PENGUATAN KEPERDULIAN MALALUI PROGRAM BAKTI SOSIAL DI SMA MBS SELONG
Keywords:
kepedulian sosial, bakti sosial, pendidikan karakter, SMA MBS SelongAbstract
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2025 dengan melibatkan delapan mahasiswa KKN dari Universitas Muhammadiyah Mataram, guru pendamping, serta seluruh siswa SMA MBS Selong. Metode yang digunakan mengombinasikan sosialisasi dan praktik langsung, yang dibagi ke dalam tiga tahapan utama yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Data dikumpulkan melalui observasi sistematis dan wawancara terstruktur dengan siswa maupun guru pendamping untuk memastikan validitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bakti sosial mampu menumbuhkan rasa bangga pada siswa karena mereka dapat berkontribusi secara langsung terhadap lingkungan sekolah. Siswa memperoleh kesadaran tentang pentingnya kebersihan, kerja sama, serta tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari. Guru pendamping menekankan bahwa program ini efektif dalam membentuk karakter positif siswa, khususnya dalam aspek kedisiplinan, empati, dan kemandirian. Selain itu, kegiatan ini memberikan manfaat nyata bagi sekolah dengan terciptanya lingkungan yang bersih, hijau, dan kondusif untuk proses pembelajaran.
References
Adisty, A. N., Evayenny, & Hasanah, N. (2021). Analisis Kemampuan Bepikir Kritis Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ). Semnara 2021, 1–7.
Arfah Sahabudin. (2023). ChatGPT: Sebuah Transformasi Cara Belajar Mahasiswa Studi Kasus : Mahasiswa ITBM Polman di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal E-Bussiness Institut Teknologi Dan Bisnis Muhammadiyah Polewali Mandar, 3(1), 65–73. https://doi.org/10.59903/ebussiness.v3i1.63
Arif, M. (2018). INDIVIDUALISME GLOBAL DI INDONESIA ( Studi Tentang Gaya Hidup Individualis Editor : STAIN Kediri Press, 12–15.
Azani, N., Andini, V. N., & Kunci, K. (2025). Membangun Iklim Lingkungan Sekolah Yang Santun Studi Kasus MTs Aisyiah Binjai. Jurnal Keislaman, 1(1), 75.
Azizah, L., Jufri, Kurniati Asri, W., Mannahali, M., & Dalle, A. (2024). Program Bimbingan Belajar Gratis untuk Siswa dari Keluarga Kurang Mampu. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 127–133. https://doi.org/10.26858/ininnawa.v2i1.2765
Faelasup, & Rizky Handayani. (2025). lmplementasi Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 3(3), 605–614. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1298
Fatimatuz Zahro, N. (2024). Pendidikan Dasar Islam Sebagai Fondasi Pembangunan Moral Dan Sosial Di Era Globalisasi. Program Studi PGMI, 11(4), 1–12.
Febrianty, E. D., Syaf, A. H., & Nuraida, I. (2022). Application of Group Resume Learning with Contextual Approach on Mathematical Problem Solving. Jurnal Analisa, 8(2), 91–106. https://doi.org/10.15575/ja.v8i2.22231
Hilmi, F., Habibah, E., Suhana, D., Nurlalela, E., Hakim, L., & Maryana, I. (2024). The Role of Religious Education in Installing Social Awareness Among Students. Edukasi: Journal of Educational Research, 4(1), 1–13. https://doi.org/10.57032/edukasi.v4i1.206
Iman, N. H., Suriani, L., Hamdi, S., Hanapi, M., & Mataram, U. M. (2025). Pelatihan penulisan artikel ilmiah pkm berbasis ai pada kelompok kkn dik. 6.
Isroyati, Nurhidayati, R., & Sari, I. N. (2023). Kegiatan+Bakti+Sosial+Di+Lingkungan+Masyarakat+Sebagai+Metode+Mewujudkan+Rasa+Cinta+Dan (1). Jurnal Pengabdian Harapan Bangsa, 1(2), 65–69. https://doi.org/10.56854/jphb.v1i2.53
Ixfina, D., Ficky, & Siti, N. R. (2025). Dasar-Dasar Pendidikan sebagai Pembentuk Moral dan Intelektual Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia Ilmiah, 4(2), 222–231.
Qutni, D. (2020). KARAKTER PESERTA DIDIK ( Studi di SMP Daarul Qur ’ an Internasional Tangerang Internasional Pesantren Tahfizh Daarul Qur ’ an ). Jurnal Tahdzibi, 3(2), 103–116. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.103-116
Rahmah, Rahayu, S., Saputra, F., Devi, & Syafruddin. (2025). Nilai Kepedulian Sosial Siswa Sekolah Dasar: Kajian Literatur dan Strategi Implementasi dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pesona Indonesia, 2(1), 34–39.
Rahmelia, S., & Prasetiawati. (2021). Implementasi Self-Directed Learning Siswa Smpn 7 Palangka Raya Di Masa Pandemi. JP3M: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.37577/jp3m.v3i1.312
Sahrul, Hadinisa, S., Koyimatu, M., Irawan, A., & Nogroho, H. (2018). Analisis Learning Rate pada Metode Transfer Learning untuk Sistem Pendeteksi Api. Seminar Nasional Microwave, Antena Dan Propagasi (SMAP), 1–4. https://doi.org/https://repository.unpak.ac.id/tukangna/repo/file/files-20190202081740.pdf
Sari, M., Ismail, F., & Afgani, M. W. (2023). Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan Sebagai Kunci Pembentukan Karakter Religius. Adiba: Journal of Education, 3(3), 380–388.