Implementasi Kebijakan Pengelolaan Dana Desa

Authors

  • Ratih Rahayu Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Faizal Anwar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Kasman Prodi Teknik Informatika Institut Teknologi Pagaralam
  • Titi Darmi Administasi Publik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jmpkp.v5i1.4963

Abstract

Pengelolaan Dana Desa di Desa Karya Jaya, Kecamatan Marga Sakti, Kabupaten Bengkulu Utara menghadapi beberapa tantangan. Masalah yang teridentifikasi meliputi kurangnya transparansi dalam sosialisasi pengelolaan dana desa kepada masyarakat, pelaksanaan yang kurang efektif, pengawasan yang belum memadai, keterlambatan pencairan dana, dan dampak pandemi COVID 19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk memahami implementasi kebijakan pengelolaan dana desa di Desa Karya Jaya. Data penelitian diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan melakukan reduksi data, penyajian data, dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan pengelolaan dana desa di Desa Karya Jaya belum mencapai tingkat yang optimal. Salah satu masalah utama adalah kurangnya transparansi dalam sosialisasi pengelolaan dana desa kepada masyarakat, yang mengakibatkan partisipasi masyarakat yang rendah. Pelaksanaan kegiatan pengelolaan dana desa juga masih menghadapi kendala dalam hal efektivitas dan pengawasan yang memadai. Selain itu, keterlambatan pencairan dana menjadi masalah yang perlu ditangani. Hal ini disebabkan oleh lambatnya pelaporan pertanggungjawaban keuangan dan penyusunan rencana anggaran pembelanjaan desa (APBDes). Pandemi COVID-19 juga memberikan dampak signifikan terhadap pengelolaan dana desa, karena adanya kebijakan pembatasan sosial dan mobilitas masyarakat. Berdasarkan temuan ini, diperlukan upaya perbaikan dalam implementasi kebijakan pengelolaan dana desa di Desa Karya Jaya. Meningkatkan transparansi sosialisasi, efektivitas pelaksanaan kegiatan, pengawasan yang lebih baik, dan peningkatan aksesibilitas terhadap dana desa menjadi rekomendasi untuk mengatasi masalah yang ada.

References

Assa, C.M.D., Lapian, M. and Singkoh, F. (2020) ‘Efektivitas Penggunaan Dana Kelurahan Dalam Pembangunan Sarana dan Prasarana di Kelurahan Sendangan Kecamatan Kawangkan Kabupaten, Minahasa’, 2(5), pp. 1–12.

Azizah, Wahidatul. (2018). “Akuntabilitas Dan Transparansi Pengelolaan Dana Desa Andayani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.”

Bungin, B. (2007). Penelitian kualitatif: komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya (Vol. 2). Kencana.

Darmi, T.,.M. & Mujtahid, M. ( 2019). Peningkatan Kapasitas Kebijakan Dana Desa Dalam Mengentaskan Kemiskinan. Journal of Indonesian Public Administration and Governance Studies (JIPAGS). Vol 3, No 1. Pp. 547 – 566.

Darmi, T.,.M. & Mujtahid, M. ( 2021). Exploring Village Funds Management on The Perspective Capacity Village Apparatus’s of Bengkulu Province in 2018-2019. Journal of Governance and Public Policy. Vol 8 Nomor 3. Pp. 195-205.

Fa’airin A. (2021). “Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Gentan.”

Fahri, Lutfhi Nur. (2017). “Pengaruh Pelaksanaan Kebijakan Dana Desa Terhadap Manajemen Keuangan Desa Dalam Meningkatkan Efektivitas Program Pembangunan Desa.” Jurnal Publik, UNIV.GARUT 11(1): 75–88.

Hasman, Rasmah. 2015. “Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa Di Kecamatan Kinovaro Kabupaten Sigi.” Katalogis 3(11): 107–17. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/katalogis/article/view/6463.

Indiahono, Dwiyanto. (2017). Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. edisi ke-2. Gava Media.

Rini Hadiyanti. (2013). “Implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2003 Tentang Pedoman Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Kota.” eJournal Ilmu Pemerintahan 1(3): 985–97.

Nugroho,Riant.(2011).Public Policy.Jakarta:PT Elex Media Kaput indo

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta Bandung.

Winarno, Budi. (2014). Kebijakan Publik Teori, Proses, Dan Studi Kasus. Cetakan ke. Yogyakarta CAPS.

Wahyudi. A & Palupi. L.S. (2022). “Refokusing Anggaran Dana Desa AkibatKebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Di DesaBojong, Kecamatan Tenjo, Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6(Idm): 1438–50.

Downloads

Published

2023-04-30
Abstract viewed = 98 times