KREATIVITAS DAN KEPEMIMPINAN TERCERMIN DALAM LOMBA PIDATO SISWA SMA MBS SELONG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9185Keywords:
Lomba pidato , kreativitas, kepemimpinan, siswaAbstract
Kegiatan lomba pidato yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2025 di SMA MBS Selong Lombok timur bertujuan meningkatkan kreativitas, kepemimpinan siswa dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara guru dan mahasiswa KKN, Metode pelaksanaan melalui tahap perencanaan, persiapan teknis, pelaksanaan lomba, serta evaluasi reflektif dan wawancara peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mampu menyusun teks pidato dengan baik, menyampaikan gagasan secara percaya diri, dan menggunakan bahasa komunikatif. Walaupun masih ada peserta yang terlihat gugup, kegiatan ini tetap berhasil menumbuhkan keberanian, kreativitas, serta keterampilan berbicara di depan umum. Dengan demikian, lomba pidato ini terbukti menjadi sarana efektif dalam pengembangan karakter siswa, khususnya pada aspek kreativitas dan kepemimpinan.
References
Ajeng Arina Manasikana, & Hendra Pratama. (2025). Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 8 pada Era Digital di SMPN 1 Boyolangu. WISSEN : Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 306–325. https://doi.org/10.62383/wissen.v3i2.815
Bustanul Arifin, & Abdul Mu’id. (2024). Pengembangan Kurikulum Berbasis Keterampilan Dalam Menghadapi Tuntutan Kompetensi Abad 21. DAARUS TSAQOFAH Jurnal Pendidikan Pascasarjana Universitas Qomaruddin, 1(2), 118–128. https://doi.org/10.62740/jppuqg.v1i2.23
Darsih, E., Agie Hanggara, & Cucu Suhartini. (2023). Menumbuhkan Jiwa Kepemimpinan Siswa Melalui Pembelajaran Public Speaking Pada SD Negeri 1 Desa Cipakem Kecamatan Maleber. KALANDRA Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30–36. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v2i1.223
Depok, J. (2023). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nasional Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nasional. 1(April), 30–34.
Dewanto, R., Ramadhan, A. R., Firdaus, F. F., Mozrapa, E. S., & Hidayat, T. (2023). Menumbuhkan Sikap Karakter Kebangsaan Melalui Pendidikan Sejarah pada Era Disrupsi Abad-21. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 9(2), 343. https://doi.org/10.32884/ideas.v9i2.1307
Fania, F., & Siska, M. (2024). Peran Perencanaan dan Pengorganisasian dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Sekolah. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science Technology and Educational Research, 2(1b), 1926–1936.
Hidayat, H., & Ibrahim, I. (2023). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Mutu Sumber Daya Tenaga Pendidik. Jambura Journal of Educational Management, 4(2), 312–325. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/2698
Ira Fatmawati. (2022). Komunikasi Organisasi Dalam Hubungannya Dengan Kepemimpinan Dan Perilaku Kerja Organisasi. Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 2(1), 39–55. https://doi.org/10.62825/revorma.v2i1.18
Kusniarti, T. (2015). Pembelajaran Menulis Naskah Drama dengan Strategi Menulis Terbimbing (SMT) Sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas Bersastra. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 108–116.
Lestari, H., Asbari, M., Pratiwi, D. E., & Munawaroh, E. F. (2024). Generasi Muda Kok Takut Bersuara? Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 96–100. https://jisma.org/index.php/jisma/article/view/697
Lorita, E., Kader, B. A. C., Juwita, J., & Putri, R. (2022). Mendorong Aktualisasi Remaja Dalam Berorganisasi Dan Memupuk Jiwa Kepemimpinan. Jurnal Dehasen Untuk Negeri, 1(2), 125–130.
Luthfia, H. U., & Triono Ali Mustofa. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non-Akademik Peserta Didik Melalui Manajemen Kesiswaan di SMA Al-Islam 1 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1609–1616. https://doi.org/10.58230/27454312.622
Mufidah, N. Z., & Syafi’aturrosyidah, M. (2023). Dimensi Kepemimpinan Transformatif. MAANA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 14–33. https://doi.org/10.52166/mjpiaud.v2i1.4742
Permana, I., & Rahman, D. N. (2018). Penerapan Quantum Learning Berbasis Tuturan Kategori Fatis Dalam Pembelajaran Berpidato Di Tingkat Smk. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.22460/p.v1i1p31-44.25