PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI LITERASI DIGITAL DI SMAN 01 BENGKULU TENGAH

Penulis

  • Kerin Gusvira Annisa Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Risnanosanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

Pendidikan, Karakter, Literasi Digital, Teknologi.

Abstrak

Pembentukan karakter menjadi salah satu aspek penting dalam pembentukan kepribadian peserta didik di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi pendidikan karakter melalui literasi digital di SMAN 01 Bengkulu Tengah dan menganalisis dampaknya terhadap pengembangan karakter siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah sosialisasi dengan menggunakan teknik pemaparan materi menggunakan alat digital/infokus. Hasil utama menunjukkan bahwa literasi digital sudah mendalam. Program pendidikan karakter berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai seperti tanggung jawab, etika, dan empati dalam konteks digital. Pemanfaatan teknologi digital secara efektif dalam pembelajaran memungkinkan siswa untuk lebih memahami konsekuensi dari perilakunya di dunia maya dan memperkuat karakter positifnya. Namun penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan, antara lain keterbatasan pemahaman siswa terkait literasi digital serta kurangnya karakter siswa dalam dunia digital dan pendidikan. Secara umum hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter melalui literasi digital dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa dan pentingnya pendidikan di era digital saat ini.

Referensi

Demmanggasa, Y., Sabilaturrizqi, M. K., Mardikawati, B., Ramli, A., & Arifin, N. Y. (2023). Digitalisasi Pendidikan Akselerasi Literasi Digital Pelajar Melalui Eksplorasi Teknologi Pendidikan. Communnity Development Journal, 4(5), 11158–11167. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/22045

Irvansyah, A. (2022). LITERASI DIGITAL DALAM MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL ( Studi Kasus Pada Asisten Rumah Tangga Usia Remaja). Jurnal AKRAB, 13(2), 61–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v13i2.428

Meilinda, N., Malinda, F., Mutiara Aisyah, S., Raya Palembang -Prabumulih, J. K., Ilir, O., & Selatan Kode Pos, S. (2020). LITERASI DIGITAL PADA REMAJA DIGITAL (SOSIALISASI PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL BAGI PELAJAR SEKOLAH MENENGAH ATAS). 4(1).

Mukhlis, S., & Rahayu, Y. S. (2023). Kemampuan Literasi Digital : Penguatan Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Dikoda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(01), 1–9. https://doi.org/10.37366/jpgsd.v1i01.2454

Nawaf, A., Azura, S., Gultom, S. F., Afriansyah, W., & Putra, A. D. (2023). Analisis Literasi Digital Dalam Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Remaja Desa Payung Kec. Payung Kab. Karo. Arya Dwi Putra Journal of Human And Education, 3(2), 337.

Nisa, N., Arum, N., Hidayat, S. N., & Wahyuningsih, Y. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Literasi Digital di Sekolah Dasar. Journal on Education, 05(02), 2457–2464.

Nur Khasanah, F., & Purnomo, H. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sd Melalui Gerakan Literasi Digital. Ibtidai’Y Datokarama: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.24239/ibtidaiy.vol4.iss1.62

Pentianasari, S., Amalia, F. D., Martati, B., & Fithri, N. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Literasi Digital. Jurnal PGSD, 8(1), 58–72. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2958

Sri Astuti Iriyani, Milla, D., Lede, Y. K., & Kholidi. (2023). Perkembangan Literasi Digital dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Bibliometrik. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(2), 1289–1301. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.349

Sugiarto, & Farid, A. (2023). Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597. https://doi.org/10.37329/cetta.v6i3.2603

Turnip, R. S. (2023). PENINGKATAN LITERASI DIGITAL DI KALANGAN PELAJAR: PENGENALAN DAN PRAKTIK PENGGUNAAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN Abstrak. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 2302–2310.

Diterbitkan

2025-04-08

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 5 No 1 2025
Abstrak viewed = 0 times