PELATIHAN DESAIN PRESENTASI EDUKATIF MENGGUNAKAN POWERPOINT MANUAL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL SISWA SMA MBS SELONG

Authors

  • Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Sahrayani Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9188

Keywords:

Pelatihan, PowerPoint Manual, Literasi Digital, Presentasi Edukatif

Abstract

Pelatihan desain presentasi edukatif menggunakan PowerPoint manual di SMA MBS Selong dilaksanakan untuk meningkatkan literasi digital sekaligus keterampilan siswa dalam menyajikan informasi secara menarik dan komunikatif. Penelitian ini menggunakan metode sosialisasi dan praktik langsung dengan melibatkan sembilan siswa kelas XI sebagai peserta. Rangkaian kegiatan meliputi penyampaian materi mengenai prinsip desain presentasi, demonstrasi penggunaan fitur PowerPoint, praktik mandiri pembuatan slide, serta evaluasi hasil karya siswa. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan pada keterampilan siswa dalam membuat slide yang lebih kreatif, ringkas, serta sesuai dengan prinsip edukatif, seperti penggunaan warna kontras, tipografi jelas, dan visualisasi yang mendukung isi. Selain itu, pelatihan ini turut berkontribusi pada penguatan rasa percaya diri siswa ketika berbicara di depan umum, meningkatkan kemampuan komunikasi, serta melatih kerja sama dalam diskusi kelompok. Meskipun masih terdapat kendala, seperti pemilihan gambar yang relevan dan menjaga konsistensi desain antar slide, kegiatan ini secara keseluruhan berjalan efektif dan memberikan manfaat nyata bagi siswa. Dengan demikian, pelatihan ini terbukti dapat mendukung pencapaian tujuan pendidikan abad ke-21 melalui pengembangan literasi digital yang kreatif dan aplikatif.

References

Alia, P. A., Prayogo, J. S., Kriswibowo, R., Setyawan, A. budi, & Febriana, R. W. (2024). Pengembangan Keterampilan Desain Interaktif Dan Serbaguna Dalam Era Society 5.0 Dengan Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Kolaborasi Dan Inovasi IPTEKS, 2(3), 977–982. https://doi.org/10.59407/jpki2.v2i3.864

Alvianita, M., Iksanudin, J. N., & Islam, A. F. (2025). KKN Tematik Pelatihan Membuat Hasil Tugas Pembelajaran PPT Melalui Teknologi Canva Di SMA YPM 3 Sumobito. JAMU: Jurnal Abdi …, 5(02). https://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/view/1681%0Ahttps://jurnal.umus.ac.id/index.php/jamu/article/download/1681/891

Dwi Amanda, A. A. (2025). Inklusi : Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat Yayasan Salmiah Education Global International ( YSEGI ). Inklusi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Filsafat, 1(2), 14–21.

Faizin, M., Afnia, N. N., Tamimi, A. R., & Arifin, M. Z. (2023). Penguatan Kapasitas Mahasiswa Melalui Kompetensi Softskill Public Speaking Bagi Pendidik PAI di Era Milenial. Jurnal Cendekia Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(01), 137–153. https://doi.org/10.37850/cendekia.v15i01.375

Iman, N. H., Suriani, L., Hamdi, S., Hanapi, M., & Mataram, U. M. (2025). Pelatihan penulisan artikel ilmiah pkm berbasis ai pada kelompok kkn dik. 6.

Junaedi, Wydiastuty Kusuma, L., Ceng Giap, Y., Suwitno, Hermawan, A., Rino, Daniawan, B., & Riki. (2022). Pelatihan Desain Slide dengan Canva. Abdi Dharma, 2(2), 109–114. https://doi.org/10.31253/ad.v2i2.1737

Marheni, W., Lestari, P. W., Sababalat, L., & Novalia, L. (2025). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran yang Efektif. Student Scientific Creativity Journal, 3(1), 48–56. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/ssc

Muhamad Slamet Yahya. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam di Era Digital: Implementasi Literasi Digital dalam Pembelajaran di Wilayah Banyumas. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 609–616. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i1.317

Muid, A., Arifin, B., & Karim, A. (2024). Peluang dan Tantangan Pendidikan Pesantren di Era Digital (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islah Bungah Gresik). Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 11(1), 512–530. https://doi.org/10.34001/an.v6i2.228.

Muliastrini, K. E. (2020). New literacy sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan sekolah dasar di abad 21. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(1), 115–125. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/3114

Ningsih, T. S., Irawan, N., Sumirat, P., & Nusantara, D. (2025). Jurnal Pendidikan Indonesia : Digitalisasi Media Pembelajaran sebagai Strategi Penguatan Komunikasi Budaya dan Keterampilan Komunikasi Peserta Didik. 5(4). https://doi.org/10.59818/jpi.v5i4.1789

Pemanfaatan, P., Ms, A., & Untuk, P. (2022). Ms . PowerPoint Utilization Training for Presentation at SMA Methodist 6 Medan. 2.

Rahmawati, M., Nurachim, R. I., Supeno, W., & Lestari, A. F. (2024). Transformasi Kreatif Pelatihan Artificial Intelligence Menggunakan Canva Untuk Meningkatkan Keterampilan Presentasi Siswa MTS Darul Hikmah. Jurnal Abdimas Komunikasi Dan Bahasa, 4(1), 22–35. https://doi.org/10.31294/abdikom.v4i1.5023

Suhartini, M. N., Achdiani, Y., & Widiaty, I. (2019). Pembuatan Power Point Berbasis Multimedia Sebagai Media Pembelajaran Rehabilitasi Sosial Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal FamilyEdu, V(2), 54–65.

Suleman, M. A. (2024). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa melalui Penerapan Experiential Learning. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1530–1538. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1101

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26

Trimastuti, W., Christinawati, S., Ratna H, Y., Setiatin, S., & Anggilia Puspita, V. (2021). Public Speaking dan Teknik Presentasi dalam Menciptakan Pengajaran yang Menarik. Padma, 1(2), 123–135. https://doi.org/10.56689/padma.v1i2.493

Wardatul Gufronia, Muftiyah Zakiyah, & Zaehol Fatah. (2025). Seminar Pemanfaatan Microsoft Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Di Smp Islam Garden School. Jurnal Padamu Negeri, 2(3), 172–178. https://doi.org/10.69714/e71fjz30

Wijayanto, P. W., & Mutia Qana’a. (2024). Pelatihan Public speaking Sebagai Sarana Komunikasi Efektif Bagi Siswa SMK Plus Al Aitaam Bandung. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 4(2), 1–12. https://doi.org/10.51214/00202404970000

Yusuf, M., & Ma’sum, T. (2024). Mempersiapkan Generasi Indonesia Emas melalui Madrasah. 7(2), 14. https://ejournal.staidapondokkrempyang.ac.id/index.php/intizam/article/view/633/567

Published

2025-08-13

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 5 No 2 2025
Abstract viewed = 0 times