SOSIALISASI MANAJEMEN KEUANGAN USIA DINI: MENINGKATKAN PEMAHAMAN ANAK SD 34 REJANG LEBONG TERHADAP PENGELOLAAN UANG SAKU

Penulis

  • Lusiana Dwi Indriyani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Imam Ahmad Amin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Sosialisasi Keuangan, Uang Saku, Anak.

Abstrak

Sosialisasi manajemen keuangan pada anak usia dini di SD 34 Rejang Lebong bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa mengenai pengelolaan uang saku. Aktivitas ini merupakan upaya penting untuk mendidik anak menjadi orang yang hemat dan tidak konsumtif., serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan finansial di masa depan. Metode yang digunakan dalam sosialisasi ini meliputi pemaparan materi tentang definisi uang, fungsinya, dan jenisnya, serta cara menghemat uang.  Siswa-siswi di SD 34 Rejang Lebong diajarkan tentang pentingnya menabung, manfaat menabung, dan cara menyisihkan uang saku untuk disimpan dalam celengan. Kegiatan ini juga melibatkan diskusi tanya jawab dan simulasi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam mengelola keuangan. Hasil dari sosialisasi ini menunjukkan bahwa siswa-siswi mulai memahami pentingnya mengelola uang saku dengan bijak. Mereka menunjukkan antusiasme yang besar terhadap kegiatan ini dan dapat menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pembicara. Dengan demikian, sosialisasi ini berkontribusi pada pembentukan karakter anak yang lebih mandiri dan bertanggung jawab dalam mengelola keuangan.

Referensi

Fatimah, N. (2018). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 6(1).

OJK. (2017). Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (Revisit 2017). Otoritas Jasa Keuangan, 1–99.

Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta. AKURASI: Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 1(1), 36.

Roberts, J., Yaya, L., & Manolis, C. (2014). The invisible addiction: Cell-phone activities and addiction among male and female college students. Journal of Behavioral Addictions, 3(4), 254-265.

Santoso, A. B., Apriyuda, A., Dianti, A., Hanisa, H., Pertiwi, M. M., & Hastuti, P. W. (2021). Menabung Sejak Dini Agar Sukses Meraih Mimpi Bagi Anak-Anak Di Taman Bacaan Perigi Sawangan. Jurnal PADMA: Pengabdian Dharma Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.32493/jpdm.v1i3.11428

Santrock, J.W. (2018). Life-span development (17th ed.). New York, NY: McGraw Hill Education.

Sirine, H., & Utami, D. S. (2016). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Menabung Di Kalangan Mahapeserta didik. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 18(1).https://doi.org/10.24914/jeb.v19i1.479

Wiyanto. H., Putri, Y.I., Budiono, H. (2019). Keterkaitan Pengetahuan dan Perencanaan Keuangan Terhadap Perilaku Karyawan Pria. Jurnal Ekonomi, 24(2), 176. https://doi .org/10.24912/je.v24i2.567

Wulansari, D. (2019). Cara Cerdas Mengelola Uang Saku. Desa Pusaka Indonesia. Temanggung.

Diterbitkan

2025-04-07

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 5 No 1 2025
Abstrak viewed = 0 times