PELATIHAN MEMBACA PUISI BAGI ANAK-ANAK SD

Penulis

  • Rezki Muhammad Akbar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Ajat Manjato Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Hafiz Gunawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v3i3.6113

Kata Kunci:

bimbingan,membaca, puisi

Abstrak

Desa Tanjung Betung 1 merupakan sebuah desa yang berada di kabupaten kaur kecamatan kaur utara. Di desa Tanjung Betung 1 ini digunakan utuk bimbingan belajar dan peningkatan kemampuan membaca puisi melalui pembelajaran di SD desa Tanjung Betung 1. Siswa dan Sisiwi di SDN 28 Kaur Tanjung Betung 1 ini gemar membaca puisi tetapi untuk berlatih dengan benar kurangnya apresiasi tentang karya sastra terutapa yaitu Puisi, Pemahamannya masih kurang dan kurangnya kesadaran penting untuk apresiasi karya sastra. Pemahaman pada anak SD kurangnya literasi terhadap lingkungan sekitar, kurang juga pengajaran sastra di Sd tersebut. Tujuan peningkatan kemampuan membaca puisi bagi anak SD ini agar mereka bisa meningkatkan pemahaman bersastra terutama Puisi. Hasil bimbingan ini menuntukkan bahwa anak-anak dapat memahami bagaimana cara membaca dan melafalkan puisi dengan benar, Mampu melakukan peningkatan ke jenjang berikutnya guna untuk diri sendiri dan pembiasaan aktivitas pada siswa dengan baik.

Referensi

Anggara, R. W. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1012-1018. https://doi.org/10.31949/educatio.v 713.1331

Khoiroh, K. W., Ghufron, S., Nafiah, N., & Hartatik, S. (2021). "Pengaruh Penggunaan Reward Stiker Pictured terhadap Kemampuan Membaca Puisi Siswa di Sekolah Dasar." Jurnal Basicedu,5(5),3167-3178. https://jbasic.org/index.php/basiced u/article/view/1324

Sari, H., Putri Natalia, S., Nurhayati, A., Ekonomi dan Bisnis, F., Muhammadiyah Palopo, U., & Jenderal Sudirman, J. K. (2021). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra ISSN 2443-3667 (print) PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo ISSN.7,1-14. Sitanggang, M., Purba, C. A., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., Indonesia, U. P., & Indonesia, U. P. (n.d.). HUBUNGAN PENGUASAAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK PUISI. 5(1), 34-41.

Suciwati, H. (2021). Kemampuan Komunikasi Membaca Puisi Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think, Talk, Write (TTW). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 5(1), 67. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v5i1.9410

Syahputra, E., & Azmi, K. (2022) Meningkatkan Kemampuan Membaca Puisi Dengan Menggunakan Media Gambar. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1),48-64

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Edisi Desember Vol 3 No 3 2023
Abstrak viewed = 32 times