SOSIALISASI MENULIS SURAT PRIBADI UNTUK MENGASAH KETERAMPILAN SISWA SISWI KELAS VI SD NEGERI 51 KELURAHAN KEBUN TEBENG

Penulis

  • Melfi Putri Suci Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nazar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Miswanti Yuli Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

penulisan surat pribadi, keterampilan menulis siswa, sosialisasi pembelajaran.

Abstrak

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa kelas VI SD Negeri 51 Kelurahan Kebun Tebeng melalui sosialisasi penulisan surat pribadi. Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan menulis dalam kehidupan sehari-hari serta kenyataan bahwa banyak siswa masih kurang memahami format dan teknik menulis surat pribadi. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini adalah pendekatan praktis dengan memberikan materi terkait struktur, bahasa, serta etika penulisan surat pribadi. Selain itu, siswa juga dilibatkan dalam praktik menulis langsung agar mereka dapat menerapkan teori yang telah dipelajari. Hasil dari sosialisasi menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan siswa dalam menyusun surat pribadi. Siswa mampu memahami dengan baik komponen-komponen utama surat, seperti salam pembuka, isi, dan penutup. Selain itu, keterampilan siswa dalam menyampaikan gagasan secara tertulis juga meningkat, terutama dalam hal penyampaian pesan dengan bahasa yang jelas dan terstruktur. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan berbahasa, khususnya dalam menulis, sehingga mereka lebih siap menghadapi tantangan komunikasi tertulis di masa depan.

Referensi

Epriyanti, E., Iswara, P. D., & Kurniadi, Y. (2016). PENERAPAN TEKNIK TSTS ( TWO STAY TWO STRAY ) DAN TEKNIK MKE ( MENANDAI KESALAHAN EJAAN ) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI KELAS IVa SDN SUMEDANG. Jurnal Peta Ilmiah, 1(1), 941–950.

Handayani, D. S., & Izar, S. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write terhadap Kemampuan Menulis Surat Pribadi oleh Siswa Kelas VII SMP Pertiwi Medan Tahun Pembelajaran 2022 / 2023. 7(20), 20572–20576.

Ii, B. A. B. (2016). No Title. 2016, 3–4.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Salinan Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan. https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_68_13.pdf

Pemodelan, M., Kelas, D. I., & Dasar, V. S. (n.d.). KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI MENGGUNAKAN METODE PEMODELAN DI KELAS V SEKOLAH DASAR Salawadi, Mastar Asran, Abdussamad Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Untan, Pontianak. 1–11.

Program, M., Magister, S., Bahasa, P., Pascasarjana, I., & Tadulako, U. (2012). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK PEMODELAN SISWA KELAS V. 10–22

Diterbitkan

2025-08-04

Terbitan

Bagian

Edisi Agustus Vol 5 No 2 2025
Abstrak viewed = 0 times