PENGUATAN LITERASI SISWA MELALUI PENGELOLAAN POJOK BACA DI SMA MBS SELONG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9189Keywords:
literasi, pojok baca dan SMA MBS SelongAbstract
Kegiatan pojok baca ini dilaksanakan dengan tujuan memperkuat budaya literasi di SMA MBS Selong melalui optimalisasi pengelolaan pojok baca. Latar belakang ini berangkat dari kebutuhan akan sarana literasi yang menarik, mudah diakses, dan dikelola secara sistematis agar mampu meningkatkan minat baca serta keterampilan literasi siswa. Metode pelaksanaan meliputi observasi awal untuk memetakan kondisi Pojok Baca, Pendampingan pengelolaan koleksi bacaan, penataan ruang yang nyaman, serta pelaksanaan program literasi seperti membaca bersama, resensi buku, dan pojok diskusi. Kegiatan ini melibatkan kolaborasi antara tim pengabdian, guru, siswa dan guru sebagai subjek utama. Hasil menunjukkan adanya peningkatan minat baca siswa, bertambahnya koleksi bacaan yang bervariasi, dan meningkatnya partisipasi dalam kegiatan literasi sekolah.
References
Kemendikbud. (2017). Gerakan Literasi Sekolah: Panduan Umum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Hastuti, W. D. (2019). Pengembangan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 4(2), 112–121.
Rahmawati, N. (2021). Optimalisasi Pojok Baca sebagai Media Literasi di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 5(1), 45–56.
Pretorius, E.J. (2022). “Reading Comprehension and Academic Performance.” Journal of Education, 88(1), 34–47.
Astuti, N., & Sholehuddin, A. (2024). Pojok Baca sebagai Sarana Peningkatan Literasi Peserta Didik. Bhinneka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Rahayu, S. (2025). Penerapan Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan & Pengabdian Indonesia, 4(1), 22–30.
Anim, A., Sucipto, A., Dalimunthe, J., dkk. (2023). Pojok Baca: Sebagai Sarana Pengembangan Keterampilan Literasi dan Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Sei Kepayang. Jurnal Pemberdayaan Sosial dan Teknologi Masyarakat.
Identa, E. C. (2023). Penggunaan Media Pojok Baca Melalui Gerakan Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP. Piwulang Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa.
hena, M. M. O., Awe, E. Y., Laksana, D. N., & Noge, M. D. (2023). Peningkatan Budaya Literasi Peserta Didik Melalui Program Pojok Baca di SDK Mabhambawa. Action Research Journal Indonesia.
Kurniawan, H. (2017). "Strategi Literasi untuk Meningkatkan Minat Baca." Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 12–21.
Rahmawati, D. (2019). “Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Minat Baca Siswa.” Jurnal Literasi Pendidikan, 8(1), 33–42.
Yusuf, M., & Anshari, H. (2020). “Kualitas Ruang Belajar dan Dampaknya terhadap Konsentrasi Membaca.” Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(3), 201–210.
Hidayat, R. (2021). Integrasi Pojok Baca dalam Penguatan Literasi Sekolah. Jurnal Literasi Nusantara, 4(1), 22-34.
Lestari, D. (2018). Motivasi Membaca dan Literasi Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 9(2), 101-110.
Fitriyani, A. (2022). Pengembangan Pojok Baca sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Literasi, 6(2), 45-53.
Wahyudi, T. (2020). Peran Guru dalam Meningkatkan Motivasi Literasi Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(4), 211-220.
Pratiwi, N. (2021). Peran Pojok Baca dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Literasi, 7(1), 33-41.
Sari, M. (2020). Motivasi Membaca Siswa melalui Pengembangan Sarana Literasi. Jurnal Kajian Pendidikan, 12(2), 77-86.
Hasanah, U. (2019). Pengelolaan Pojok Baca dan Dampaknya terhadap Minat Baca Siswa. Jurnal Pengembangan Pendidikan, 3(2), 90-98.