PENGUATAN KREATIVITAS DAN LITERASI SISWA MELALUI PROGRAM PEMBUATAN DAN DEKORASI ULANG MAJALAH DINDING DI SMA MBS SELONG
DOI:
https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v5i2.9183Keywords:
Kreativitas, Literasi, Majalah Dinding, Siswa, SMA MBS SelongAbstract
Kegiatan penguatan kreativitas dan literasi siswa melalui program pembuatan dan dekorasi ulang majalah dinding di SMA MBS Selong bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis, berpikir kritis, serta kemampuan berkreasi siswa. Penelitian ini dilaksanakan bersama mahasiswa KKN-Dik Universitas Muhammadiyah Mataram dengan metode sosialisasi, pendampingan, dan praktik langsung. Tahapan kegiatan meliputi persiapan, pelaksanaan, serta evaluasi berupa umpan balik dari siswa dan guru. Hasil pelaksanaan menunjukkan bahwa siswa lebih termotivasi menulis, berani mengekspresikan ide, serta mampu bekerja sama dalam tim. Meskipun terdapat kendala pada penentuan konsep awal, kegiatan ini sangat bermanfaat dan mendorong lahirnya inovasi. Program ini berkontribusi pada terciptanya budaya literasi dan kreativitas di sekolah.
References
Amelia, M., Amalia, M., & Siregar, H. (2023). Pembuatan Majalah Dinding (Mading) Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Dan Kreativitas Peserta Didik Di Sanggar Kegiatan Belajar (Skb) Kabupaten Pandeglang. Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia SEAN (ABDIMAS SEAN), 2(01), 28–34. https://doi.org/10.58471/abdimassean.v2i01.392
Anas Al Hazmi, M., Shulha, H., Qomariyah, L., & Choirani Fajri, N. (2025). Peningkatan Kesadaran Lingkungan dan Kreativitas melalui Pelatihan Ecoprint pada Siswa Sekolah Dasar. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 210–219. https://doi.org/10.52072/abdine.v5i1.1006
Buwono, S., Aminuyati, Wiyono, H., Karolina, V., Barella, Y., Hafizi, M. Z., Fitirana, D., & Budiharto, S. (2021). J . A . I : Jurnal Abdimas Indonesia. Abdimas Indonesia, 1(2), 26–32. https://dmi-journals.org/jai/article/view/226
Cahyani, N., Hutagalung, E. N. H., & Harahap, S. H. (2024). Berpikir Kritis Melalui Membaca: Pentingnya Literasi Dalam Era Digital. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 417–422. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1795
Carolina, Gaol, S. U. L., Sihotang, C. J. A. D., Sinaga, I. E., & Jomat, M. (2024). Peningkatan Kreativitas Dan Literasi Digitalisasi Pada Siswa Smk Tkj Di Smk Taman Siswa Lubuk Pakam. Jurnal Pengabdian Multidisiplin Indonesia (JUPEMI), 1(3), 60–63. https://doi.org/10.69820/jupemi.v1i3.104
Fadhilah, R. Y., Efendi, A., & Pramono, S. (2024). Kolaborasi dan Motivasi: Model Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Solusi untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa di Sektor Industri. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 17(1), 67–72. https://doi.org/10.20961/jiptek.v17i1.81710
Iman, N. H., Suriani, L., Hamdi, S., Hanapi, M., & Mataram, U. M. (2025). Pelatihan penulisan artikel ilmiah pkm berbasis ai pada kelompok kkn dik. 6.
Kurniawan, B., Fernandes, E. E., Palla, K. T., & Tjandring, S. (2023). Jurnal flobamorata mengabdi. Jurnal Flobamorata Mengabdi, 1(1), 31–37.
Putri Hidayatin Nisa, Pebrian Tarmizi, & Dwi Anggraini. (2022). Pembuatan Karya Montase Dalam Menumbuhkan Sikap Kerja Sama Peserta Didik Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1160–1170. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2626
Radjagukguk, D. L. (2021). Pelatihan Penulisan Majalah Dinding Sekolah Di SMA Bunda Kandung Jakarta. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.6660
Santi, F. U., & Oktariana, D. (2024). Peningkatan Gerakan Literasi Sekolah Melalui Pelatihan Pembuatan Mading di SD Muhammadiyah Sambeng. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 7(1), 271. https://doi.org/10.62411/ja.v7i1.1852
Situmorang, I., Sitompul, H. S., & Tuty, T. (2025). Pembuatan Mading Sekolah untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMP Methodist Pematang Siantar. Pengabdian Pendidikan Indonesia, 2(03), 82–87. https://doi.org/10.47709/ppi.v2i03.4988
Triani Triani, Nurdhiana Nurdhiana, Tri Bodroastuti, Fitri Absari, Rosy Febriyanti, Paundra Maulana, & Tjandra Tirtono. (2024). Meningkatkan Minat Baca Siswa SD Al-Hikmah Melalui Program Literasi Kreatif. ARDHI : Jurnal Pengabdian Dalam Negri, 2(5), 01–13. https://doi.org/10.61132/ardhi.v2i5.668