Sidoarjo (Vol. 9, Issue 2).

Ismail Nurdin. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik).

kartika, D. F. O. T. A. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Poedak (Pelayanan Online Pendaftaran Administrasi Kependudukan) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Gresik. Publika., vol 9.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia. (2012). Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. (2019). Indikator Ekonomi Kabupaten Sidoarjo.pdf.

Kependudukan Penduduk Rentan Pendataan dan Penerbitan Pencabutan, D. (2019). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2019. www.peraturan.go.id

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. (2020). Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (2022). Rencana Kerja Pemerintah Daerah Jatim 2022.

Peraturan Presiden Republik Indonesia. (2012).

Presiden Republik Indonesia. (2009). UU RI Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. www.bphn.go.id

Surya Putra, R., & Imanuari Pertiwi, V. (2023). Jemput Bola Terpadu Goes To School (Jbt Gts) Sebagai Inovasi Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan. https://doi.org/10.5281/zenodo.10081701

Downloads

Published

2014-09-01
Abstract viewed = 23 times