PENDAMPINGAN BELAJAR AKTIF ANAK TPQ DI KELURAHAN SANDUBAYA SELONG

Authors

  • Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nuraini Universitas Muhammadiyah Mataram

Keywords:

pendampingan belajar aktif, TPQ, motivasi belajar, membaca Al-Qur’an

Abstract

Pendampingan belajar aktif anak TPQ bertujuan meningkatkan partisipasi, motivasi, dan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Kelurahan Sandubaya Selong, Lombok Timur. Kegiatan pengabdian dilaksanakan pada 24 Juli 2025 oleh delapan mahasiswa KKN-DIK Universitas Muhammadiyah Mataram dengan metode sosialisasi dan praktik langsung melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pelaksanaan meliputi persiapan modul dan media pembelajaran, penerapan metode belajar aktif melalui ice-breaking, latihan membaca dan menulis huruf hijaiyah, tanya jawab, serta bimbingan individual bagi anak yang membutuhkan. Guru TPQ dan orang tua dilibatkan untuk mendukung proses belajar di TPQ maupun di rumah. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan partisipasi, motivasi belajar, kemampuan membaca Al-Qur’an, dan pemahaman materi agama anak. Observasi dan wawancara juga menegaskan perubahan positif dalam sikap dan kedisiplinan anak. Program ini terbukti efektif, sehingga disarankan untuk diterapkan berkelanjutan dengan media pembelajaran tambahan dan pelatihan guru TPQ.

References

AFANDI, A. U., NUROHMAN, M. A., & KURNIAWAN, W. (2024). Pendidikan Berbasis Al-Qur’an Sebagai Fondasi Pembentukan Karakter Anak Di Tpq Cahaya Ilmu Bekasi. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 4(2), 75–87. https://doi.org/10.51878/action.v4i2.4220

Aliwar. (2016). Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan agar anak dapat terlibat secara optimal dalam proses belajar di TPQ. Al-Ta’dib, 9(1), 21–36.

Antara, K., Orang, D., Dan, T. U. A., Anak, B., & Pendidikan, P. (2025). Jurnal dinamika sosial dan sains. 389–395.

Cahyono, H. (2022). PENDAMPINGAN MODERNISASI KURIKULUM TAMAN PENDIDIKAN AL- QUR ’ AN ( TPQ ) MASJID MASJID NURUL IMAN Masjid Nurul Iman Tejoagung Kecamatan Metro Timur Kota Metro merupakan masjid yang memiliki posisi strategis yakni diantara 5 persimpangan jalan dan berada d. 6(2), 306–313.

Fadlillah, F. (2024). Peran Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an pada Santri di TPQ Mubarok Kampung Surabayan. JIEP : Journal of Islamic Education and Pedagogy, 1(02), 115–122. https://doi.org/10.62097/jiep.v1i02.1976

Irwan Jayadi, Ni Luh Tania Putri Wijaya, Helena Damayanti Insani, Andi Cahyuni Candrawati, Ines Kurnila Sari, Sukmawati, Fridallyn Marischa Justine Mebe, Misfalatun, Ni Wayan Putri Widnyani, Nuri Aldhila Maqother, Isti Fardila Aeni, Nisa Zuliyana Afriani, Renita Maeta Safwan, Dimas Yanuar Perdana, & Nuriadi. (2022). Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Bimibingan Belajar dengan Metode Pembelajaran AKSI (Aktif, Kreatif, Santai dan Inovatif) di Desa Selengen. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1), 58–63. https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1289

Kaltsum, S. N., Alfarizi, M., Novitasari, I., & Al-Faqih, A. S. (2024). Pemberdayaan Anak-Anak Taman Pendidikan Al-Quran melalui Kegiatan Ekstrakurikuler dan Les di TPQ As-Salam Ngablak Lor Magelang. Khidmatuna Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v5i1.3254

Khafifah, N., Hasmiati, H., & Heriyanti, A. (2024). eran Guru dan Orang Tua dalam Membangun Motivasi Belajar PPeserta Didik di SDN 24 Biringere Kabupaten Sinjai. Pedagogy: Journal of Multidisciplinary Education, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.61220/pedagogy.v1i1.246

Khoir, M. A., Yanti, S. H., & Septiani, R. (2022). Permasalahan tersebut semakin mendesak untuk diatasi mengingat peran TPQ yang vital dalam membentuk generasi Qur’ani. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(3), 937–946. https://doi.org/10.54082/jamsi.338

Laila, D. A., & Salahudin, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 100–112. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44064

Latif, A., Rodhi, M., Hapsari, N., Rahmadani, Z., Durrotunnisa, D., & Wulandari, E. (2025). Pendampingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di TPQ Nurussalam Dusun Gamol Salatiga. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i3.5354

Liana, P., & Sahri. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an sebagai Sarana Pembentukan Karakter Anak di Desa Semawot. Progress: Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim Semarang, 8(2), 164–181.

Miftahus Sa’adah, S. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak-Anak Melalui Program Metode Iqro Terstruktur Dan Gamifikasi. SEKAR: Indonesian Journal of Community Engagement, 1(1), 23–31. https://press.kuninstitute.id/index.php/sekar

Nasaruddin, N., Ilham, I., Nurdiniawati, N., & Alimudin, A. (2024). Pendampingan Dan Peran Tpq Untuk Meningkatkan Baca Al-Qur’an Di Dusun Soro Bali Desa Karampi. Taroa: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 29–41. https://doi.org/10.52266/taroa.v3i1.2522

Nurhaliza, S., Parni, & Putri, H. (2024). Peran Remaja Masjid Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Taman Pendidikan Al-Qur ’ an ( Tpq ) Di Desa Tebing Batu. 1(3), 102–118.

Razaq, J. A. (2025). Penerapan Pembelajaran Berbasis Konvensional Dengan Teknologi Informasi Pada Tpq Raudhatul ’Ulum Manyaran Kota Semarang. Jurnal Pengabdian Masyarakat INTIMAS, 5(1), 66–75.

Published

2025-08-15

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 5 No 2 2025
Abstract viewed = 0 times