https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/issue/feed Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) 2025-12-03T17:57:37+08:00 Aan Zulyanto aanzulyanto@gmail.com Open Journal Systems <p> Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) merupakan jurnal yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Bengkulu, jurnal ini akan diterbitkan 3 kali setahun dengan rentang waktu Januari-April, Mei-Agustus dan September-Desember. Jurnal diterbitkan pertama Bulan November tahun 2021. Jurnal Ini memuat artikel-artikel mahasiswa tentang pengabdian pada masyarakat yang merupakan luaran dari KKN maupun pengabdian Dosen selaku Dosen pembimbing Lapangan yang mencakup semua bidang keilmuan.</p> https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9263 UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DENGAN METODE JARIMATIKA 2025-12-01T14:17:26+08:00 Rafina Eka Putri inafot.12@gmail.com Rizki Rizkydarwan@umb.ac.id Masri masritan@gmail.com Ristontowi masritan@gmail.com <p>Kegiatan ini berangkat dari permasalahan rendahnya antusiasme belajar siswa kelas IV terhadap mata pelajaran Matematika di SDN 84 Kota Bengkulu. Tujuan dari Kegiatan ini adalah mendeskripsikan penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan. Subjek Kegiatan melibatkan 26 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Kegiatan dilakukan bersamaan dengan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) melalui sosialisasi metode pembelajaran inovatif kepada guru serta siswa. Jenis Kegiatan ini menggunakan desain Kegiatan Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi aktivitas belajar serta tes awal keterampilan berhitung. Hasil Kegiatan menunjukkan bahwa tingkat minat belajar sebelum penerapan metode jarimatika berada pada kategori rendah (45,60%). Setelah tindakan, minat belajar meningkat menjadi 72,30% dengan kategori tinggi.</p> 2025-12-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9199 EDUKASI MENABUNG, PENCATATAN TABUNGAN SEDERHANA, DAN PEMBUATAN TABUNGAN DARI BAHAN BEKAS DI SDN 38 TANAH PATAH 2025-12-01T14:24:20+08:00 Yuliana yuliana5678956789@gmail.com Rina Yuniarti rinayuniarti@gmail.com Hernadianto hernadianto@gmail.com Ratna Wili rinayuniarti@gmail.com <p>Kemampuan mengelola keuangan bukan hanya kebutuhan orang dewasa, tetapi juga keterampilan dasar yang sebaiknya diperkenalkan sejak usia dini. Artikel ini mengangkat pengalaman pelaksanaan program edukasi menabung, pencatatan tabungan sederhana, dan pembuatan tabungan dari bahan bekas di SDN 38 Tanah Patah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi.setelah observasi banyak anak- anak yang belum memulai membiasakan diri untuk menabung kami melakukan edukasi Program tabungan dilakukan dengan mekanisme sederhana: siswa menyisihkan uang dalam jumlah kecil, dicatat dalam buku tabungan, dan dihitung secara berkala. Selain itu, siswa juga diajak membuat celengan dari botol bekas sebagai media belajar kreatif dan ramah lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa program ini berhasil menumbuhkan kebiasaan menabung, melatih keterampilan pencatatan, serta meningkatkan motivasi finansial dan kepedulian lingkungan. Dukungan guru dan orang tua menjadi faktor kunci keberhasilan. Artikel ini menegaskan bahwa praktik sederhana di sekolah dasar dapat membentuk perilaku finansial sejak dini sekaligus menanamkan nilai kreatif dan berkelanjutan.</p> 2025-12-01T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9219 PENDAMPINGAN MARKETING DIGITAL DENGAN PEMANFAATAN MEDIA SOCIAL PADA USAHA RIKI MEBEL 2025-12-02T17:30:04+08:00 Muhammad Ihsan Iqbal Mihsaniqball@gmail.com Rakes Savitra savitrarakes@gmail.com Stevani Agustina stevaniagustina1227@gmail.com Adi Sismanto adisismanto@umb.ac.id Noveriyanto adisismanto@umb.ac.id <p>Media sosial sudah jadi kebutuhan penting bagi hampir semua jenis bisnis. Bukan lagi sekadar tren yang bisa diikuti atau tidak, melainkan benar-benar sarana yang bisa membuka peluang besar. Sayangnya, masih ada sebagian kalangan, terutama dari generasi tertentu, yang belum terbiasa memanfaatkan media sosial untuk menghasilkan keuntungan. Karena itu, pendampingan yang lebih intensif sangat dibutuhkan agar masalah ini bisa diatasi. Artikel ini berfokus pada bagaimana memanfaatkan peluang dari Instagram dan Facebook sebagai media berbisnis bagi para pelaku UMKM di Kota Bengkulu. Harapannya, melalui arahan dan pendampingan yang diberikan, hasil yang dicapai bisa sesuai dengan target dan membawa manfaat nyata. Kegiatan ini sendiri merupakan bagian dari program KKN, yang tujuannya adalah mengabdikan diri kepada masyarakat dengan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari. Dengan begitu, program ini bisa memberi kontribusi nyata, berdampak positif, sekaligus menjadi bentuk kepedulian terhadap masyarakat sekitar.</p> 2025-12-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9218 SIMULASI TOKO MINI SEBAGAI MEDIA EDUKASI KEWIRAUSAHAAN BAGI SISWA/I SDN 07 KOTA BENGKULU DALAM PROGRAM KKN MAHASISWA MANAJEMEN 2025-12-02T17:37:39+08:00 Nopriadi nopriadi31120@gmail.com Reni Indriani reniindriani@umb.ac.id Tezar Arianto tezar.arianto7@gmail.com Khairul Bahrun khairulbahrun@umb.ac.id Solehan khairulbahrun@umb.ac.id <p>Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat yang dirancang untuk menghubungkan wawasan akademik dengan pengalaman praktik. Melalui program <em>Simulasi Toko Mini</em> di SDN 07 Kota Bengkulu, mahasiswa berusaha menanamkan pemahaman literasi ekonomi sekaligus menumbuhkan sikap kewirausahaan sejak usia dini dengan melibatkan siswa kelas V dalam kegiatan transaksi sederhana. Pada praktik ini, siswa diberi kesempatan memainkan peran sebagai penjual, pembeli, dan kasir sehingga mereka dapat mengenali proses jual beli sekaligus melatih kemampuan berhitung. Selain itu, kegiatan ini menekankan nilai-nilai penting seperti kejujuran, tanggung jawab, kedisiplinan, serta kerja sama yang erat kaitannya dengan dunia bisnis. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa menunjukkan antusiasme tinggi, lebih mudah memahami materi, serta mampu mengasah keterampilan sosial yang berguna dalam kehidupan sehari-hari. Bagi mahasiswa, program ini menjadi sarana penerapan ilmu manajemen sekaligus memperkuat fungsi sosial dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dengan demikian, <em>simulasi toko mini</em> dapat dipandang sebagai metode pembelajaran kewirausahaan yang efektif, kontekstual, dan menyenangkan, serta berkontribusi terhadap penguatan literasi ekonomi baik bagi siswa maupun mahasiswa.</p> 2025-12-02T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA) https://jurnal.umb.ac.id/index.php/JIMAKUKERTA/article/view/9210 SOSIALISASI MANAJEMEN WAKTU DAN KEUANGAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 6 SD NEGERI 8 BENGKULU SELATAN 2025-12-03T17:57:37+08:00 Fadilatunnisa fadilatunisa@gmail.com Selvi Riwayati riwayatselvi@gmail.com <p>Sosialisasi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen waktu dan keuangan terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di SD Negeri 8 Bengkulu Selatan. Sosialisasi dilakukan melalui metode ceramah, tanya jawab, dan kuis untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya pengelolaan waktu dan keuangan. Metode ceramah menyampaikan informasi dasar dan konsep dasar, sementara sesi tanya jawab dan kuis direncanakan untuk meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan memperkuat pemahaman mereka. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam motivasi belajar siswa setelah mengikuti sosialisasi. Siswa yang memahami cara ,mengelola waktu dan keuangan menunjukan sikap lebih disiplin dan bertanggung jawab, dan berdampak positif pada prestasi akademik mereka. Sosialisasi ini menegaskan penggunaan metode pendekatan interaktif, yang tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa tetapi juga motivasi mereka untuk belajar lebih baik dan membantu mereka mempersiapkan diri untuk tantangan di masa depan. Dengan demikian, sosialisasi manajemen waktu dan keuangan dapat menjadi alat yang efektig untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di sekolah.</p> 2025-12-03T00:00:00+08:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (JIMAKUKERTA)