Efektivitas Program Bebas Kuota Internet di Kota Bontang

Authors

  • Ade Darmawan Universitas Mulawarman Samarinda
  • Bambang Irawan Universitas Mulawarman
  • Daryono Daryono Universitas Mulawarman Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v6i1.5539

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis progran bebas kuota di Kota Bontang serta untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penghambatnya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Kota Bontang. Fokus Penelitian mengacu pada ketepatan sasaran program, sosialisasi program, tujuan program, pemantauan program serta faktor penghambatnya. Data diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi, dianalisis menggunakan model analisis interaktif pada tahap reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian membuktikannya bahwa secara keseluruhan efektivitas program bebas kuota di Kota Bontang kurang efektif walaupun dalam ketepatan sasaran program pelaksanaannya sudah tepat sasaran dan efektif dalam menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat, namun dalam hal pemasangan lokasi hotspot belum sepenuhnya tepat sasaran dan efektif dikarenakan masih terdapat hotspot yang harus direlokasi. Kemudian dalam sosialisasi program belum efektif dengan menggunakan berbagai media. Selanjutnya pada tujuan program sudah efektif karena mampu mencapai tujuan yang diharapkan yaitu memberikan akses internet gratis bagi masyarakat di ruang publik. Kemudian dalam pemantauan program belum efektif baik secara fisik ke lapangan ketika ada gangguan maupun non fisik melalui Dashboard ISP. Adapun faktor penghambat program bebas kuota di Kota Bontang yaitu pemasangan dan pengelolaan hotspot belum optimal serta SDM masih terbatas.

References

Ayuh, E. T., Darmi, T., & Anwar, F. (2022). Communication Analysis of Assistance Family Property Programs to Improve The Independence of Beneficiary Families. Kolaborasi: Jurnal Administrasi Publik, 8(1), 18-34.

Budiani, N. W. (2007). Efektivitas program penanggulangan pengangguran karang taruna “eka taruna bhakti” desa sumerta kelod kecamatan denpasar timur kota denpasar. Jurnal Ekonomi Dan Sosial, 2(1), 49–57.

Kireina, N. F. (2017). Mesin parkir elektronik sebagai wujud dari smart city di kota bandung. JISPO Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 7(2), 63–80.

Lestari, N., & Syaimi, K. U. (2021). Efektivitas Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Pjok Kelas 5 Sdit Alfarabi Tanjung Selamat. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 4(1), 237–240.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook.

Moleong, L. J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..(2009). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi).

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Natal, K. M. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Mutasi Pegawai Dalam Rangka Pengembangan Karir Pegawai Negeri Sipil (Pns) Di Badan Kepegawaian Daerah (BKD).

Novelinda, S. (2019). Efektivitas Program Absen Finger Print Aparatur Sipil Negara (Studi Pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu). Jurnal Manajemen Publik dan Kebijakan Publik, 1(1), 42-50.

Pusanranmedia.com. (2022). Pemasangan WiFi Gratis, Pemkot Bontang Diminta Blokir Situs Judi Online. PusaranMedia.Com.

Rosalina, V., Sugiyani, Y., & Triayudi, A. (2014). Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer Dalam Konsep Membangun Serang Menuju Smart City.

PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 1.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Alfabeta Bandung.

Downloads

Published

2024-04-12
Abstract viewed = 40 times