Peran Badan Pendapatan Daerah dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Bengkulu Utara

Authors

  • ahmad aldo universitas muhammadiyah bengkulu
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yogi Alfiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Titi Darmi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v5i2.5160

Keywords:

Peran, Badan Pendapatan Daerah, Pajak Bumi dan Bangunan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang PeranBadan Pendapatan Daerah Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi Bangunan Di Kabupaten Bengkulu Utara. Dalam penelitian ini peran Badan Pendapatan Daerah  dalammenigkatkan penerimaan pajak bumi bangunan yaitu sebagai motivator,fasilitator, dan mobilisator. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data-data di dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari Indikator Motivator, Fasilitator, dan Mobilisator yang digunakan dalam penelitian ini menunjukan bahwa Peran Bapenda Dalam Meningkatkan Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Bengkulu Utara sudah berjalan dengan baik, Namun  masih rendahnya penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Bengkulu Utara dikarenakan masih kurangnya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak sehingga Bapenda perlu meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya Pajak Bumi dan Bangunan di Desa maupun Kecamatan.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adiwilaga, R., Alfian, Y., & Rusdia, U. (2018). Sistem Pemerintahan Indonesia. Deepublish.

Agusta, R. (2020). Peranan Penerimaan Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah Terhadap Pendapatan Asli Daerah Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bulukumba. Journal Of Applied Managerial Accounting, 4(1), 33–41. Https://Doi.Org/10.30871/Jama.V4i1.1909

Djaenuri, A., & Enceng, D. (2019). Sistem Pemerintahan Daerah. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Fauzan, A. R., Ulum, B., & Najib, K. (2019). Peran Kepala Desa Di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Dalam Pencapaian Target Pajak Bumi Dan Bangunan. UIN Sulthan Thaha Saifuddin.

Huberman, M., & Miles, M. B. (2002). The Qualitative Researcher’s Companion. Sage.

Tjokroamidjojo, B. (2002). Reformasi Nasional Penyelenggaraan Good Governance Dan Perwujudan Masyarakat Madani. Lembaga Administrasi Negara.

Windiarti, W., & Sofyan, M. (2018). Analisis Efektivitas Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Kota Depok. Jurnal Ilmiah Ekbank, 1(2).

Downloads

Published

2023-10-30
Abstract viewed = 70 times