PENERAPAN PROGRAM SENAM PAGI UNTUK KEBUGARAN JASMANI DI SMA MBS SELONG

Authors

  • Ibrahim Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Nadya Hayatul Iman Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9187

Keywords:

senam pagi, kebugaran jasmani, siswa

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penerapan Program Senam Pagi untuk Kebugaran Jasmani di SMA MBS Selong” yang bertujuan meningkatkan kebugaran jasmani, kedisiplinan, dan motivasi belajar siswa melalui kegiatan senam pagi. Penelitian dilaksanakan pada 26 Juli 2025 di SMA MBS Selong, Lombok Timur dengan melibatkan siswa serta delapan mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Mataram sebagai pelaksana. Metode yang digunakan adalah sosialisasi dan praktik langsung dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi melalui wawancara siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program senam pagi terlaksana dengan baik, mendapat dukungan sekolah, dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh, fleksibilitas, serta konsentrasi siswa dalam belajar. Wawancara dengan peserta mengungkapkan manfaat tambahan berupa kedisiplinan, kebersamaan, dan rasa semangat yang lebih tinggi dalam mengikuti kegiatan sekolah. Dengan demikian, senam pagi terbukti sederhana namun efektif sebagai kegiatan rutin yang relevan, terjangkau, dan bermanfaat dalam membentuk pola hidup sehat serta menciptakan iklim belajar yang kondusif di lingkungan sekolah.

References

Arifin, Z. (2018). Pengaruh Latihan Senam Kebugaran Jasmani (Skj) Terhadaptingkat Kebugaran Siswa Kelas V Di Min Donomulyo Kabupaten Malang. Journal AL-MUDARRIS, 1(1), 22. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v1i1.96

Fajar Siddik, Delvita Ayu, Herviana Herviana, Indah Permata Sari Rambe, & Raisty Khaitami. (2024). Dampak Pembelajaran Olahraga Terhadap Kesehatan Mental Dan Fisik Siswa Sekolah Dasar. Holistik Analisis Nexus, 1(11), 97–101. https://doi.org/10.62504/nexus1007

Hermawan, R. A., Hasanah, F. H., Wahyuni, S., & Sabban, I. F. (2024). Peningkatan imunitas tubuh melalui aktivitas fisik senam ceria. 34–42.

Jainiyah, J., Fahrudin, F., Ismiasih, I., & Ulfah, M. (2023). Paeranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Sisw. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284

Kamaruddin, I. (2023). Analyzing the Impact of Physical Education on Character Development in Elementary School Students Analisis Pengaruh Pendidikan Jasmani Terhadap Pembangunan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal At-Ta’dib, 1(2), 10–17.

Khansa Luthfiah, Nugraha Sutadipura, & Caecielia Makaginsar. (2025). Gambaran Perilaku Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) di Universitas Islam Bandung Tahun 2024. Bandung Conference Series: Medical Science, 5(1), 1059–1066. https://doi.org/10.29313/bcsms.v5i1.17319

Khasanah, S. Z., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pengembangan Kurikulum Di Smp Muhammadiyah Boarding School (Mbs) Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 79. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1287

Manury, W. S. (2024). Pentingnya Olahraga Dan Menjaga Kesehatan. Pattimura Mengabdi : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 469–470. https://doi.org/10.30598/pattimura-mengabdi.2.4.469-470

Meningkatkan, D., Jasmani, K., Didik, P., & Sdn, D. I. (2024). Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Mataram. 05(02), 178–182.

Novitasari, R., & Hartoto, S. (2020). Hubungan antara tingkat aktivitas di luar jam pelajaran PJOK dengan kondisi kebugaran jasmani siswa The relationship between the level of activity outside of PJOK lesson with the physical fitness of students. Journal of Physical Education OPEN ACCESS Bima Loka: Journal of Physical Education |, 1, 32–39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/

Sakinah, M. I., Putri, A., Setiawati, Y., & Yahya, M. A. (2023). Pemberdayaan siswa sekolah dasar dalam program aktivitas fisik di Kabupaten Gowa. 2, 145–150.

Salahudin, S., Satriawan, R., & Muhammad, M. (2025). Membangun Karakter Positif melalui Pendidikan Jasmani di Sekolah: Sinergi antara Fisik dan Moral. Discourse of Physical Education, 4(1), 40–54. https://doi.org/10.36312/dpe.v4i1.2454

Sidabutar, N. A., Lubis, N. A., Lubis, D. M. P., & Suyono, S. (2025). Manfaat Senam Untuk Kebugaran Tubuh dan Kesehatan Mental pada Siswa MIS Parmiyatu Wasaadah. Journal of Humanities Education Management Accounting and Transportation, 2(1), 552–556. https://doi.org/10.57235/hemat.v2i1.5151

Sinaga, R., Putri, S., Nahor, A. B., Rapindo, J., & Tobing, O. L. (2025). Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Melalui Senam Kreasi Pada Anak SD di Perumnas Simalingkar Medan. JGEN : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 170–174. https://doi.org/10.60126/jgen.v3i1.758

Siregar, R. anastasya. (2022). Penyuluhan Tentang Senam Sehat Pada Anak Di Sdn Desa Labuhan Lebo Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara Tahun 2022. Jurnal Pengabdian Masyarakat Aufa (JPMA), 4(1), 51–50. https://doi.org/10.51933/jpma.v4i1.738

Yulianti, E., Fitriyah, U., Ro’iyah, M., Fadlan, M. L., Haq, N. R., Majdi, D. S., Al-Rosyid, A. T., Az Zahra, A., Widad Hakim, S., & Zamroni, A. (2023). Senam Pagi Sebagai Upaya Meningkatkan Kebugaran dan Interaksi Sosial Masyarakat Desa Asrikaton Kabupaten Malang. Surya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 88–97. https://doi.org/10.37150/jsu.v5i2.2345

Zulfikar, M., Hasmyati, H., Hasyim, H., Awal, A., & Rosalia, H. (2024). Program Siswa Bugar sebagai Kegiatan Promosi Aktivitas Fisik untuk Siswa SD Ujung Tanah. Jurnal Dharma Pendidikan Dan Keolahragaan, 4(2), 44–51. https://doi.org/10.33369/dharmapendidikan.v4i2.37703

Published

2025-08-13

Issue

Section

Edisi Agustus Vol 5 No 2 2025
Abstract viewed = 0 times