EDUKASI STOP BULLYING PADA ANAK SD NEGRI 65 BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Herma Yunita Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ledyawati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Lesti Heriyanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Titi Darmi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

bullying, edukasi, anak SD, lingkungan sekolah.

Abstrak

Bullying di kalangan siswa sekolah dasar menjadi permasalahan serius yang dapat memengaruhi perkembangan mental, emosional, dan sosial anak. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya edukasi dalam menghentikan perilaku bullying di SD Negeri 65 Bengkulu Selatan. Kegiatan ini dilakukan melalui pendekatan yang melibatkan siswa, dan Guru SD Negeri 65 Bengkulu Selatan, dengan menekankan pentingnya empati, komunikasi, dan saling menghargai di lingkungan sekolah. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, bimbingan belajar, dan diskusi interaktif untuk menanamkan kesadaran akan dampak negatif bullying serta cara-cara mengatasinya. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang bullying dan berkurangnya insiden perilaku agresif di sekolah. Edukasi stop bullying diharapkan menjadi langkah awal dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman, inklusif, dan suportif bagi semua siswa.

Referensi

Nabila, P. A., Suryani, S., & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying Dan Dampaknya Yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.32584/jika.v5i2.1246

Ridja, Mau, & Bakry. (2018). Jurnal ilmiah global education. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1482–1489. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige

Bachri, Y., Putri, M., Sari, Y. P., & Ningsih, R. (2021). Pencegahan Perilaku Bullying Pada Remaja. Jurnal Salingka Abdimas, 1(1), 30–36. https://doi.org/10.31869/jsam.v1i1.2823

Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.117

Nabila, P. A., Suryani, S., & Hendrawati, S. (2022). Perilaku Bullying Dan Dampaknya Yang Dialami Remaja. Jurnal Ilmu Keperawatan Anak, 5(2), 1–12. https://doi.org/10.32584/jika.v5i2.1246

NAJWA, L., ARYANI, M., SUHARDI, M., PURMADI, A., & GARNIKA, E. (2023). Sosialisasi Pencegahan Perilaku Bullying Melalui Edukasi Pendidikan Karakter Dan Pelibatan Orang Tua. COMMUNITY : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 13–17. https://doi.org/10.51878/community.v3i1.2330

Ridja, Mau, & Bakry. (2018). Jurnal ilmiah global education. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(3), 1482–1489. ejournal.nusantaraglobal.ac.id/index.php/jige

Katyana, W. (2019). Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika, 11–18.

Sa’ida, N., & Kurniawati, T. (2023). Edukasi Stop Bullying Pada Anak. Journal Community Service Consortium, 3(2). https://doi.org/10.37715/consortium.v3i2.4261

Suib, S., & Safitri, A. (2022). Perilaku Bullying Remaja Dipengaruhi Lingkungan Sekolah dan Pengetahuan. Jkep, 7(2), 149–157. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i2.710

Diterbitkan

2024-12-21

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 4 No 3 2024
Abstrak viewed = 0 times