PENDAMPINGAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KREATIF DAN INOVATIF PADA SISWA KELAS XI SMA MBS SELONG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9186Keywords:
media pembelajaran, kreativitas, inovasi, pendampingan, siswaAbstract
Artikel ini membahas tentang kegiatan pendampingan pembuatan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi siswa kelas XI SMA MBS Selong. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam merancang media pembelajaran yang menarik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan materi pelajaran. Kegiatan ini dilaksanakan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan menyusun strategi pelaksanaan, materi, dan metode yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pelaksanaan melibatkan siswa secara aktif dalam proses eksplorasi ide, pembuatan media, hingga presentasi hasil karya. Evaluasi dilakukan dengan menilai aspek kreativitas, efektivitas media, serta kemampuan siswa dalam menjelaskan fungsi dan isi dari media yang dibuat. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kreativitas, keterampilan kolaboratif, dan kepercayaan diri siswa. Program ini terbukti efektif dalam mendorong partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran serta memperkuat kemampuan mereka untuk menciptakan media yang mendukung proses belajar yang interaktif dan bermakna.
References
Emira Hayatina Ramadhan, & Hindun Hindun. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Membantu Siswa Berpikir Kreatif. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(2), 43–54. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i2.98
Faiz Ahdan Hawari, M., Imamatul Istiqomah, T., & Yunus Abu Bakar, M. (2024). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 1(3c), 1108–1124.
Ferdi, Thomas, & Falando, N. (2025). Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam. Jurnal Pendiidkan Indonesia: Teori, Penelitian Dan Inovasi, 5(3), 77–82. https://doi.org/10.59818/jpi.v5i3.1583
Gusmaningsih, I. O., Azizah, N. L., Suciani, R. N., & Fajrin, R. A. (2023). Strategi Refleksi dan Evaluasi Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 2023.
Hasbullah, H. O. T. dan P. dalam M. P. A., & Nurhasanah, N. (2024). Peran Orang Tua dan Pendidik dalam Melejitkan Potensi Anak. Jurnal Kajian Pendidikan Islam, 3, 55–71. https://doi.org/10.58561/jkpi.v3i1.110
Indah, S., & Azmin, N. (2024). Pendampingan dan Penguatan Kemampuan Literasi dan Numerasi pada Siswa Sekolah di Kabupaten Bima. Mapahu: Jurnal Pengabdian …, 2(2), 1–6. https://ejurnal.mmnesia.id/index.php/Mapahu/article/view/205%0Ahttps://ejurnal.mmnesia.id/index.php/Mapahu/article/download/205/143
Kusumaningsih, C. P., Dwikurnaningsih, Y., & Sugiarto, A. (2025). Kepemimpinan Transformasional Di Sekolah Dasar: Strategi Untuk Menciptakan Lingkungan Belajar Yang Inovatif Dan Responsif. Jurnal Pelangi Pendidikan, 2(2), 49–57.
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Nuai, A., & Nurkamiden, S. (2022). Urgensi Kegiatan Praktikum Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama. Science Education Research (Search)Journal, 48–63.
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., Sifa, U. N., & Tangerang, U. M. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam. Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3, 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Rasyad, I. (2024). Strategi Guru Dalam Mengoptimalkan Interaksi. Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik, 1(4), 81–88.
Sahra, A. P., Komalasari, K., Ismail Kayyis, I., Andrian, M., & Iskandar, S. (2025). Evaluasi Manajemen Sekolah Dasar Studi Kasus dalam Menantang Paradigma Konvensional dan Menciptakan Inovasi Pendidikan Berkelanjutan. Jurnal Ilmiah Global Education, 6(2), 313–322. https://doi.org/10.55681/jige.v6i2.3818
Syarifuddin, S., Nasaruddin, N., Ilham, I., Ihlas, I., & Mahiratin, M. (2023). Strategi Peningkatan Keterampilan Mahasiswa dalam Membuat Media Pembelajaran Inovatif Berbasis IT Melalui Kegiatan Workshop. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.53621/jippmas.v3i1.236
Taib, M. (2021). Pembelajaran IPA Berbasis Mind Mapping dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 465–486. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i2.345
Wahyuni, S., & Haryanti, N. (2024). Optimalisasi Kompetensi Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis Media Digital. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 7(1), 142–154. https://doi.org/10.31851/dedikasi.v7i1.15974
Zidan Arifaini, M. (2024). PT. Media Akademik Publisher PERAN KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR SISWA DI LINGKUNGAN SEKOLAH. Jma), 2(1), 135–145.