Deprecated: Using php-function "date" as a modifier is deprecated and will be removed in a future release. Use Smarty::registerPlugin to explicitly register a custom modifier. in /www/wwwroot/gas3kglangka.umb.ac.id/ojsumb/lib/pkp/lib/vendor/smarty/smarty/libs/sysplugins/smarty_internal_compile_private_modifier.php on line 114

Deprecated: Using php-function "date" as a modifier is deprecated and will be removed in a future release. Use Smarty::registerPlugin to explicitly register a custom modifier. in /www/wwwroot/gas3kglangka.umb.ac.id/ojsumb/lib/pkp/lib/vendor/smarty/smarty/libs/sysplugins/smarty_internal_compile_private_modifier.php on line 114
Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA <p> Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu, jurnal ini akan diterbitkan 3 kali setahun dengan rentang waktu Januari-April, Mei-Agustus dan September-Desember. Jurnal diterbitkan pertama Bulan November tahun 2021. Jurnal Ini memuat artikel-artikel mahasiswa tentang pengabdian pada masyarakat yang merupakan luaran dari KKN maupun pengabdian Dosen selaku Dosen pembimbing Lapangan yang mencakup semua bidang keilmuan.</p> en-US aanzulyanto@gmail.com (Aan Zulyanto) adewahyurahmanzah@gmail.com (Ade Wahyu Rahmanzah) Mon, 01 Dec 2025 14:29:10 +0800 OJS 3.3.0.21 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN METODE JARIMATIKA https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9263 <p>Kegiatan ini berangkat dari permasalahan rendahnya antusiasme belajar siswa kelas IV terhadap mata pelajaran Matematika di SDN 84 Kota Bengkulu. Tujuan dari Kegiatan ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Subjek Kegiatan melibatkan 26 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui sosialisasi metode pembelajaran inovatif kepada guru serta siswa. Jenis Kegiatan ini menggunakan desain Kegiatan Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas belajar serta tes awal keterampilan berhitung. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa tingkat minat belajar sebelum penerapan metode jarimatika berada pada kategori rendah (45,60%). Setelah tindakan, minat belajar meningkat menjadi 72,30% dengan kategori tinggi.</p> Rafina Eka Putri, Rizki, Masri, Ristontowi Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9263 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0800 EDUKASI MENABUNG, PENCATATAN TABUNGAN SEDERHANA, DAN PEMBUATAN TABUNGAN DARI BAHAN BEKAS DI SDN 38 TANAH PATAH https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9199 <p>Kemampuan mengelola keuangan bukan hanya kebutuhan orang dewasa, tetapi juga keterampilan dasar yang sebaiknya diperkenalkan sejak usia dini. Artikel ini mengangkat pengalaman pelaksanaan program edukasi menabung, pencatatan tabungan sederhana, dan pembuatan tabungan dari bahan bekas di SDN 38 Tanah Patah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.setelah observasi banyak anak- anak yang belum memulai membiasakan diri untuk menabung kami melakukan edukasi Program tabungan dilakukan dengan mekanisme sederhana: siswa menyisihkan uang dalam jumlah kecil, dicatat dalam buku tabungan, dan dihitung secara berkala. Selain itu, siswa juga diajak membuat celengan dari botol bekas sebagai media belajar kreatif dan ramah lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil menumbuhkan kebiasaan menabung, melatih keterampilan pencatatan, serta meningkatkan motivasi finansial dan kepedulian lingkungan. Dukungan guru dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan. Artikel ini menegaskan bahwa praktik sederhana di sekolah dasar dapat membentuk perilaku finansial sejak dini sekaligus menanamkan nilai kreatif dan berkelanjutan.</p> Yuliana, Rina Yuniarti, Hernadianto, Ratna Wili Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9199 Mon, 01 Dec 2025 00:00:00 +0800 PENDAMPINGAN MARKETING DIGITAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL PADA USAHA RIKI MEBEL https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9219 <p>Media sosial sudah jadi kebutuhan penting bagi hampir semua jenis bisnis. Bukan lagi sekadar tren yang bisa diikuti atau tidak, melainkan benar-benar sarana yang bisa membuka peluang besar. Sayangnya, masih ada sebagian kalangan, terutama dari generasi tertentu, yang belum terbiasa memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan keuntungan. Karena itu, pendampingan yang lebih intensif sangat dibutuhkan agar masalah ini bisa diatasi. Artikel ini berfokus pada bagaimana memanfaatkan peluang dari Instagram dan Facebook sebagai media berbisnis bagi para pelaku UMKM di Kota Bengkulu. Harapannya, melalui arahan dan pendampingan yang diberikan, hasil yang dicapai bisa sesuai dengan target dan membawa manfaat nyata. Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari program KKN, yang tujuannya adalah mengabdikan diri kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Dengan begitu, program ini bisa memberi kontribusi nyata, berdampak positif, sekaligus menjadi bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.</p> Muhammad Ihsan Iqbal, Rakes Savitra, Stevani Agustina, Adi Sismanto , Noveriyanto Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9219 Tue, 02 Dec 2025 00:00:00 +0800 SIMULASI TOKO MINI SEBAGAI MEDIA EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA/I SDN 07 KOTA BENGKULU DALAM PROGRAM KKN MAHASISWA MANAJEMEN https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9218 <p>Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dirancang untuk menghubungkan wawasan akademik dengan pengalaman praktik. Melalui program <em>Simulasi Toko Mini</em> di SDN 07 Kota Bengkulu, mahasiswa berusaha menanamkan pemahaman literasi ekonomi sekaligus menumbuhkan sikap kewirausahaan sejak usia dini dengan melibatkan siswa kelas V dalam kegiatan transaksi sederhana. Pada praktik ini, siswa diberi kesempatan memainkan peran sebagai penjual, pembeli, dan kasir sehingga mereka dapat mengenali proses jual beli sekaligus melatih kemampuan berhitung. Selain itu, kegiatan ini menekankan nilai-nilai penting seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, serta kerja sama yang erat kaitannya dengan dunia bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme tinggi, lebih mudah memahami materi, serta mampu mengasah keterampilan sosial yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mahasiswa, program ini menjadi sarana penerapan ilmu manajemen sekaligus memperkuat fungsi sosial dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, <em>simulasi toko mini</em> dapat dipandang sebagai metode pembelajaran kewirausahaan yang efektif, kontekstual, dan menyenangkan, serta berkontribusi terhadap penguatan literasi ekonomi baik bagi siswa maupun mahasiswa.</p> Nopriadi, Reni Indriani, Tezar Arianto, Khairul Bahrun , Solehan Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9218 Tue, 02 Dec 2025 00:00:00 +0800 SOSIALISASI MANAJEMEN WAKTU DAN KEUANGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SD NEGERI 8 BENGKULU SELATAN https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9210 <p>Sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan keuangan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 8 Bengkulu Selatan. Sosialisasi dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan kuis untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya pengelolaan waktu dan keuangan. Metode ceramah menyampaikan informasi dasar dan konsep dasar, sementara sesi tanya jawab dan kuis direncanakan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan memperkuat pemahaman mereka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah mengikuti sosialisasi. Siswa yang memahami cara ,mengelola waktu dan keuangan menunjukan sikap lebih disiplin dan bertanggung jawab, dan berdampak positif pada prestasi akademik mereka. Sosialisasi ini menegaskan penggunaan metode pendekatan interaktif, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga motivasi mereka untuk belajar lebih baik dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan. Dengan demikian, sosialisasi manajemen waktu dan keuangan dapat menjadi alat yang efektig untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.</p> Fadilatunnisa, Selvi Riwayati Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9210 Wed, 03 Dec 2025 00:00:00 +0800 PUISI SEBAGAI MEDIA EDUKASI PENANGGGULANGAN SAMPAH https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9202 <p>Permasalahan sampah di lingkungan sekolah dasar masih menjadi tantangan yang perlu diatasi dengan pendekatan kreatif dan edukatif. Kegiatan pengabdian ini bertujuan meningkatkan kesadaran siswa SD 53 Kota Bengkulu terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan melalui media sastra, khususnya puisi. Metode pelaksanaan dilakukan secara partisipatif dengan tahapan: pemberian edukasi singkat mengenai jenis dan dampak sampah, pembacaan puisi bertema lingkungan oleh guru, serta pembacaan puisi secara bergiliran oleh siswa. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa kelas VI antusias mengikuti proses, mulai dari menyimak materi hingga berpartisipasi dalam pembacaan puisi. Selain meningkatkan keterampilan berbahasa, kegiatan ini juga menumbuhkan rasa percaya diri, kemampuan berekspresi, serta kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian, puisi terbukti dapat menjadi media efektif dalam mendukung pendidikan lingkungan sekaligus memperkuat pembelajaran kontekstual di sekolah dasar. Program pengabdian ini diharapkan menjadi inspirasi bagi guru dan sekolah lain untuk mengintegrasikan kreativitas bahasa dan sastra dalam menanamkan nilai peduli lingkungan sejak dini.</p> Delya Aprilina, Nyayu Masyita Ariani, Elyusra, Desventri Etmy Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9202 Tue, 09 Dec 2025 00:00:00 +0800 MENINGKATKAN KESADARAN ANTI-BULLYING PADA SISWA SD MUHAMMADIYAH 01 KOTA BENGKULU https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9200 <p>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 01 Kota Bengkulu dengan tujuan utama meningkatkan kesadaran siswa terhadap bahaya bullying serta membangun sikap empati, solidaritas, dan rasa saling menghargai sejak dini. Fenomena bullying, meskipun sering kali dianggap ringan, namun terbukti memiliki dampak serius terhadap kondisi psikologis, sosial, dan akademik anak. Hasil observasi awal menunjukkan adanya perilaku mengejek, meremehkan, dan mengucilkan teman sebaya di sekolah. Walaupun belum berkembang menjadi kekerasan fisik, kondisi ini penting segera diatasi agar tidak menimbulkan perundungan yang lebih berat. Metode kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu koordinasi dengan pihak sekolah, observasi awal terhadap siswa, penyampaian materi edukatif dengan media poster dan video, diskusi interaktif, simulasi atau role play sebagai praktik pembelajaran. Seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari siswa dan dukungan penuh guru. Hasilnya, siswa lebih memahami pengertian, bentuk, serta dampak bullying, dan mulai menunjukkan perubahan sikap dalam berinteraksi sehari-hari. Guru juga semakin peka dalam mendeteksi gejala bullying serta berkomitmen melakukan pendampingan berkelanjutan. kegiatan ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa, tetapi juga menumbuhkan budaya sekolah yang ramah anak dan bebas bullying. Sebagai tindak lanjut, penulis menyarankan sekolah dapat membentuk kelompok Duta Anti-Bullying yang bertugas sebagai agen perubahan di sekolah.</p> Fahri Nurozak Alfazari, Bayu Sutejo, Rizki Fadilah, Iis Suryani Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9200 Tue, 09 Dec 2025 00:00:00 +0800 SOSIALISASI STOP BULLYING PADA ANAK KELAS 4 SD NEGERI 53 BENGKULU SELATAN https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9179 <p>Bullying mengacu pada penggunaan agresi fisik atau verbal secara terus-menerus oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap orang yang rentan. Tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk mengintimidasi atau mengancam orang lain juga diklasifikasikan sebagai perundungan. Anak-anak yang pendiam dan sulit bergaul di lingkungan bermainnya adalah mereka yang diintimidasi. Sasaran Bullying adalah anak-anak sulit bergaul dan pendiam di lingkungan bermainnya. Bullying pada anak sekolah dasar (SD) merupakan fenomena serius dan mempunyai dampak jangka panjang yang signifikan. Bullying tidak hanya berdampak pada kesejahteraan psikologis dan emosional anak, namun juga dapat mengangu proses belajar mengajar di lingkungan sekolahMetode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Sosialisasi Stop Bullying di SD Negeri 53 Bengkulu Selatan. Berdasarkan hasil sosialisasi ini, siswa dapat memahami tentang apa itu bullying, jenis-jenis bullying, dampak negatif bullying dan aturan hukum yang mengatur bullying. Selain itu, melalui penyuluhan ini juga difokuskan pada pencegahan bullying di sekolah.</p> Erliya Ramayana, Andri Kusuma Wijaya, Ferasinta, Mardiah Syofiana, Risnanosanti Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9179 Sun, 21 Dec 2025 00:00:00 +0800 PENGEMBANGAN WEBSITE MANAJEMEN BANK SAMPAH SEBAGAI INOVASI DIGITAL DALAM PROGRAM KKN https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9176 <p>Program Bank Sampah di Kota Bengkulu adalah gerakan yang diinisiasi oleh pemerintah kota untuk mewajibkan setiap kelurahan memiliki bank sampah guna mengelola sampah secara berkelanjutan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memilah sampah serta membuka peluang ekonomi melalui pengelolaan sampah yang tepat. Dalam mendukung program tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bengkulu melakukan pengembangan website Bank Sampah di Kelurahan Bajak. Website ini dirancang untuk mempermudah pengelolaan administrasi, pencatatan transaksi, dan pengelolaan data nasabah bank sampah secara digital. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara dengan pengurus bank sampah, serta pengembangan sistem berbasis web. Hasil dari kegiatan ini adalah sebuah platform digital yang dapat membantu efisiensi operasional bank sampah dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan pengelolaan sampah. Website ini diharapkan menjadi salah satu solusi digitalisasi pengelolaan sampah di tingkat kelurahan.</p> Ilham Pratama, Chynthia Nurmansah Putri, Yulia Damii Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9176 Mon, 22 Dec 2025 00:00:00 +0800 AYO CUCI TANGAN! EDUKASI SEHAT UNTUK MEMBANGUN KEBIASAAN BERSIH SEJAK DINI DI SD 41 KOTA BENGKULU https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9216 <p>Kesehatan anak usia sekolah dasar sangat dipengaruhi oleh kebiasaan perilaku hidup bersih, salah satunya adalah mencuci tangan dengan sabun. Namun, masih banyak siswa yang belum membiasakan diri melakukan cuci tangan dengan benar sehingga berisiko terhadap penularan penyakit menular. Permasalahan ini mendorong dilaksanakannya kegiatan edukasi di SD 41 Kota Bengkulu pada kelas 4A melalui pendekatan interaktif, demonstrasi, dan praktik langsung enam langkah mencuci tangan sesuai standar WHO. Metode kegiatan meliputi penyuluhan, simulasi praktik, permainan edukatif, serta evaluasi melalui pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kesadaran siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan, ditandai dengan perubahan perilaku yang lebih disiplin dalam mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain, dan setelah dari toilet. Guru turut berperan aktif sehingga pesan kesehatan lebih mudah diterapkan secara berkelanjutan. Kegiatan ini tidak hanya memberi dampak positif di sekolah, tetapi juga terbawa ke lingkungan keluarga dan masyarakat. Dengan demikian, edukasi sederhana ini terbukti efektif dalam membangun kebiasaan hidup bersih sejak dini, meskipun masih diperlukan penambahan fasilitas cuci tangan dan pengawasan berkelanjutan agar kebiasaan tersebut dapat dipertahankan. Hasil evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan capaian peserta setelah mengikuti program. Sebelum kegiatan dilaksanakan, rata-rata skor peserta berada pada angka 5,1 dengan skor terendah 4,0 dan skor tertinggi 6,0. Setelah program selesai, rata-rata skor meningkat menjadi 9,0, dengan skor terendah 8,0 dan skor tertinggi mencapai 10,0. Dengan demikian, terdapat selisih rata-rata sebesar 3,9 poin atau peningkatan sebesar 76%.</p> Dwi Salsabilla, Surya Ade Saputra , Lussyefrida Yanti, Ferasinta, Andri Kusuma Wijaya Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9216 Mon, 22 Dec 2025 00:00:00 +0800 SOSIALISASI PENCEGAHAN BULLYING DAN CYBER BULLYING DI SDN 38 KOTA BENGKULU https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9175 <p>Bullying dan cyber bullying adalah masalah yang serius yang memberikan dampak negatif terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan akademik para siswa di sekolah dasar. Untuk mengantisipasi hal tersebut, dilakukan program sosialisasi pencegahan bullying di SDN 38 Kota Bengkulu, khususnya pada siswa kelas V B, dengan tujuan meningkatkan pemahaman, kesadaran, serta sikap saling menghargai antar siswa. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2025 dengan melibatkan tim KKN, guru pendamping, dan kepala sekolah, terdapat tiga langkah pokok yang terdiri dari persiapan, pelaksanaan, serta penilaian. Metode yang diterapkan mengedepankan pendekatan partisipatif, meliputi presentasi interaktif, pemutaran video animasi edukatif dari YouTube dan diskusi kelompok, edukasi perilaku bullying melalui simulasi langsung, serta refleksi pribadi dengan media gambar tubuh dari Canva. Evaluasi dilakukan melalui observasi keterlibatan siswa, catatan refleksi pribadi, dan wawancara singkat dengan guru kelas. Hasil kegiatan menunjukkan adanya Pengembangan wawasan siswa tentang jenis-jenis bullying, dampak yang ditimbulkan, dan cara pencegahannya. Siswa juga lebih berani mengungkapkan pengalaman pribadi, terutama dalam bentuk ejekan, dan mulai menunjukkan perubahan sikap dalam berinteraksi sehari-hari. Dengan demikian, sosialisasi ini terbukti efektif dalam membangun kesadaran kolektif dan diharapkan ini dapat menjadi langkah pertama untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman, bersahabat, dan bebas dari tindakan bullying.</p> Rindy Balincha, Imelia Okta Rama Yanti, Muntahanah Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9175 Mon, 22 Dec 2025 00:00:00 +0800 PENTINGNYA MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP NEGERI 21 DENGAN BELAJAR PUBLIC SPEAKING DI KELURAHAN PANORAMA KECAMATAN SINGARANPATI KOTA BENGKULU https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9174 <p>Tujuan&nbsp; ini yakni meningkatkan rasa percaya diri siswa dengan belajar publicc speaking. Metode yang digunakan adalah pengabdian masyarakat dengan perencanaan pembelajaran melalui tiga tahap pendahuluan, inti dan penutup. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa melaksanakan pembelajaran public speaking.&nbsp; pembelajaran terdiri dari tiga tahap yakni pendahuluan berupa awal pembelajaran dengan cara memberikan salam, menanyakan keadaan dan absensi. Pada&nbsp; inti, mahasiswa KKN menyampaikan materi public speaking kepada siswa dengan berbagai metode dan media. Terakhir mahasiswa menutup&nbsp; dengan menyimpulkan materi dan mengevaluasi belajar siswa. Kemudian mahasiswa KKN meminta siswa untuk membuat pidato singkat. Terlihat pada program&nbsp; ini berjalan baik yakni siswa yang antusias untuk belajar dan mampu menanamkan rasa percaya diri akan kemampuan berbicara.</p> Wita Rahmadanti, Nasral, Hasmi Suyuthi, Dian Susyla Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9174 Tue, 23 Dec 2025 00:00:00 +0800