SOSIALISASI PENTINGNYA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK DI SDN 43 LEBONG

Penulis

  • Dara Anggraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Muhammad Husni Rifqo Universitas muhammadiyah Bengkulu

Kata Kunci:

anak-anak, jarimatika, matematika

Abstrak

Matematika memiliki pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Disadari maupun tidak, sebenarnya seseorang tidak lepas dengan matematika. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana orang- orang dewasa bisa menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dengan konsep konsep dan pemikiran matematika. Matematika merupakan pelajaran yang masih dianggap sulit oleh peserta didik. Diperlukan strategi pembelajaran matematika yang baik, terutama bagi anak-anak. Banyak anak yang menganggap berhitung merupakan hal yang membosankan dan tidak mau berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, karena tidak menyajikan pengalaman konret untuk anak Sehingga dibutuhkan kondisi kelas yang menyenangkan agar proses tidak kondusif. Kemampuan berhitung adalah suatu kemampuan yang dimiliki setiap anak yang berhubungan dengan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian yang merupakan kemampuan yang penting dalam kehidupan sehari- hari. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mengedukasi sekaligus sosialisasi pentingnya pendidikan matematika dalam mengembangkan kemampuan berhitung mereka. Anak-anak diajarkan bagaimana agar dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Salah satu metode yang dipakai yaitu jarimatikayang merupakan cara berhitung matematika dengan menggunakan tangan. Hasil dari metode yang dipakai anak-anak dapat dengan mudah memahami materi yang telag disampaikan.

Referensi

A. Fitria, “Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini,” vol. 1, no. 2, 2013.

A. Husna and N. Nurhafizah, “Strategi Pembelajaran Matematika Mengenal Nilai dan Angka Melalui Bermain dan Benda-Benda Konkret pada Anak Usia Dini,” Pedagogi, vol. 22, no. 1, pp. 24– 33, Apr. 2022, doi: 10.24036/pedagogi.v22i1.1250.

Dyah Anungrat Herzamzam, “Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar,” Visipena, vol. 9, no. 1, pp. 67–80, Jun. 2018, doi: 10.46244/visipena.v9i1.430.

M. Murtafi’ah, I. Fathurohman, and H. Ulya, “Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dan Berhitung pada Siswa Sekolah Dasar,” Wasis J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 79–87, Nov. 2021, doi: 10.24176/wasis.v2i2.6163. F. S. Syafri, “Pengajaran Konsep Matematika Pada Anak Usia Dini,” Al Fitrah j. early. child. islamic. education., vol. 1, no. 2, p. 117, Jan. 2018, doi: 10.29300/alfitrah.v1i2.1338.

Diterbitkan

2024-04-05

Terbitan

Bagian

Edisi April Vol 4 No 1 2024
Abstrak viewed = 58 times